PELATIHAN KONSEP DAN IMPLEMENTASI MODEL-MODEL PEMBELAJARAN PJOK BERBASIS OBE DI ERA REVOLUSI 4.0 PADA GURU SD KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jwl.v13i1.66904Kata Kunci:
Model Pembelajaran, OBE, PJOKAbstrak
Era Industri 4.0 telah menggeser beberapa perubahan bagi guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) saat ini. Berbagai materi dalam kurikulum PJOK yang tidak relevan dituntut untuk bisa disesuaikan dengan perkembangan era ini. Guru PJOK, sangat memerlukan pengetahuan yang mampu menambal gap antara akademik dan industri untuk mata pelajaran PJOK. Perkembangan teknologi membawa dampak positif dan negatif terhadap siswa-siswa Sekolah Dasar (SD). Mayoritas siswa SD cenderung disibukkan dengan permainan yang menggunakan teknologi. Dengan demikian, guru PJOK harus mampu menciptakan sebuah pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan bagi siswa SD. Adanya pelatihan konsep model pembelajaran PJOK berbasis Outcome Base Education (OBE) merupakan solusi untuk membantu siswa SD dalam melaksanakan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan. Kegiatan ini menggunakan metode workshop, diskusi dan praktek dilakukan sekaligus untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman. Hasil dari kegiatan ini adalah terciptanya model pembelajaran PJOK yang kreatif dan inovatif dan meningkatnya kompetensi guru PJOK dalam memberikan pembelajaran.
Referensi
Arie Asnaldi, Zulman, Madri. 2018. Hubungan Motivasi Olahraga dan Kemampuan Motorik Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmnai Olahraga dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Menssana. Vol 3 No. 2.
Al Ikhlas, Trisna Rukhmana, Wa Ode Feti Liliana. 2023. Pengaruh Media Pembelajaran Aplikasi Geogebra Terhadap Hasil Belajar. Journal on Education. Volume 5 No 4.
Arsil, Hendri Neldi, Rosmawati, Atradinal. 2019. Training Of Penjasorkes Teachers In Efforts To Increase Extrakurricular Activities Basic School Athleticts As A Sub- District Padang Utara. Jurnal Humanities Pengabdian Kepada Masyarakat Volume 1 Issue 1.
Basuki, sutrisno, 2005 menejemen sumberdaya manusia. Jakarta.
Brandt, Ron. 1992. On Philosophy in The Curriculum: A Conversation With Matthew Lipman. In Ronald S. Brandt (Ed), Readings Form Educations Leadership: Teaching Thinking.
E.Mulyasa. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya
Nixon, J.E. dsn Jewett, A.E (1980). An Introduction to Pyhsical Education. (9th ed.). Philadelphia: Saunders College.
Oliver M, Trigwell K (2019). "Can 'Blended Learning' Be Redeemed?". E-Learning. 2 (1): 17–26. doi:10.2304/elea.2005.2.1.17.
Ika Endah Puspita, Yusra Nasution, Khairul Usman. 2022. Pengembangan Konsep Outcome-Based Education Mata Kuliah Senam Ritmik Lingkup Pendidikan Dasar dan Menengah. Elementary School Journal. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. Vol 12 No.2
Purwaningsih, T. (2020). Penerapan Outcome Based Education & Blended Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Menghadapi Era Industri 4.0 Pada Mata Kuliah Teknik Sampling. Refleksi Pembelajaran Inovatif, 2(1), 233-244. https://doi.org/10.20885/rpi.vol2.iss1.art3
Rosmawati, Erianti, Yuni Astuti. 2022. E-module Design of Sport Modification and Cybergogy-based Small Games Linguistics and Culture Review Vol 6 (S3), 213-220 Tahun 2022
Toho Cholik Mutohir, Ali Maksum (2007) Sport Development Indeks. Jakarta,. PT. Indeks
Usman, Moh Uzer dan Lilis Setiawati. (2001). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar.Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Windi Cusanni, Rosmawati, 2019. Tingkat Kesegaran Jasmani dan Status Gizi Siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Pangkalan Kecamatan Pangkalan Koto Baru. Jurnal JPDO. Volume 2 No 6.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)