DIGITALISASI NAGARI: PENGELOLAAN WEBSITE PEMERINTAHAN NAGARI SALIMPAUNG

Penulis

  • Rahmadhona Fitri Helmi Universitas Negeri Padang
  • Artha Dini Akmal Universitas Negeri Padang
  • Yulia Hanoselina Universitas Negeri Padang
  • Annisa Anindya Universitas Andalas

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v13i1.66962

Kata Kunci:

digitalisasi, desa digital, website pemerintah

Abstrak

Nagari Salimpaung memiliki banyak potensi untuk dikembangkan, salah satunya adalah potensi alamnya yang cocok untuk pertanian dan pariwisata. Website nagari (desa) merupakan media promosi yang tepat untuk mempromosikan potensi tersebut. Namun, website nagari Salimpaung masih belum terkelola dengan baik. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pelatihan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan website menuju nagari (desa) digital. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah metode Focus Group Discussion (FGD) dan workshop. Peserta kegiatan terdiri dari perangkat nagari, BAMUS, KAN, tokoh adat, tokoh agama, tokoh perempuan, dan tokoh pemuda. Semuanya terlibat dalam diskusi dan memberikan masukan terkait konten website nagari. Hasil dari kegiatan ini adalah tersedianya database nagari yang lengkap, aktivasi fitur-fitur website, tersedianya pengaturan pengelolaan website nagari, tampilan halaman website yang lebih menarik, berita sudah lebih update dan sesuai kaidah jurnalistik, dan website nagari sudah terintegrasi dengan media sosial.

Referensi

Aldadera, Navynda. (2018). Manfaat dan Kegunaan Website Desa. https://www.puskomedia.id/blog/manfaat-dan-kegunaan-website-desa/#:~:text=Website, diakses 19 Maret 2021, pukul 12.43 WIB.

Lindgren, I. et al. (2019) ‘Close encounters of the digital kind: A research agenda for the digitalization of public services’, Government Information Quarterly. Elsevier, 36(3), pp. 427–436. doi: 10.1016/j.giq.2019.03.002.

Metanfuan, Tia. 2021. Pengantar Manajamen Potensi Desa: Aku Yakin Desaku Punya Sejuta Potensi. CV. AGRAPANA MEDIA: Jawa Timur.

Nugroho, L. (2020). Eksistensi Dan Tantangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Pada Era Globalisasi, in Sumitro, Suroso, A., and Nurhayati, S. (eds) Manajemen Hasil Pemikiran dari Para Dosen Perguruan Tinggi di Indonesia. Sumatera Utara: Sihsawit Labuhan Batu, pp. 172–187. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Nugroho, L., Lubis, C., et al. (2020). Peluang Pengusaha Mikro dan Kecil (UMK) Menggunakan Layanan Digital Lembaga Keuangan Mikro Syariah, JURNAL AL-QARDH, 5(1), pp. 56–68.

Nugroho, L. and Nugraha, E. (2020). The Role of Islamic Banking and E-Commerce for The Development of Micro, Small, and Medium Entrepreneur Businesses, Business, Economics and Management Research Journal - BEMAREJ, 3(1), pp. 11–24.

Nugroho, L., Utami, W., et al. (2020). Covid-19 and The Potency of Disruption on The Islamic Banking Performance (Indonesia Cases), International Journal of Economic and Business Applied, 1(1), pp. 11–25.

Safitri, Y. et al. (2020). Gotong Royong Menghadapi Pandemi Covid-19 ‘Ide dan Solusi’. First, CV Penerbit Qiara Media. First. Edited by T. Q. Media. Pasuruan, Jawa Timur: Penerbit Qiara Media.

Simpson, J. E. (2020) ‘Twenty-first century contact: the use of mobile communication devices and the internet by young people in care’, Adoption and Fostering, 44(1), pp. 6–19. doi: 10.1177/0308575920906100.

Sudirman, A. (Acai ) et al. (2020). Perilaku Konsumen Dan Perkembangannya Di Era Digital. Widina Bhakti Persada Bandung. Available at: www.penerbitwidina.com (Accessed: 30 October 2020).

Yuhefizar. (2019). Implementasi Nagari Digital Di Nagari Tanjung Bonai Aur Kabupaten Sijunjung Sumatera Barat. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu: Inovasi Produk Penelitian Pengabdian Masyarakat & Tantangan Era Revolusi 4.0 Industri, Vol.2. No.1, Banda Aceh, 14 Desember 2019 (pp.507-513). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Serambi Mekkah.

Diterbitkan

2024-03-31

Terbitan

Bagian

Articles