PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA TERPADU BERBASIS SALINGTEMAS BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER

Authors

  • putu prima juniartina Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v14i1.23194

Keywords:

bahan ajar IPA Terpadu, SALINGTEMAS, pendidikan karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk bahan ajar IPA Terpadu berbasis SALINGTEMAS berorientasi pendidikan karakter yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan bahan ajar mengikuti prosedur pengembangan dari Plomp yang meliputi: (1) investigasi awal; (2) desain; (3) realisasi/konstruksi; (4) tes, evaluasi, dan revisi; dan (5) implementasi.  Pada tahun pertama penelitian ini dilakukan sampai pada tahap tes, evaluasi, dan revisi yaitu melakukan validasi bahan ajar. Uji validitas yang terdiri dari 2 orang ahli isi. Validitas isi ditinjau berdasar kesesuaian bahan ajar dengan teori pengembangan yang dijadikan pedoman serta bahan ajar yang berdasarkan SALINGTEMAS. Validitas konstruk ditinjau berdasar keterkaitan dari setiap komponen bahan ajar yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) modul dinyatakan sangat valid berdasarkan hasil penilaian dari ahli isi dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 92,17 serta pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis SALINGTEMAS berorientasi pendidikan karakter dilakukan melalui tahap yang sistematis sesuai dengan teori pengembangan. 2) Kualitas isi dan tampilan bahan ajar IPA berdasarkan penilaian validasi ahli memperoleh skor rata-rata 3,90 dalam kategori sangat valid dan validasi instrument dalam penelitian dinyatakan layak pakai

References

Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Depdiknas. 2004. Sains, materi pelatihan terintegrasi. Jakarta: Pusat Kurikulum

Hamalik, O. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemendiknas. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Jakarta.

Masganti, S. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Medan: Perdana Publishing.

Majidi, S. 2013. A Comparison Between the Knowledge Organization of University Physics Teacher and the Texbooks They Use for Their Teaching Purposes:Biot – Savart Law and Ampere’s Law. International Journal of Science and Mathematics Education (2014) 12:1281 – 1314.

Nugraha, D. A, Binadja, A, & Supartono. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Redoks Bervisi Sets, Berorientasi Konstruktivistik. Journal of Innovative Science Education. 2(1). 27-34. Tersedia pada http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise. Diakses pada tanggal 10 Oktober 2016.

Plomp, T. 1997. Educational And Training System Design. Enschede: University of Twente, Faculty of Educational Science and Technology.

Rosyada, D. 2004. Paradigma pendidikan demokratis. Jakarta: Prenada Media

Sadra, I W. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berwawasan Lingkungan dalam Pelatihan Guru Kelas I Sekolah Dasar. Desertasi (tidak diterbitkan). Surabaya: UNESA.

Trianto. 2014. Model-model pembelajaran inovatif berorientasi kontruktivistik: Konsep, landasan teoritis-praktis dan implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Downloads

Published

2020-04-19

Issue

Section

Articles