Analisis Kesulitan Kegiatan Praktikum Kimia Dasar Mahasiswa S1 Tadris IPA IAIN Kudus Di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Wasithotul Khoiroh Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Noor Aini Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Henry Setya Budhi Institut Agama Islam Negeri Kudus

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v15i2.30678

Abstract

Perkuliahan mulai dilakukan secara daring per akhir maret 2020 di seluruh penyelenggara pendidikan. Kegiatan praktikum turut dialihkan ke pembelajaran daring. Pengajar memaparkan materi praktikum secara jarak jauh dan mengemas pelaksanaan praktik dalam bentuk virtual dan luring. Selama pelaksanaannya berlangsung terdapat beberapa hal yang menjadikan kesulitan yang telah mahasiswa alami selama kegiatan praktikum terlaksana, secara khusus bagi mahasiswa tadris IPA IAIN Kudus. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kesulitan mahasiswa tadris IPA IAIN Kudus. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitaif dengan metode dekskriptif. Pengumpulan datanya menggunakan angket tertutup dan wawancara melalui google form. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa tadris IPA IAIN Kudus. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa adanya permasalahan yang dialami mahasiswa dalam pelaksanaan praktikum kimia dasar secara virtual dan luring dapat dikelompokkan menjadi aspek internal dan eksternal. Aspek yang paling dominan dalam aspek eksternal yaitu indicator tugas yang diberikan oleh dosen. Sedangkan aspek internal nya yaitu indicator kognitif yang menyebabkan kesulitan kegiatan praktikum kimia dasar di masa pandemic covid-19.
Kata-kata kunci: kesulitan; mahasiswa; praktikum virtual; covid-19

References

Anggraini, Dian Puspita. ((2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Perkuliahan Dan Praktikum Kimia Dasar Di Jurusan Pendidikan Biologi FKIP UNISBA. Jurnal Konstruktivisme, 8 (1), 61-71.

Faika, Sitti & Side, Sumiati. (2011). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Perkuliahan dan Praktikum Kimia Dasar di Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar. Jurnal Chemica, 12 (2), 18-26.

Farida, Ida., Sunarya, Risa Rahmawati., Aisyah, Riri & Helsy, Imelda. (2020). Pembelajaran Kimia Sistem Daring di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Generasi Z. Diakses dari http://digilib.uinsgd.ac.id/30638.

Hariyanti, Dewi., Haq, Arinal & Hidayat, Nurul. (2020). Identifikasi Hambatan Mahasiswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Secara Daring Selama Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 11-21.

Kurniawati, Yenni. (2017). Analisis Kesulitan Penguasaan Konsep Teoritis Dan Praktikum Kmia Mahasiswa Calon Guru Kimia. Jurnal Konvigurasi, 1 (2), 146-153.

Latif, Burhanuddin. (2020). Pembelajaran Bermakna Analisis Real Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 2 (2), 79-88.

Rambe, Ismi Fahrunnisah. 2020. Implementasi Pembelajaran Biologi Berbasis Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MAN 1 Mandailing Natal. Skripsi,Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Diakses dari http://repository.uinsu.ac.id.

Subiakto, Amelia Rizka Pratiwi. 2020. Analisis Belajar Siswa Kelas VII SMP Islam Putradarma Terhadap Mata Pelajaran IPA Terpadu Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Diakses dari http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/9934.

Sugiharti, Sindi & Sugandi, Muhammad Kurnia. 2020. Laboratorium Virtual : Media Paktikum Online Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Di Masa Pandemi, Agustus. Hal 45-51.

Zunaidah, Farida Nurlaila. (2020). Implementasi Perkuliahan Daring Mata Kuliah Pendidikan Laboratorium IPA Pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6 (1), 103-115.

Downloads

Published

2021-08-31