Evaluasi pelaksanaan pembelajaran matematika secara daring dengan community of inquiry (coi) di smp negeri 4 singaraja

Authors

  • I Wayan Pebri Muliatmika Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Sri Mertasari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Juniantari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v15i2.35462

Keywords:

evaluasi, Community of Inquiry (CoI), pembelajaran Matematika secara daring

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran Matematika secara daring di SMP Negeri 4 Singaraja ditinjau dari segi Social Presence, Cognitive Presence, Teaching Presence, Supporting Discourse, Setting Climate, dan Selecting Content. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi yang dipadukan dengan skala likert (0 – 4). Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deksriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Matematika secara daring ditinjau dari segi Social Presence kurang efektif, dikarenakan dalam pembelajaran daring komunikasi sangat terbatas antara peserta didik dengan peserta didik lainnya maupun antara peserta didik dengan pendidik. Ditinjau dari segi Cognitive Presence kurang efektif, dikarenakan pembelajaran daring tidak mampu menggantikan pembelajaran tatap muka. Ditinjau dari segi Teaching Presence cukup efektif, ini menunjukkan bahwa pendidik cukup maksimal dalam melaksanakan tugas dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Ditinjau dari segi Supporting Discourse kurang efektif, hal ini terjadi karena media pendukung pembelajaran daring sangat terbatas. Ditinjau dari segi Setting Climate kurang efektif, hal ini terjadi karena iklim belajar daring sangat homogen. Ditinjau dari segi Selecting Content cukup efektif, ini menunjukkan bahwa pemilihan materi tidak terpengaruh oleh kegiatan daring.

References

Arnesti, N., & Hamid, A. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Online – Offline Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(1), 1–14.

Belawati, T. (2019). Pembelajaran Online. Banten: Universitas Terbuka.

Garrison, R., Anderson, T., & Archer, W. (2000). Critical Inquiry in a Text-Based Environment. The Internet and Higher Education, 2(2), 87–105.

Habibullah, H., & Nuri, B. (2017). Pembelajaran matematika di era Milenium Ke-3. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, January 2017, 329–334.

Hamzah, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Depok: Raja Grafindo Persada.

Haryanto. (2020). Evaluasi Pembelajaran; Konsep dan Manajemen. Yogyakarta: UNY Press.

Kristanto, Y. D. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Daring : Pengantar Mari kita mulai dengan mengenal PJJD. 1–28.

Matondang, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Medan: Program Pascasarjana Unimed.

Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 214–224.

Sani, & Ridwan, A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukardi. (2014). Evaluasi Program Pendidikan dan Kepelatihan. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, & Hamzah, B. (2012). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Yudiawan, A. (2020). Belajar Bersama Covid 19: Evaluasi Pembelajaran Daring Era Pandemi di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, Papua Barat. AL-FIKR: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 10–16.

Downloads

Published

2021-08-31