PENGUATAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN MELALUI INTEGRASI NILAI NILAI ISLAM DALAM MATA PELAJARAN IPA MATERI KESEIMBANGAN EKOSISTEM KELAS 6 SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppii.v12i2.56560Keywords:
Ekosistem; IPA; Nilai Islam; Sikap Peduli LingkunganAbstract
Manusia merupakan bagian dari ekosistem yang sangat bergantung pada lingkungan. Tanpa lingkungan alam mustahil manusia dapat hidup seimbang dan sempurn Berbagai fenomena kerusakan lingkungan akibat ulah manusia yang tidak menjaga alam. Hal ini menunjukkan bahwa rendahnya sikap peduli lingkungan manusia terhadap alam sekitar. Sikap peduli lingkungan bisa diwujudkan secara efektif dengan mata pelajaran IPA yang dintegrasikan dengan nilai-nilai islam. Penlitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap menjaga alam sekitar dan mengurangi kerusakan lingkungan. Riset ini menggunakan metode kepustakaan atau library research dengan pendekatan kualitatif bersifat induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manusia menjadi factor penentu atas keseimbangan ekosistem yang, berada dimuka bumi ini. Sebagai manusia yang unggul dibanding makhluk lainnya Allah telah menjadikan manusia sebagai khalifah yang mengemban amanat bertanggung jawab atas pengelolaan bumi. Pembelajaran IPA mampu memberi kesadaran sikap peduli lingkunga namun agar lebih optimal perlu adanya penguatan nilai-nilai islam dengan begitu akan memberikan kesadaran penuh menjaga lingkungan bagi keberlangsungan kehidupan serta seluruh makhluk alam semesta.
References
Calista, W. (2019). Integrasi Mata Pelajaran IPA Dengan Nilai-Nilai Islam Melalui Pendekatan Bayanidi Kelas IIIC MI Negeri 1 Yogyakarta. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 5(2), 223–236.
Devi, N. L. P. L. (2018). Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berkarakter peduli lingkungan tema “ konservasi ” berbasis kearifan lokal untuk mahasiswa jurusan Pendidikan IPA. Wahana Matematika Dan Sains; Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 12(1), 42–53.
Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf
Efendy, I. (2016). Konstruksi Pendidikan Kesehatan Lingkungan Dalam Perspektif Islam. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 40(2). https://doi.org/10.30821/miqot.v40i2.305
Hafida, N., & Wahid, A. H. (2018). Pembentukan Karakter Peduli Dan Berbudaya Lingkungan Bagi Peserta Didik Di Madrasah Melalui Program Adiwiyata. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 8, p-ISSN.
Istianah. (2019). Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup dalam Perspektif Hadis. Riwayah, 1(2), 249–270. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/riwayah/article/view/1802
Lestari, Y. (2018). Penanaman Nilai Peduli Lingkungan Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(2), 332–337.
Mardliyah, W., Sunardi, S., & Agung, L. (2018). Peran Manusia Sebagai Khalifah Allah di Muka Bumi: Perspektif Ekologis dalam Ajaran Islam. Jurnal Penelitian, 12(2), 355. https://doi.org/10.21043/jp.v12i2.3523
Muspiroh, N. (2013). Integrasi Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA (Perspektif Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Islam, XXVIII(3), 484–498.
Nurulloh, E. S. (2019). Pendidikan Islam dan Pengembangan Kesadaran Lingkungan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 237. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.366
Rahmi, R. (2021). Nilai-Nilai Keislaman Pada Materi Pokok Ips Dalam Buku Tematik Kelas Iv Sd/Mi Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup". Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 89–101. https://doi.org/10.47498/ihtirafiah.v1i02.730
Ramadani, E. C. (2020). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1053–1062.
Robbi, M. D. (2016). Pendidikan Pelestarian Lingkungan Hidup dalam Islam (Keseimbangan Ekosistem Prespektif Hadist). Al-Ibtida’: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 55–86.
Santika. (2020). Pertobatan Ekologis dan Gaya Hidup Baru Dalam Relasinya Dengan Semesta. Stulos, 18(1), 98–123.
Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & ... (2022). Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Ipa. Jurnal Education …, 10(1), 207–212. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3382%0Ahttp://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/3382/2182
Saripudin, P. (2018). Integrasi Nilai Islam dalam Pembelajaran Pendidikan Sains (IPA) di Sekolah Dasar Negeri Sadamantra Kuningan. Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 2(3), 41–61. https://doi.org/10.15575/jpi.v28i3.560
Sutoyo. (2015). Revolusi Paradigma Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup di Indonesia. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 28(1), 56–66.
Triana, P., Widowati, H., & Achyani, A. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Ipa Pada Materi Keseimbangan Lingkungan Dengan Mengintegrasikan Nilai-Nilai Keislaman Untuk Menumbuhkan Sikap Peduli Lingkungan. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 12(2), 163. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v12i2.4442
Umami, R., Fanika, N., & Imaduddin, M. (2021). Review Bentuk Integrasi Islam dalam Pendidikan IPA di Indonesia. Islamika, 3(1), 57–67. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.968
Yaniawati, P. (2020). Penelitian Studi Kepustakaan. Penelitian Kepustakaan (Liberary Research), April, 15.