ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN IPA

Authors

  • N.W.A. Suari Universitas Pendidikan Ganesha
  • P.P. Juniartini Universitas Pendidikan Ganesha
  • N.L.P.L. Devi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppii.v12i2.56561

Keywords:

Faktor Motivasi Belajar; Motivasi belajar; Pembelajaran IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran IPA di SMP Negeri 2 Amlapura, (2) mengetahui faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran IPA di SMP Negeri 2 Amlapura. Jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif deskriptif tentang motivasi belajar dan faktor yang mempengaruhi motivasi belajar. Subjek dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik sampling yaitu cluster random sampling dengan jumlah sampel 145 dari 180 siswa dari kelas VII 1, VII 2, VII 3, VII 4, dan VII 6 serta 3 orang guru IPA kelas VII SMP Negeri 2 Amlapura. Objek dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa dan faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Amlapura terhadap pembelajaran IPA. Data motivasi belajar IPA siswa diperoleh menggunakan metode angket yang disebarkan secara online menggunakan google form dan faktor yang mempengaruhi motivasi belajar IPA dikumpulkan melalui wawancara dan angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis, direduksi, disajikan secara statistik deskriptif dan selanjutnya penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) presentase motivasi belajar siswa kelas VII terhadap pembelajaran IPA di SMP Negeri 2 Amlapura yaitu 77,41% tergolong sangat tinggi. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas VII terhadap pembelajaran IPA di SMP Negeri 2 Amlapura diantaranya faktor cita-cita atau aspirasi dari siswa, kemampuan belajar siswa, kondisi lingkungan, dan upaya guru dalam membelajarkan siswa.

References

Agnezi, Laura Aliyah, Anisa Dini, Rini Anggrain & Wenni Angra Maya. (2017). Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas VIIB SMPN 17 Kota Jambi pada Mata Pelajaran IPA. Quantuum, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. 8(2) 14-19.

Anugrahana, Andri. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 10(3) 282-289.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Cahyani Adhetya, Iin Diah Listiana, & Sari Puteri Deta Lestari. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam. 3(1) 123-140.

Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dauyah, Ema & Yulinar. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Non-Pendidikan Bahasa Inggris. Jurnal Serambi Ilmu. 19(2) 196-209.

Frederick J. Mc. Donald. 1959. Educational Psychology. Tokyo: Overseas Publications, Ltd.

Hamalik, Oemar. 2016. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hartini, Titin Sri & Attin Warmi. (2019). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Prisiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Sesiomadika 2019.

Haqiqi, Arghob Khofya. (2018). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Siswa SMP Kota Semarang. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika. 6(1) 37-43.

Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.

Iskandar, Agung. 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni.

Jannah, Uzzli Fatul. (2021). Motivasi Belajar IPA di Tingkat SMP Selama Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Kelas VIII SMP Negeri 1 Brebes). Skripsi tidak diterbitkan.Universitas Panjisakti.

Juraid, H. 2020. LMS Filsafat Pendidikan mengenai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pendidikan Global Pembelajaran 7.2. Learning Management System Universitas Tadulako. Tersedia di: https://lms.untad.ac.id/mod/page/view.php?id=11649&forceview=1 (diakses pada 30 Agustus 2021).

Lina, Wahyuni., Meri Andani, Yunita Afriyani, & Citra Andini P. (2017). Analisis Motivasi Belajar pada Siswa Kelas XI MIA 4 SMA Negeri 3 Jambi pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika. 3(1) 90-99.

Lincoln, Yvonna S & Egon G. Guba. 1985. Naturalistric Inquiry. California: Sage.

Miles, B. Mathew & Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Moedjiono & Moh Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Moedjiono & Moh Dimyati. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

N, Sobron A., Bayu., Rani., & Meidawati S. (2019). Persepsi Siswa dalam Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Minat Belajar IPA. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme. 1(2) 30-38.

Pemerintah Indonesia. 2003. Lampiran Undang-Undang Dasar Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Tersedia di: https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwj1vo3h-fnsAhUDXn0KHdHVBEIQFjAHegQIDhAC&url=http%3A%2F%2Fsimkeu.kemdikbud.go.id%2Findex.php%2Fperaturan1%2F8-uu-undang-undang%2F12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional&usg=AOvVaw1fuNodO1VASj6Fkz3BvprA (diakses pada 6 November 2020).

Putri, Ivo Dwi. 2015. Peran Pemerintah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Tersedia di: http://www.kompasiana.com/ivo_dwiputri/peran-pemerintah-dalam-meningkatkan-mutu-pendidikan_54f85eb3a33311845e8b4ace (diakses pada 21 Desember 2020).

Putri, Wita Ardina., Wella Meliza., & Yuli Astuti. (2020). Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPA terhadap Mata Pelajaran Fisika di SMA N 6 Muaro Jambi. Jurnal of Science Education and Practice. 4(1) 32-40.

Rahmawati, Rima. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA N 1 Piyungan pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2015-2016. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi. 5(4) 326-336.

Ridwan. 2005. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rini, Chandra Puspita. (2018). Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV MI Daarul Ilmi Kabupaten Tangerang. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education). 2(2) 153-159.

Rizqi, Annisa Afiananda., Yusmansyah., & Shinta Mayasari. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar. ALIBKIN (Jurnal Bombingan Konseling). 6(2).

Rochman, Ahmad Aunur., Syyidatul Karimah. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas XI. Jurnal At-Taqaddum. 10(1) 95-108.

Rubiana, Euis Pipieh & Dadi. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar IPA Siswa SMP Berbasis Pesantren. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi. 7(2) 12-17.

Sadirman. 2010. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sadirman. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sadirman. 2018. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Salsabila, Fatikh. (2020). Analisis Motivasi Belajar IPA Peserta Didik pada Pembelajaran E-Learning Class di SMPIT Nidaul Hikmah Salatiga Selama Masa Pandemi Covid-19. Skripsi (tidak diterbitkan). Institut Agama Islam Negeri Indonesia.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, Uhar. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: PT Refika Aditama.

Sururuddin, Muhammad & Nirmala Prihatini. (2018). Analisis berbagai Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 3 Tebaban. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmu Pendidikan Dasar. 4(1) 56-61.

Suryabrata, Sumadi. 1987. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali.

Suyono & Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syah, Muhibbin. 2017. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tohir, Mohammad. 2019. Hasil Pisa Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Tersedia di: https://matematohir.wordpress.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesia-tahun-2018-turun-dibanding-tahun-2015/ (diakses pada 22 Desember 2020)

Trianto. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada KTSP. Jakarta: Kencana.

Uno, Hamzah B. 2012. Teori Motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuni, Lina., Meri Andani, Yunita Afriyani & Citra Andini P. (2017). Analisis Motivasi Belajar pada Siswa Kelas XI Mia 4 SMA Negeri 3 Kota Jambi pada Mata Pelajaran Fisika. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika. 3(1) 90-99.

Widiyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winandika, Gigih. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Keterampilan Proses Sains Bervisi Salingtemas (Sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat) di SD Negeri Tinggarjaya. Jurnal Pancar. 4(1) 33-46.

Winkel. 2005. Psikologi Pengajaran. Grasindo: Jakarta.

Yusuf, Syamsu. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Perss.

Downloads

Published

2022-12-31