PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppii.v11i1.69903Keywords:
Blended Learning; Google Classroom; Hasil Belajar; Perangkat Pembelajaran IPAAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran IPA berbasis Blended Learning menggunakan Google Classroom dengan model pengembangan 4-D. Responden penelitian terdiri dari 2 orang ahli pendidikan, 5 orang guru IPA selaku praktisi, dan 31 siswa kelas VIII di SMPN 2 Marga. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari RPP, suplemen pembelajaran, LKPD, dan tes hasil belajar. Perangkat pembelajaran berfokus pada materi pernapasan dan materi ekskresi. Hasil analisis data validitas menunjukkan rerata skor keseluruhan perangkat pembelajaran pernapasan sebesar 0,66 dan pembelajaran ekskresi sebesar 0,66 dengan kategori validitas tinggi. Data respons guru menunjukkan rerata skor 79,4% untuk perangkat materi pernapasan, rerata skor 78,9% untuk perangkat materi ekskresi. Hasil analisis respons siswa menunjukkan rerata skor untuk masing-masing perangkat sebesar 78,1% untuk materi pernapasan dan 78,5% untuk materi ekskresi. Analisis skor tes materi skor N-gain materi pernapasan sebesar 0,66, sedangkan ekskresi menunjukkan N-gain sebesar 0,62. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, perangkat pembelajaran IPA berbasis Blended Learning menggunakan Aplikasi Google Classroom valid, efektif, dan praktis untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Marga.
References
Abdul, M, 2011. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompotensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Arikunto, Suharni. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
BSNP. 2014. Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun 2014. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan,
Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Pustaka Pelajar.
Ihsan, H. 2015. Validitas Isi Alat Ukur Penelitian: Konsep Dan Panduan Penilaiannya. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan. 13(3):173-180. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v13i2.3557
Jihad, A. dan Abdul H. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud).2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud).2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud). 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tendang Standar Nasional Pendidikan
Novana, Dkk. 2012. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbahasa Inggris Materi Vertebrata Sebagai Suplemen Pembelajaran Di Sma. Unnes Journal Of Biology Education, (1) 1, 40 – 46. https://doi.org/10.15294/jbe.v1i1.381
Pangestuti, J.R. 2019. Efektivitas Media Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Cahaya Dan Alat Optik pada Siswa Kelas Viii Mts Nu Ungaran Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (Iain) Salatiga
Permatasari, dkk. 2019. Pengembangan Suplemen Video Pembelajaran Adaptasi Makhluk
Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif/Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Cv Alfabeta
Warsita, B 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta
Wicaksono, V.D dan Rachmadyanti, P. 2017. Pembelajaran Blended Learning Melalui Google Classroom di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan PGSD & HDPGSDI Wilayah Jawa. Surakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
Widjaja, A.J.S. 2017. Pengembangan Model Pembelajaran dengan Memanfaatkan Produk Google (Form, Gmail, Milis, Youtube) Ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA 6 SMA Negeri 7 Yogyakarta pada Materi Vektor Dalam Ruang Dimensi Tiga Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma
Wulandari, M. 2016. Pemanfaatan Exelsa Moodle dengan Menggunakan Metode Blended Learning pada Mata Kuliah Vocabulary. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press
Zainal Arifin, Z. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya