PENGEMBANGAN DIORAMA SUMBER ENERGI TERBARUKAN BERBASIS ENERGI SURYA DAN ARDUINO UNO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppii.v15i1.93088Keywords:
Arduino Uno; Diorama; Energi Terbarukan; Energi Surya; Media Pembelajaran FisikaAbstract
Kebutuhan akan media pembelajaran yang menarik dapat menjembatani siswa dalam belajar. Salah satu media yang menarik dapat digunakan untuk pembelajaran adalah diorama. Diorama merupakan suatu model tiruan berbentuk tiga dimensi yang menggambarkan suatu keadaan, peristiwa, atau konsep nyata dalam skala yang lebih kecil. Diorama dapat digunakan sebagai media pembelajaran fisika dalam pokok bahasan energi terbarukan dan konversi energi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D meliputi Define, Design, Develop. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang sebuah media pembelajaran yang interaktif dan dapat meningkatkan daya tarik siswa dalam belajar fisika. Pengembangan diorama sumber energi terbarukan mengkombinasi berbagai sensor yang mendukung dan mikrokontroler Arduino sebagai kendalinya. Sensor yang terdapat pada diorama meliputi sensor intensitas cahaya BH1750, sensor kelembapan DHT11, sensor otomatis LDR, serta komponen panel surya, baterai, LCD, maket lampu jalan, dan maket bangunan. Dari hasil kalibrasi, sensor cahaya BH1750 dan sensor kelembapan DHT11 dinyatakan layak digunakan dalam penelitian. Konversi energi surya menggunakan panel surya menunjukkan hasil bahwa semakin tinggi intensitas cahaya, semakin besar energi listrik yang dihasilkan, sehingga baterai dapat terisi lebih cepat. Validasi expert judgment diorama sumber energi terbarukan dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran fisika dengan skor aspek rancang bangun sebesar 80%, skor aspek fungsionalitas sebesar 89%, dan skor aspek media pembelajaran sebesar 91%. Berdasarkan pengembangan yang sudah dilakukan didapatkan kesimpulan bahwa media diorama sumber energi terbarukan berbasis energi surya dan Arduino Uno layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
References
Agustinaningrum, N. A., Sabrina, N. M. N., Kuswanti, N., & Krisdiyanti, D. (2024). Inovasi Pendidikan Berbasis Proyek: Implementasi Diorama Kota Ramah Lingkungan dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Dedikasi: Journal of Community Engagement and Empowerment, 2(2), 56-63. http://dx.doi.org/10.58706/dedikasi.v2n2.p56-63
Hakim, R. R. A. (2020). Model energi Indonesia, tinjauan potensi energi terbarukan untuk ketahanan energi di Indonesia: Sebuah ulasan. ANDASIH Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.57084/andasih.v1i1.374
Laili, R., Alfi, C., & Fatih, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Pada Materi Siklus Air Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Upt Sdn Jatitengah 01 Kabupaten Blitar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5605-5619. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8726
Lestari, R., Brahmana, E. M., & Safitri, Y. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Diorama terhadap Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa pada Materi Ekosistem di Kelas X SMAN 1 Tambusai. Journal of Biology, Chemistry, Mathematics and Physics Education, 1(1), 1-8. https://doi.org/10.61761/biochamp.1.1.1-8
Maharani, D. F. G. A. (2024). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Stem Terhadap Pemahaman Bangun Ruang Peserta Didik Kelas VIII (Doctoral Dissertation, UNIVERSITAS PGRI DELTA).
Meilina, I. L., Riya, S., & Anggraini, M. A. S. (2024). Studi Literatur Efektivitas Pembelajaran Diferensiasi Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pembelajaran Fisika, 13(2), 73-87. http://dx.doi.org/10.19184/jpf.v13i2.48419
Munadi, M., Haryanto, I., Ariyanto, M., Setiawan, J. D., & Aulia, D. R. (2019). Studi Peningkatan Energi Listrik Berbasis Simulator Solar Panel dengan Metode Fix Position dan Tracking Position terhadap Cahaya Matahari. ROTASI, 21(2), 102-108. https://doi.org/10.14710/rotasi.21.2.102-108
Nida, D. M. A. A., Parmiti, D. P., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan media kartu bergambar berorientasi pendidikan karakter pada mata pelajaran bahasa bali. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 16-31. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.25393
Rahayu, E. D., Widyaningrum, H. K., & Yanto, E. N. A. (2023, July). Pengembangan Media Interaktif Articulate Storyline Pada Pembelajaran Tematik Untuk Kelas 5 Sekolah Dasar. In Seminar Nasional SOSIAL, Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra). 2(2), 817-827. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/view/4504
Sanga, L. D., & Wangdra, Y. (2023). Pendidikan adalah faktor penentu daya saing bangsa. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi (SNISTEK) 5, 84-90. https://doi.org/10.33884/psnistek.v5i.8067
Septaliyanti, G. E. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Melalui Diorama Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tata Surya Kelas VII A Di Smp Negeri 1 Poso Pesisir (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO).
Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2023). Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 4(2), 88-100. https://doi.org/10.55115/widyacarya.v4i2.796
Sukma, M. D. A., Febriani, Y., & Setiaji, B. (2023). Analisis Tingkat Perbedaan Multirepresentasi Mahasiswa Calon Guru Fisika pada Topik Interferensi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 14(2), 152-160. http://dx.doi.org/10.26877/jp2f.v14i2.12014
Suprayogi, M. B., & Prasetya, S. P. (2020). Pengembangan Media Diorama Geografi Pada Materi Penginderaan Jauh Kelas X untuk SMA/MA. Swara Bhumi, 5(9), 1-8. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/swara-bhumi/article/view/31991
Surahman, A., Prastowo, A. T., & Aziz, L. A. (2022). Rancang Alat Keamanan Sepeda Motor Honda Beat Berbasis Sim Gsm Menggunakan Metode Rancang Bangun. Jurnal Teknologi dan Sistem Tertanam, 3(1). https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jtst/article/view/1918
Tanasyah, Y., Putrawan, B. K., Sutrisno, S., & Iswahyudi, I. (2021). Dampak Strategi Pembelajaran Lewat Visualisasi Dalam Pendidikan Agama Kristen Di Era Masyarakat 5.0. Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, 3(2), 281-303. https://doi.org/10.35909/visiodei.v3i2.226
Wahyuni, E. S., Mubarok, H., Budiman, F. N., & Pratomo, S. W. (2020). Pemanfaatan Energi Terbarukan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya Berbasis Komunitas: Menuju Desa Mandiri Energi.Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,4(2), 493-508. https://doi.org/10.52166/engagement.v4i2.181
Widyantoro, D., & Purnomo, A. R. (2024). Penerapan Model Inkuiri Berbantuan Media Diorama Tata Surya Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. BIOCHEPHY: Journal Of Science Education, 4(2), 771-776. https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i2.1274