ANALISIS LITERASI DIGITAL BERBASIS ETNOSAINS DALAM PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppii.v15i1.93346Kata Kunci:
Etnosains; Literasi Digital; Motivasi Belajar; Pemahaman Konsep; Pembelajaran KimiaAbstrak
Literasi digital merupakan keterampilan esensial dalam dunia pendidikan, terutama dalam pembelajaran kimia yang sering dianggap sulit karena sifatnya yang abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk integrasi literasi digital berbasis etnosains dalam pembelajaran kimia untuk meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar mahasiswa di Universitas Cenderawasih. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen terhadap lima mahasiswa. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi literasi digital dan etnosains meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa melalui simulasi interaktif, video eksperimen, dan laboratorium virtual. Pendekatan etnosains membantu mahasiswa menghubungkan konsep kimia dengan praktik budaya lokal, seperti penggunaan indikator alami pH dari tumbuhan dan proses tradisional pengolahan logam, sehingga meningkatkan relevansi pembelajaran. Temuan ini merekomendasikan pengembangan modul pembelajaran berbasis literasi digital dan etnosains serta pelatihan literasi digital bagi mahasiswa dan dosen untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran kimia.
Referensi
Alvina, S., Mega, I. C., Handayani, Mellyzar, & Khaira, W. (2024). Tren penelitian literasi Kimia dalam jurnal pendidikan: Analisis bibliometrik dari tahun 2014-2023. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 502. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23356
Alyspa, J. R., Suyidno, S., & Miriam, S. (2023). Kelayakan Problem Based Learning Dipadu Stem Untuk Meningkatkan Literasi Digital Peserta Didik. Journal of Banua Science Education, 3(1), 46–60. https://doi.org/10.20527/jbse.v3i1.141
Anggitha, N. N. P., Firmansyah, M. A., & Makhrian, A. (2024). Komunikasi Persuasif Tutor dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Peserta Program Pendidikan Perempuan di PKBM Tabah Kota Bengkulu Persuasive Communication of Tutors in Fostering Learning Motivation of Female Education Program Participants at PKBM Tabah , Ben. Jurnal Kaganga, 8(2). https://doi.org/10.33369/jkaganga.8.2.136-146
Astuti, Y., Suyidno, S., Surjaya, S., & Jamilah, N. (2024). Development of E-Modules on Puberty Materials to Train Digital Literacy of Madrasah Ibtidaiyah Learners. SEJ (Science Education Journal), 8(1), 1–18. https://doi.org/10.21070/sej.v
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Mixed Methods Procedures. In Research Defign: Qualitative, Quantitative, and Mixed M ethods Approaches.
Dewi, Y. R. (2025). Profil Pembelajaran Berbasis Etnosains dalam Pewarnaan Ecoprint untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 5(1), 1–23. https://doi.org/10.51878/edutech.v5i1.4535.
Faisal, Y. (2024). Relevansi Ilmu Falak dalam Pendidikan Globalisasi pada Pengembangan Kurikulum Berbasis Literasi Sains. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 7899–7906. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36533.
Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Steam Berbasis PJBL terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Berpikir Kritis. Journal of Education, 3(1), 7. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.76
Hasyim, M., Herman, N. M., & Taqwin, M. (2024). Kemampuan Calon Guru Fisika dalam Mengembangkan Modul ajar Berbasis Culturally Responsive Teaching. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(3), 68–74. https://doi.org/10.53682/charmsains.v5i3.364.
Henukh, A., Nahadi, N., Sriyati, S., & Ekasari, A. (2024). Evaluasi Program Perkuliahan Fisika Lingkungan Berbasis Etnosains Menggunakan Model CIPP. Jurnal Pendidikan Mipa, 14(2), 532–541. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1576
Hidayati, S. N., & Dewi, N. R. (2023). Implementasi modul elektronik berpedekatan etnosains untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 10(1), 8–20. https://doi.org/10.30738/natural.v10i1.14631
Juniawan, E. R., Salsabila, V. H., Prasetya, A. T., & Rengga, W. D. P. (2023). Studi Literatur: Analisis Media Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(2), 82–94. https://doi.org/10.30605/cjpe.622023.2608
Khaerul, M., & Bk, U. (2024). The Effectiveness of Ethnoscience Learning Based on Local Wisdom Values in Elementary Schools. Madako Elementary School, 3(2), 165–183. https://doi.org/10.56630/mes.v3i2.274.
Lestari, D. T., Juliyanto, E., & Dewantari, N. (2024). Keefektifan Model Problem Based Learning Berbasis Isu Sosiosaintifik untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 14(3), 87–97. https://doi.org/10.23887/jppii.v14i3.82836
Maulana Husaen, M., & Yuliani, H. (2023). Sytematic Literature Review: Kelayakan Media Pembelajaran Mobile Learning Sebagai Penunjang Pembelajaran MIPA Di Indonesia. LAMBDA : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA Dan Aplikasinya, 3(2), 78–86. https://doi.org/10.58218/lambda.v3i2.561
Mukti, H., Suastra, I. W., & Aryana, I. B. P. (2022). Integrasi Etnosains dalam pembelajaran IPA. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(2), 356–362 https://doi.org/10.29210/022525jpgi0005.
Ni Made Ary Suparwati, I Wayan Suja, & I Nyoman Tika. (2023). E-LKPD Kimia Berbasis STEM dengan Muatan Etnosains untuk Meningkatkan Model Mental Kimia pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpk.v7i1.60208
Ningsyih, S., & Fauziah, N. (2024). Analisis Kelayakan Bahan Ajar IPAS Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SD. Jurnal Pendidikan MIPA Dan Teknologi, 1(2), 53–59 https://doi.org/10.59923/galaxy.v1i2.358.
Nuraeni, M. I., Wahyuni, S., & Mudakir, I. (2024). Analisis Presepsi Guru IPA Terhadap Pembelajaran Berorientasi STEAM-PJBL Bermuatan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 14(3), 120–127. https://doi.org/10.23887/jppii.v14i3.78956
Oladejo, A. I. (2021). Teaching Chemistry With Computer Simulation : Would Senior School Students Perform Better ? Crawford Journal of Multidisciplinary Research (Cjmr), 2(2), 16–32 https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i12.6136.
Sari, F. P., Maryati, M., & Wilujeng, I. (2023). Ethnoscience Studies Analysis and Their Integration in Science Learning: Literature Review. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(3), 1135–1142. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i3.2044
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2019). Buku sugiyono, metode penelitian kuantitatif kualitatif. In Revista Brasileira de Linguística Aplicada, 5(1).
Sumarni, W. (2023). PjBL-ETNO-STEM Potensi dan Kontribusinya dalam Peningkatan Keterampilan Abad 21 dan Karakter Konservasi Mahasiswa. Konservasi Pendidikan, 6(1), 49–80. https://doi.org/10.1529/kp.v1i6.135.
Sururina, I., & Kowi, M. S. (2024). Media Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence ( AI ) dalam Menghadapi Era Data Tinjauan Perspektif Islam. National Conference of Islamic Natural Science, 4(2). https://doi.org/10.31540/sjpif.v5i2.2609.
Wahyudin, H., & Permatasari, N. R. R. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnosains Untuk Melatih Keterampilan Literasi Sains Peserta Didik SMP. Pancasakti Science Education Journal, 5(9), 4–11. https://doi.org/10.24905/psej.v9i1.204
Yumelking, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Outcome Based Education (OBE). In Aktualisasi dan Problematika dalam Pembelajaran https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.1993.