Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPII <hr style="border: 0.5px solid black;" /> <table class="data" width="100%" bgcolor="#f0f0f0"> <tbody> <tr valign="top"> <td width="20%">Journal title</td> <td width="80%"><strong>Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Initials</td> <td width="80%"><strong>JPPII</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Abbreviation</td> <td width="80%"><strong>j. Pendidikan d. Pembelajaran IPA Indonesia</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Frequency</td> <td width="80%"><strong>Three issues per year </strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">DOI</td> <td width="80%"><strong>prefix 10.23887/jppii</strong><strong><br /></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Print ISSN</td> <td width="80%"><strong><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1510889540" target="_blank" rel="noopener">2615-742X</a></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Online ISSN</td> <td width="80%"><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1510795325"><strong>2615-7438 </strong></a></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Editor-in-chief</td> <td width="80%"><strong>Putu Widiarini</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Publisher</td> <td width="80%"><a href="https://www.undiksha.ac.id"><strong>Universitas Pendidikan Ganesha</strong></a></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Organizer</td> <td width="80%"><strong>LPPM - Undiksha</strong></td> </tr> </tbody> </table> <hr style="border: 0.5px solid black;" /> <p align="justify"><strong>Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia</strong> is an open-access scientific journal published by the LPPM-Universitas Pendidikan Ganesha. This journal aims to spread original, theoretical and practical advances in multidisciplinary research findings related to sciences education. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia creates and give a global description to our academic society about the research and development of science and technology in education.<br />Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia was first published in 2011. It has been published consistently twice a year until 2017. From 2018, it has been published three times a year in March, August, and December. All manuscripts submitted for publication will be previewed by the editor and if appropriate, sent for blind peer review.</p> <p align="justify">p-ISSN : <a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/1510889540" target="_blank" rel="noopener">2615-742X</a> (Print) and e-ISSN : <a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/1510795325" target="_blank" rel="noopener">2615-7438</a> (Online)</p> en-US Sat, 31 Aug 2024 04:48:56 +0000 OJS 3.3.0.10 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 KAJIAN ETNOSAINS PADA TRADISI PENGOBATAN KETOGURAN SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPA https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPII/article/view/80386 <p>Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tidak terlepas dari konteks lingkungan, termasuk kearifan lokal. Ketoguran adalah salah satu tradisi pengobatan tradisional yang menggunakan kunyit dan kapur sirih sebagai bahan pengobatan yang diyakini dapat menyembuhkan sakit kepala, demam, dan gangguan oleh makhluk halus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merekonstruksi pengetahuan sains ilmiah dari tradisi pengobatan tradisional Ketoguran. Metode Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitis yang menggunakan pendekatan antropologi Teknik pengumpulan data melibatkan pengamatan, wawancara mendalam, pencatatan dokumentasi, dan penelusuran kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ketoguran menggunakan kunyit dan kapur sirih sebagai bahan pengobatan yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Proses pembuatan Ketoguran melibatkan ritual tertentu, termasuk pembacaan ayat-ayat Al-Qur'an dan selawat Nabi, sebagai bagian dari keyakinan dalam mendapatkan pertolongan dan penyembuhan dari Allah SWT. Kearifan lokal di sekitar Danau Bakuok memiliki potensi sebagai sumber pembelajaran IPA, terutama pada materi klasifikasi makhluk hidup dan materi unsur, senyawa, dan campuran.</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> L.M. Siagian, M.I. Syarif, F.D.S. Harahap, A. Munir Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPII/article/view/80386 Sat, 31 Aug 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPII/article/view/81488 <p>Pendidikan merupakan aspek terpenting dalam perkembangan suatu negara, terutama pada tahap sekolah dasar yang menjadi pondasi awal dalam proses belajar. Meskipun demikian, hasil belajar IPA peserta didik di Sekolah Dasar masih rendah, dengan berbagai kendala seperti kesulitan memahami konsep, kurangnya partisipasi, dan ketidakmampuan dalam memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi pengaruh model pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> (PBL) terhadap hasil belajar IPA peserta didik di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel yang digunakan peneliti dengan jumlah 28 peserta didik di Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket sebagai analisis data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis t-hitung sebesar 9.057 lebih besar dari t-tabel 1.706, serta hasil uji prasyarat yang menunjukkan data berdistribusi normal dan tidak terjadi autokorelasi maupun heteroskedastisitas. Data posttest menunjukkan peningkatan nilai rata-rata peserta didik setelah penerapan PBL.</p> <p>&nbsp;</p> <p><em>Education is the most important aspect in the development of a country, especially at the elementary school level, which serves as the initial foundation in the learning process. Nevertheless, the science learning outcomes of elementary school students are still low, with various obstacles such as difficulties in understanding concepts, lack of participation, and inability to solve problems. The aim of this research is to evaluate the effect of the Problem Based Learning (PBL) model on the science learning outcomes of elementary school students. This research uses a quantitative approach with a descriptive method. The sample used by the researchers consists of 28 elementary school students. Data collection techniques involve tests and questionnaires, with data analysis performed using validity tests, reliability tests, classical assumption tests, and hypothesis tests using SPSS software. The results of the study indicate that the PBL model has a significant effect on the science learning outcomes of students. This is evidenced by the hypothesis test result where the t-count is 9.057, which is greater than the t-table value of 1.706, as well as the prerequisite test results showing that the data is normally distributed and there is no autocorrelation or heteroscedasticity. Posttest data show an increase in the average scores of students after the implementation of PBL.</em></p> S.Y. Berkah, T. Handayani Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPII/article/view/81488 Sat, 31 Aug 2024 00:00:00 +0000 ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPII/article/view/83933 <p><em>This study aims to determine the ability of students' science literacy in science learning in grade V elementary school. The research was conducted at SDN 17 Ampenan with 26 students as respondents. The type of research used is qualitative research. The instrument used was a science literacy test with 12 items and interviews. Data analysis was carried out by categorizing students' science literacy skills consisting of three categories, namely high, medium and low categories. The results showed that in the aspect of students' science literacy competence with high category was 19.35%, science literacy competence with medium category was 45.16% and science literacy competence with low category was 35.48%. This shows that the number of students in the category of science literacy skills at SDN 17 Ampenan is mostly in the medium category, followed by students with low competence and few students who have high science competence.</em></p> F.P. Astria, K.S.K. Wardani, Nurwahidah, Hasnawati Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPII/article/view/83933 Sat, 31 Aug 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH PEMBELAJARAN MULTIREPRESENTASI TERHADAP PENURUNAN MISKONSEPSI DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA MENGENAI MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPII/article/view/81850 <p>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan perbedaan penurunan miskonsepsi dan penguasaan konsep siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran multirepresentasi dan pembelajaran konvensional pada materi cahaya dan alat optik. Jenis penelitian ini adalah <em>quasi experiment </em>dengan rancangan<em> pretest-posttest non-equivalent control group design</em>. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tabanan dengan populasi sebanyak 378 siswa yang terbagi dalam 10 kelas. Sampel diambil menggunakan teknik <em>simple random sampling</em> terhadap kelas sehingga diperoleh satu kelas eksperimen (VIII F) dan satu kelas kontrol (VIII I). Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan pembelajaran multirepresentasi dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan menggunakan instrumen berupa tes penguasaan konsep. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan hipotesis diuji dengan teknik Manova. Hasil <em>gain score</em> ternormalisasi penguasaan konsep siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran multirepresentasi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan penurunan miskonsepsi dan penguasaan konsep pada materi cahaya dan alat optik antara kelompok siswa yang belajar dengan pembelajaran multirepresentasi dan pembelajaran konvensional, (2) Terdapat perbedaan penurunan miskonsepsi pada materi cahaya dan alat optik antara kelompok siswa yang belajar dengan pembelajaran multirepresentasi dan pembelajaran konvensional, (3) Terdapat perbedaan penguasaan konsep pada materi cahaya dan alat optik antara kelompok siswa yang belajar dengan pembelajaran multirepresentasi dan pembelajaran konvensional.</p> N.M.S.B.K. Utami, K. Suma, I.W. Karyasa Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPII/article/view/81850 Sat, 31 Aug 2024 00:00:00 +0000 PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENERAPAN PEMBELAJARAN ANALISIS ARTIKEL ILMIAH PADA MATA KULIAH PROBLEMATIKA PENDIDIKAN KIMIA https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPII/article/view/83789 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap penerapan pembelajaran analisis artikel ilmiah pada mata kuliah problematika pendidikan kimia. Jenis penelitian merupakan penelitian survei. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia di salah satu Universitas Islam di Sumatera Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar kuesioner (angket) dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memberikan tanggapan positif dari penerapan pembelajaran analisis artikel ilmiah pada mata kuliah problematika pendidikan kimia. Hal ini terlihat dari jawaban-jawaban mahasiswa sebagian besar menjawab sangat setuju dan setuju pada setiap pernyataan pada angket dan didukung dengan data hasil wawancara.</p> E. Jayanti Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPII/article/view/83789 Sat, 31 Aug 2024 00:00:00 +0000