PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA

Authors

  • I. B. P. Angga Putra Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • N. M. Pujani Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • P. Prima Juniartina Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i2.17215

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemahaman konsep IPA siswa dan menganalisis perbedaan pemahaman konsep IPA antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran langsung. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu dengan rancangan Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP N 1 Sukasada pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 236 siswa. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik class random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 59 siswa yang tersebar dalam 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data pemahaman konsep diperoleh melalui tes pemahaman konsep IPA. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan Anakova satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemahaman konsep IPA siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berkualifikasi tinggi (N-gain = 0,74). Ketercapaian indikator menafsirkan, mencontohkan, merangkum, menyimpulkan, dan menjelaskan berkualifikasi tinggi. Ketercapaian indikator mengklasifikasikan dan membandingkan berkualifikasi sedang. (2) Terdapat perbedaan pemahaman konsep IPA antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran langsung (F = 18,063, p < 0,05). Siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw secara signifikan memiliki pemahaman konsep IPA yang lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran langsung (|μ1−μ2| > LSD). Pada model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw siswa aktif berdiskusi dalam kelompok asal dan kelompok ahli, sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran.
Kata kunci: jigsaw, pembelajaran langsung, pemahaman konsep

References

Anderson, L.W., & Krahtwohl, D.R. 2015. Kerangka Landasan Utama Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Antara, I.P.P.A. 2014. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Terhadap Penguasaan Konsep Kimia dan Sikap Ilmiah Siswa. e-Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 47(1), 76-84.

Arends. R.I. 2013. Belajar untuk Mengajar. Terjemahan Learning to Teach. Edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dat, T.V. 2016. The Effects of Jigsaw Learning on Students’ Knowledge Retention in Vietnamese Higher Education. International Journal of Higher Education, 5(2), 236-251. ISSN 1927-6044.

Dwipayana, I.M., Manuaba, I.B.S., & Wiyasa, I.K.N. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Gugus Kapten Kompyang Sujan Denpasar Barat Tahun Ajaran 2016/2017. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(3).

Iswadi, H. Sekelumit dari Hasil PISA 2015 yang baru dirilis. Artikel. 7 Desember 2016. Diakses pada tanggal 28 November 2017, dari:http://www.ubaya.ac.id/2014/content/articles_detail/230/Sekelumit-Dari-Hasil-PISA-2015-Yang-Baru-Dirilis.html.

Huda, M. 2011. Cooperative Learning: Metode Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kardi, S., & Nur. M. 2000. Pengajaran Langsung. Surabaya: UNESA-University Press.

Kesnajaya, I.K., Dantes, N., & Dantes, G.R. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Pada SD Negeri 3 Tianyar Barat. e-

Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5.

Mari, J.S & Gumel, S.A. 2015. Effects of Jigsaw Model of Cooperative Learning on Self-Efficacy and Achievement in Chemistry among Concrete and Formal Reasoners in Colleges of Education in Nigeria. International Journal of Information and Education Technology, 5(3), 196-199.

Nilai UN SMP/MTs Se-Bali Turun. Artikel. 2 Juni 2017. Diakses pada tanggal 28 November 2017,dari:http://baliportalnews.com/2017/06/nilai-un-smpmts-se-bali-turun/.

Oviyana, I.W., Wirya, I.N., & Sudarma, I.K. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD. e-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).

Prastika, I.A.D. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi (tidak diterbutkan). Jurusan Pendidikan Fisika, FMIPA. Universitas Pendidikan Ganesha.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sadia, I.W. 2014. Model-Model Pembelajaran Sains Konstruktivistik. Singaraja: Graha Ilmu.

Sanjaya, W. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Santyasa, I.W. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif. Makalah. Disajikan dalam pelatihan tentang penelitian tindakan kelas bagi guru-guru SMP dan SMA di Nusa Penida, tanggal 29 Juni-1 Juli 2007. Diakses pada tanggal 24 November 2017,dari: www.freewebs.com.

Sarnapi. Peringkat Pendidikan Indonesia Masih Rendah. Artikel. 18 Juni 2016. Diakses pada tanggal 28 November 2017, dari http: //www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/2016/06/18/peringkat-pendidikan-indonesia-masih-rendah-372187.

Setyowati, B.E., Widiyatmiko, A., & Sarwi. 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw II Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Karakter Siswa. Unnes Science Education Journal, 4(3), 982-989. ISSN 2252-6617.

Slavin, R.E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Terjemahan Cooperative Learning: theory, research, and practice. 1995. Cetakan ke-2. Bandung: Nusa Media.

Suastra, I.W. 2009. Pembelajran Sains Terkini. Singaraja: Undiksha.

Surayya, L., Subagia, I.W., & Tika, I.N. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadao Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4.

Trisianawati, E., Djudin, T. & Setiawan, R. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Vektor di Kelas X SMA Negeri 1 Sanggau Ledo. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 6(2), 51-60. ISSN 2087-9946. E-ISSN 2477-1775.

Wardani, K.S.K. 2013 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Bermuatan Content Local Genius Terhadap Pemahaman Konsep Sains Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 4 Singaraja Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi (tidak diterbutkan). Jurusan Pendidikan Fisika, FMIPA. Universitas Pendidikan Ganesha.

Widiadnyana, W., I.W. Sadia, & I.W. Suastra. 2014. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4.

Widiawati, N.P., Pudjawan, K., & Margunayasa, I.G. 2015. Analisis Pemahaman Konsep Dalam Pelajaran IPA pada Siswa Kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Banjar. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).

Downloads

Published

2018-10-22