KARAKTERISTIK MULTIMEDIA INTERAKTIF MATA PELAJARAN IPA SMP

Authors

  • I. P. Hendra Eka Geminiawan Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Redhana Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • P. Prima Juniartina Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i2.17216

Keywords:

karakteristik media, multimedia interaktif, pengembangan multimedia interaktif.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan karakteristik multimedia interaktif pada mata pelajaran cahaya dan alat optik IPA SMP. Berbagai hasil survei nasional maupun internasional menunjukkan bahwa pencapaian prestasi belajar Indonesia berada di bawah negara-negara tetangga. Faktor utama yang menyebabkan rendahnya capaian prestasi belajar Indonesia adalah kurangnya keterampilan tenaga pendidik dalam pengelolaan pembelajaran. Pemilihan media ICT yang tepat dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan membantu siswa untuk memahami konsep IPA yang diajarkan, sehingga prestasi belajar siswa dapat menigkat. Kualitas pembelajaran memerlukan berbagai upaya untuk mewujudkannya. Upaya tersebut dengan berbagai komponen yang terlibat didalam pembelajaran, salah satu di antaranya adalah dengan pemanfaatan media pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan produk multimedia interaktif mata pelajaran cahaya dan alat optik. Karakteristik dari multimedia interaktif yang dihasilkan adalah (1) media menyajikan aspek mikroskopis, makroskopis, dan simbolis, (2) merupakan media pembelajaran interaktif dengan simulasi dua arah, (3) topik yang dimuat adalah cahaya dan alat optik kelas VIII SMP semester 2, (4) multimedia interaktif berisikan dubbing yang dapat memandu siswa ketika mandiri belajar, (5) menyajikan simulasi menjodohkan yang dapat membangun rasa ingin tahu siswa, dan (6) memiliki dua jenis kuis, kuis langsung dan kuis khusus untuk evaluasi.

References

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Benson, A., & Odera, F. (2013). Selection and use of Media in Teaching Kiswahili Language in Secondary Schools in Kenya. International Journal of Information and Communication Technology Research, 3(1), 12–18.

Klentien, U., & Kamnungwut, W. (2015). The Impact of Using Electronic Media in English Teaching for Elementary and Secondary Students in Thailand. International Journal of Information and Education Technology, 5(8), 582–586.

Liliasari, Supriyanti, S., & Hana, M. N. (2016). Students ’ Creative Thinking Enhancement Using Interactive Multimedia Of Redox Reaction Creative Thinking Enhancement, 30–34. Diakses di http://dx.doi.org/10.18269/jpmipa.v21i1.666 pada 25 Oktober 2017.

Oyedele, V., Rwambiwa, J., & Mamvuto, A. (2013). Using Educational Media and Technology in Teaching and Learning Processes : A Case of Trainee Teachers At Africa University. Academic Research International, 4(1), 292–300.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik IndonesiaNomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, 2007. Jakarta.

Prasetyo, Z. K. (2015). “Research and Development: Pengembangan Berbasis Penelitian”. Makalah disajikan dalam kuliah umum pada Dosen Pembimbing Tesis dan Mahasiswa Magister Pendidikan Sains Program Pascasarjana Universiter Negeri Sebelas Maret. Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 14 Juni 2012.

Tania, L. dan Fadiawati, N. (2015). The Development Of Interactivee-Book Based Chemistry Representations Referred To The Curriculum Of 2013. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Diakses di http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii pada 25 Oktober 2017.

Downloads

Published

2018-10-22