PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA

Authors

  • K. Arma Ayu Indrayani Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • N. M. Pujani Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • N. L. Pande Latria Devi Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i1.17218

Keywords:

Model Quantum Learning, Model Konvensional, Hasil Belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil hasil belajar IPA siswa di SMP Negeri 4 Singaraja
dan menganalisis perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model Quantum Learning
dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional di SMP Negeri 4 Singaraja. Penelitian
ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan non-equivalent pre test-post test control group
design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII berjumlah 348 orang. Sampel penelitian dipilih
2 kelas yaitu kelas VII SMP Negeri 4 Singaraja. Sebanyak 62 siswa yang ditentukan dengan teknik
random sampling. Penelitian ini melibatkan 3 variabel yaitu 1) variabel bebas adalah model
pembelajaran, 2) variabel terikat adalah hasil belajar kognitif IPA, dan 3) variabel kovariat adalah
pengetahuan awal siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes objektif diperluas. Untuk
mengetahui adanya perbedaan hasil belajar IPA siswa antara kelompok eksperimen dengan kelompok
kontrol digunakan uji ANAKOVA dengan taraf sig.< 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil
belajar IPA siswa SMP Negeri 4 Singaraja yang belajar dengan MQL berkualifikasi tinggi (x̅=84),
sedangkan yang belajar dengan MPK nilai rata-rata juga berkualifikasi tinggi (x̅=71). Terdapat perbedaan
yang signifikan hasil belajar antara siswa yang belajar model Quantum Learning dan siswa yang belajar
dengan model pembelajaran konvensional (F= 0,000 sig.< 0,05). Hasil belajar IPA siswa dengan model
Quantum Learning lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional μ μ 2,58 1 2  
.

References

Agusnanto. 2015. Penerapan Model

Pembelajaran Quantum Learning

Dan Model Pembelajaran

Problem Based Learning Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar

Siswa Pada Mata Diklat

Programmable Logic Controller

Di Smk Muhammadiyah 3

Yogyakarta. Skripsi Program

Studi Pendidikan Mekatronika

Fakultas Teknik Universitas

Negeri Yogyakarta.

BBC.2015. Majalah Asia Sekolah Terbaik.

Online.

http://www.bbc.com/indonesia/ma

jalah/2015/05/150513_majalah_a

sia_sekolah_terbaik. diakses

pada tanggal 1 november 2017

Cahyani. 2015. Pengaruh Model

Pembelajaran Quantum Tipe

VAK (Visual, Auditori, Kinestetik)

Berbantuan Geogebra Terhadap

Kemampuan Berfikir Kritis

Matematika Siswa Kelas XI SMA

Negeri 1 Sukawati. Skripsi (tidak

diterbitkan). Singaraja:

Universitas Pendidikn Ganesha.

Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22

Tahun 2006 Tentang Standar Isi.

Jakarta: Depdiknas

Depdiknas. 2005. Peraturan Pemerintah RI

No.19 Tahun 2005 tentang

Standar Nasional Pendidikan.

Jakarta: Depdiknas

DePorter, B & Mike, H. 2015. Quantum Learing Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan.. Bandung: Kaifa

Katminingsih. 2012. Mengenal Revisi Taksonomi Bloom oleh Anderson dan Krathwohl.tersedia pada: file-mengenal-revisi-taksonomi-bloom-oleh.html. diakses pada tanggal desember 2018

Kemdikbud. 2017. Rekapitulasi Hasil Ujian Nasional IPA SMP/MTs Se-KabupatenBuleleng.https://bulelengkab.go.id/bankdata/hasilujiannasionalipa.html. Diakses pada tanggal 20 Desember 2017

Kemdikbud. 2016. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Balitbang.

Kholik, M. 2011. Metode Pembelajaran Konvensional. [Online]. Tersedia pada

https://muhammadkholik.wordpress.com/2011/11/08/evaluasi-pembelajaran/. Diakses pada tanggal 25 April 2017

Moedjiono, & Moh. Dimyati. 1994. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud Derektorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Pratiwi, I. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V. e-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha

Slavin. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktek Edisi Kesembilan Jilid 1. Jakarta: PT Indeks

Sanjaya. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada: Jakarta.

Santyasa. 2004. Pengaruh Model dan Seting Pembelajaran Terhadap Remidiasi, Miskonsepsi, Pemahaman Konsep, dan Kompetensi Dasar IPA pada Siswa SMU. Desertasi (tidak diterbitkan). Universitas Negeri Malang Program Pasca Sarjana.

Sari, M. 2013. Penerapan Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Materi Energi, Panas, dan Bunyi Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Rangdugunting 4 Kota Tegal. Skripsi Online. Tersedia pada: http://lib.unnes.ac.id/17351/1/1409107.pdf. Diakses pada 13 Maret 2017

Sugiyono. 2011. Statistika untuk penelitian. Bandung: alfabeta

Sugiyono.2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Tim Prestasi Pustaka.

Undang-undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Asa Mandiri.

Wijayanti. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum (Quantum Learning) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus Peliatan. Jurnal pendidikan Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar,FIP UniversitasPendidikanGanesha

Winataputra. 2002. Materi dan Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Yusuf. 2014. An Infestigation the Effect of Quantum Learning Approach in Primary School 7th Grade Students’ Scince Achievement. Retention and attitude. Educational research association the international journal of research in teacher education. Tersedia pada http://ijrte.eab.org.tr. Diakses pada 10 maret 2017.

Downloads

Published

2019-03-31