PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KREATIVITAS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN IPA

Authors

  • Ade Sintia Wulandari Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Suardana Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • N. L. Pande Latria Devi Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i1.17222

Keywords:

Model pembelajaran berbasis proyek, model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division, kreativitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas siswa SMP pada pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sukasada tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri atas 150 orang yang tersebar ke dalam 5 kelas. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas yaitu siswa kelas VIID sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dan siswa kelas VIIE sebagai kelas kontrol diterapkan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Objek penelitian ini adalah kreativitas siswa yang dikumpulkan menggunakan metode tes. Data kreativitas dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan hasil rata-rata kreativitas siswa sedangkan statistik inferensial digunakan untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan uji ANCOVA satu jalur dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang dibelajarkan menggunakan model PjBL lebih baik dari siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hal tersebut ditunjukkan oleh skor rata-rata posttest pada kelompok model PjBL dan kelompok model kooperatif tipe STAD berturut-turut sebesar 88,67 dan 33,86.

References

Akhiruddin, H. Susilo & Ibrohim (2016). “Pengaruh Penggunaan Modul Inkuiri Dipadu PjBL Berbahan Ajar Potensi Lokal Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA”. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan. 1 (10), 1964-1968. EISSN:2502-471X. tersedia pada: http://journal.um.ac.id /index.php/ diakses tanggal 20 Maret 2018

Alfiari (2016). “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Keerampilan Proses Sains Siswa SMA Negeri 1 Gerung Tahun Ajaran 2016/2017” Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1 (4), 1-9. Tersedia pada: http://fkipunram.rf.gd/ifkip3.php?nim=E1Q012004. diakses tanggal 26 Juni 2018

Ardianti, S.D., I. A. Pratiwi & M. Kanzunnudin (2017). “ Implementasi Project based learning (PjBL) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta Didik”. Jurnal Refleksi Edukatika. 7 (2), 145-150. p-ISSN: 2087-9385 e-ISSN: 2528-696X. tersedia pada: http://jurnal.umk.ac.id/index.php /RE. diakses tanggal 19 Januari 2018

Antika, R. N. & Sulton N. (2017). “Pengaruh Model Project Based Learning Pada Mata Kuliah Seminar Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa” Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. 3 (1), 1-10. p-ISSN: 2442-3750; e-ISSN: 2527-6204. Tersedia pada: http://ejournal. umm.ac.id/index.php/jpbi. diakses tanggal 10 Mei 2018.

Astuti, R. 2015. “Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Pengolahan Limbah Menjadi Trash Fashion Melalui PjBL”. Bioedukasi 8 (2) 37-41. ISSN: 1693-2654. Tersedia pada: http://download.portalgaruda.org/ diakses tanggal 14 juni 2017

Chasanah, A. R. U., N. Khoiri & H. Nuroso. (2016). “Efektivitas Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pokok Bahasan Kalor Kelas X SMAN 1 Wonosegoro Tahun Pelajaran 2014/2015” JP2F, 7 (1). ISSN 2086-2407. Tersedia pada: http://ejurnal.upgrismg.ac.id/index.php/JP2F. diakses tanggal 10 Mei 2018.

Chotijah, S. 2017. Pentingnya Kreativitas dan Imajinasi untuk Generasi Penerus (Core Skill). Tersedia pada: http://sitichotijah.gurusiana.id/article/pentingnya-kreativitas-danimajinasi-untuk-generasi-penerus-core-skill-0. diakses tanggal 22 Juni 2018.

Desnylasari, E., S. Mulyani & B. Mulyani. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning Pada Materi Termokimia Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016”. Jurnal Pendidikan Kimia, Universitas Sebelas Maret. Vol. 5 No. 1 (Hal. 134-142) ISSN 2337-9995. Tersedia pada:http://jurnal.fkip.uns.ac.id/ inde.x.php/kimia. diakses tanggal 20 mei 2017

Herawan, H. E. & Luluh R. 2016. “Pengaruh Aktivitas Belajar Siswa dalam Penerapan Model Project Based Learning Berbasis Saintifik Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi”. Edunomic. 4 (1) 18-29. Tersedia pada: http://www.fkipunswagati.ac.id/ diakses tanggal 10 Mei 2018

Insyasiska, D., S. Zubaidah & H. Susilo. (2015). “Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi”. Jurnal Pendidikan Biologi 7 (1) 9-21 tersedia pada: http://journal2.um. ac.id/index.php/ diakses tanggal 14 Juni 2017

Juandi, T., & Anhar. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Ditinjau dari Kreativitas Siswa Terhadap Prestasi Belajar”. Kappa Journal. e-ISSN 2450-2590, 1 (1). Tersedia pada: http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/ Diakses tanggal 10 Mei 2018.

Kusumaningrum, S. & D. Djukri. (2016). “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kreativitas”. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, ISSN: 2406-9205, Online ISSN: 2477-4820, 2 (2) 241 – 251.

Masbied. (2013). Teori Konstruktivisme Vygotsky dalam Pembelajaran Matematika. Tersedia pada: https://masbied.files.wordpress.com/2011/05/modul-matematika-teori-belajar-vygotsky.pdf. diakses tanggal 28 Juni 2018.

Maula, M. M., J. Prihatin, & K. Fikri. (2014). “Pengaruh Model PjBL (Project-Based Laerning) terhadap kemampuan berpikir Kreatif dan

Hasil Belajar Siswa pada Materi Pengelolaan Lingkungan”. Artikel Ilmiah Mahasiswa, (hml.1-6).

Muliastawan, I. K., N. Suharsono & I M. Kirna. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Memperbaiki Sistem Transmisi di SMK”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Teknologi Pembelajaran. Volume 4

Munandar, U. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Naryono, S. E. & Nuryadin E. R. (2013). “ Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Kuliah Computer Aided Design”. Jurnal Pendiidkan Teknologi dan Kejuruan. 21 (4). 340-347. Tersedia pada: https://media.neliti.com/media/publications/163950-ID-pengembangan-model-pembelajaran-project.pdf. diakses tanggal 5 Juli 2018

Nikmah, H., Wildan & Muntari. 2015. “Implementasi Model Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kreatif” VIII, (1), 19-26. Tersedia pada: download.portalgaruda.org/ Diakses tanggal 21 Juni 2017

Pradita, Y., B. Mulyani & T. Redjeki. (2015). “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Kreativitas Siswa Pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI IPA Semester Genap Madrasah Aliyah Negeri Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014” Jurnal Pendidikan Kimia. 4 (1), 89-96. ISSN 2337-9995. Tersedia pada: http://jurnal. fkip.uns.ac.id/index.php/kimia. diakses tanggal 10 Mei 2018.

Purworini, S. (2006). “Pembelajaran Berbasis Proyek Sebagai Upaya Mengembangkan Habit Of Mind Studi Kasus Di SMP Nasional KPS Balikpapan”. Jurnal Pendidikan Inovatif, Vol.1, No.2, Maret 2006. Tersedia pada: Http://Jurnaljpi. Wordpress/. Diakses Pada 10 Mei 2018

Rati, N. W., N. Kusmaryanti, dan N. Rediani. (2017). “ Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas dan Hasil Belajar Mahasiswa” 6 (1) 60-71. P-ISSN: 2303-288X E-ISSN: 2541-7207 Tersedia pada: https://ejournal. undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/9059 Diakses tanggal 12 Juni 2017

Santofani, A. & Dadan Rosana. 2016. “Pengembangan Tes Kreativitas pada Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Inkuiri pada Materi Teori Kinetik Gas”. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2 (2), 134 – 144. Tersedia pada: http://journal.uny. ac.id/index.php/jipi/article/view/6373/9016. diakses tanggal 14 Juni 2017.

Santyasa, I W. 2006. Pembelajaran Inovatif: Model Kolaboratif, Basis Proyek, dan Orientasi NOS. Makalah. Disajikan Dalam Seminar Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Di Semarapura.

Saparahayuningsih, S. 2010. “Peningkatan Kecerdasan dan Kreativitas Siswa (Improving Students’ Intelligence and Creativity)”. (1) 1. Tersedia pada:http://download.portalgaruda.org/article.php?article=136837&val=5679 diakses pada 22 Juni 2018.

Siwa. IB., Muderawan, I W., & Tika, I N., (2013).”Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembelajaran Kimia terhadap Keterampilan Proses Sains ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa”. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, Volume 3, 1-13.

Slavin, R. E. 2008. Cooperative Learning: Teori, riset, dan praktik. Bandung: Nusa Media.

Sugiarto, Agung & Djukuri. 2015. “Pembelajaran Berbasis Sets sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas dalam Pemecahan Masalah Pencemaran Lingkungan”. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1 (1) 1-11. Tersedia pada: http://journal. uny.ac.id/index.php/ diakses tanggal 21 Juni 2017

Sugiyanto. (2012). “Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Sekolah Dasar Negeri 01 Pontianak Utara” Artikel Penelitian. Tersedia pada:https://media.neliti.com/media/publications/216114-penerapan-pendekatan-kontekstual-untuk-m.pdf diakses tanggal 27 Juni 2018

Sumarni, W., S. Wardani, Sudarmin & D. N. Gupitasari. 2016. “Project Based Learning (PBL) To Improve Psychomotoric Skills: A Classroom Action Research”. 5 (2) (2016) 157-163 Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Tersedia pada: http:// journal.unnes.ac.id/index.php/jpii diakses tanggal 20 Mei 2017

Tasiwan. 2015. ”Efek Pembelajaran Berbasis Proyek Terbimbing Terhadap Perkembangan Keterampilan Proses Dan Sikap Sains Siswa”. Berkala Fisika Indonesia Volume 7 Nomor 2. Tersedia pada: http://journal.uad.ac. id/index.php/BFI/article/view/3399/ 1937 diakses tanggal 14 juni 2017

The George Lucas Educational Foundation. 2005. Instructional Module Project Based Learnin. http://www.edutopia. org/modules/PBL/whatpbl.php. diakses tanggal 3 Januari 2018

Titu, M. A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Materi Konsep Masalah Ekonomi”. Prosiding Seminar Nasional.

Trianto, I. B. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI). Jakarta: Pramedia Group

Ummi, H. U. & I. Mulyaningsih. (2016). “ Penerapan Teori Konstruktivistik pada Pembelajaran Bahasa Arab di Iain Syekh Nurjati Cirebon”. Jurnal Indonesia Language Education and Literature. 1 (2). 162-172. Tersedia pada:http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/. Diakses tanggal 29 Juni 2018.

Utami, R. N., R. M. Probosari & U. Fatmawati. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Instagram terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta”. 4 (1) 47-52. ISSN: 2252-6897. Tersedia pada: https://jurnal. uns.ac.id/pdg/article/view/5364/4762 diakses tanggal 10 Mei 2018

Zubaidah, S. 2016. Keterampilan Abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui Pembelajaran. Makalah. Disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan dengan tema “Isu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21, tanggal 10 Desember 2016 di Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang – Kalimantan Barat.

Downloads

Published

2019-03-31