KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DAN FREE DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA

Authors

  • Ni Luh Yanti Onikarini Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Suardana Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kompyang Selamet Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19376

Keywords:

Model pembelajaran guided discovery, model pembelajaran free discovery, hasil belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran guided discovery dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran free discovery. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan rancangan non-equivalent pretest-posttest control grup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bebandem tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri atas 122 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII C dan siswa kelas VIII D yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Siswa kelas VIII C belajar dengan model pembelajaran guided discovery dan siswa kelas VIII D belajar dengan model pembelajaran free discovery. Data hasil belajar dikumpulkan dengan metode tes dan dianalisis menggunakan uji statistik Ancova satu jalur pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan menerapkan model pembelajaran guided discovery dan siswa yang dibelajarkan dengan menerapkan model pembelajaran free discovery. Siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran guided discovery memiliki hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran free discovery. Hal tersebut ditunjukkan oleh nilai rata-rata posttest secara berturut-turut yaitu sebesar 78,29 dan 70,85.

References

Agu, P. A & Eggon, P. 2016. Comparative Effect of Guided Discovery and Discussion Teaching Methods on Basic Science and Techonology Students’ Achievement and Retention in Keffi Education Zone, Nigeria. American Based Research Journal. 5(11): 102-109.

Akani, O. 2017. Effect of guided method of instruction and students’achievement in chemistry at the secondary school level in Nigeria. International Journal of Scientific Research and Education. 5(2): 6226-6234.

Annajmi., & Asra, A. 2017. Pengembangan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Islam Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Eksata Pendidikan. 1(1): 39-46.

Arifin, Z. 2016. Pengaruh Model Quantum Learning Disertai Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di SMA Negeri Kalisat. Jurnal Pembelajaran Fisika. 4(4): 365-370.

Arningsih, W. D., Suardana, I N., & Selamet, K. 2019. Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Asissted Individualization dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Team Achievement Divisions Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia. 1(1): 41-51.

Dahar. R. W. 2012. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Ernawati, F., N. Hendracipta, & A. Nurhasanah. 2016. Perbandingan Hasil Belajar IPA Sekolah Dasar Melalui Penggunaan Pendekatan Guided Discovery dan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Jurnal PGSD. 2(2): 205-214.

Fransiska, L., Subagia, I. W., & Sarini, P. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Negeri 3 Sukasada. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia. 1(1): 13-24.

Gunawan, Harjono, A, & Sutrio. 2015. Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Konsep Listrik Bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(1).

Imawan, O. R. 2015. Perbandingan Antara Keefektifan Guided Discovery Learning dan Project Based Learning dari Prestasi Belajar, Kepercayaan Diri, dan keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(2): 179-188.

In’ am, Akhsanul & Siti, H. 2016. Learning Geometry through Discovery Learning Using a Scientific Approach. International Journal of Instruction. 10(1): 55-70.

Lewis, A., & Smith, D. 2008. Defining higher order thinking. Theory into practice. 32(3): 131-137.

Marheni, Ni P., & Suardana, I N. 2014. Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Budaya Lokal pada Pembelajaran Sains Kimia SMP. Jurnal Wahana Matematika dan Sains. 8(2): 87-100.

Markaban. 2008. Model Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika SMK. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Martin, M. O., Ina V.S. Mullis., Pierre Foy., & Martin Hooper. 2015. TIMSS 2015 International Results in Science.

Maladjuna, D.A., Saehana,S., & Syamsu. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Mata Pelajaran Fisika di SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT). 5(1): 7-10.

Murwanti, K. 2014. Penggunaan Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di SD. Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Mutiarani., Miranda, Z., Asri, D.C., & Rahman, B. 2015. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa (Studi Kuasi Eksperimen kelas VIII SMPN 2 Pagedangan). Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. 1(1): 85-98.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Mulia.

Sanjaya, W. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Paranmedia Group.

Santyasa, I. W. 2012. Pembelajaran Inovatif. Singaraja: UNDIKSHA PRESS.

Sukardi, I. 2015. “Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas VII di MTs Patra Mandiri Plaju Palembang”. Bioilmi. 1(1): 22-29.

Uno, H. B & Koni, S. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wardani. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan Terhadap Keterampilan Proses dan Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kopang Pada Materi Ekosistem. 3(4). Pendidikan Dasar Pascasarjana-Universitas Negeri Malang.

Widiartini, I A P. 2012. Studi Komparatif Model Pemecahan Masalah dan Pengajuan Masalah Terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Kimia Siswa SMA. Tesis tidak diterbitkan. Singaraja: UNDIKSHA.

Downloads

Published

2019-10-20