PENGARUH PETA KONSEP DALAM MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP

Authors

  • Kadek Dian Mulya Dewi Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Suardana Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kompyang Selamet Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v3i1.24617

Keywords:

learning cycle 5E, peta konsep, hasil belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang
dibelajarkan menggunakan peta konsep dalam model Learning Cycle 5E dan siswa
yang dibelajarkan tanpa menggunakan peta konsep dalam model Learning Cycle 5E. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest non equivalent control group design . Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 3 Mengwi tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 395 siswa yang terseba r ke dalam 12 kelas. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas yaitu siswa kelas VIIID sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan peta konsep dalam model Learning Cycle 5E dan siswa kelas VIIIE sebagai kelas k ontrol yang dibelajarkan tanpa menggunakan peta konsep dalam model Learning Cycle 5E . Data penelitian ini adalah hasil belajar IPA siswa yang dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar IPA berupa pilihan ganda sebanyak 25 butir. Data hasil belajar IPA siswa dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan perolehan gain score ternormalisasi hasil belajar IPA siswa, sedangkan statistik inferensial digunakan untuk menguj i hipotesis penelitian menggunakan uji t independent sample t test ) dengan taraf signifikan 0,05. Kesimpulan hasil penelitian yaitu, terdapat perbedaan signifikan antara siswa yang dibelajarkan menggunakan peta
konsep dalam model Learning Cycle 5E dan sis wa yang dibelajarkan tanpa
menggunakan peta konsep dalam model Learning Cycle 5E . Perolehan gain score
ternormalisasi pada siswa yang dibelajarkan menggunakan peta konsep dalam model Learning Cycle 5E sebesar 0,65 dan siswa yang dibelajarkan tanpa mengguna kan peta konsep dalam model Learning Cycle 5E sebesar 0,54

References

Adnyani, I. G. A. A.W., Pujani, N. M., Juniartina, P. P. 2018.Pengaruh Model Learning Cycle 7ETerhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia. Vol 1, No 1 (hal 1-12).

Amaliyah, R., Zubaidah, S., & Lestari, U. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5EBerbantuan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Laboratorium UM. (hal 1-12)

Chen, W. K & Wang, P. 2012. A Framework of Active Learning by Concept Mapping. US-China Education Review.Vol 11 (hal 947-952).

Dahar, R.W. 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Handayani, R. D., Prihandono, T. 2013 Penerapan Model Learning Cycle 5Edengan Autentic Assesment untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VIIIB SMPN 2 Jangkar Situbondo. JurnalPendidikan Fisika. Vol 2, No 3 (hal 336-340).

Kemendikbud. 2015. Survei Internasional PISA. Artikel.

Martalyna, W., Wardono, Kartono. 2018. Integrasi Keterampilan Higher Order Thinkingdalam Perspektif Literasi Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematina. Vol 1, No 1 (hal 354-363)

Oktaria, D., Sikumbang, D., Achmad, A. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5ETerhadap Aktivitas Belajar dan Penguasaan Konsep. Jurnal Bioterdidik. Vol 2, No 10 (hal 110-120).

Patrick, A. O. 2011. Concept Mapping As a Study Skill: Effects on Students Achievement in Biology. International Journal of Educational Sciences. Vol 3, No 1 (hal 49-57).

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.BSNP (Online).

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. BSNP (Online).

Purnamayanti, D. A. D., Suardana, I. N., Selamet, K. 2019. Studi Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dan Student Teams Achievement Division Ditinjau dari Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia.Vol 1, No 1 (hal 74-84)

Santyasa, I W. 2018. Student Centered Learning: Alternatif Pembelajaran Inovatif Abad 21 untuk Menyiapkan Guru Profesional. Jurnal Quantum: Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika.

Rahayuningsih, R., Masykuri, M., & Utami, B. 2012. Penerapan Siklus Belajar (Learning Cycle 5E) Disertai Peta Konsep untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Kimia pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol 1, No 1 (hal 51-58).

Rahma, A. A. 2013. Pengaruh Pembelajaran Siklus Belajar Berbantuan Mind Map Terhadap Prestasi Belajar Fisika Ditinjau dari Kinerja Laboratorium Siswa Kelas VIII SMPN 1 Rejoso Pasuruan. Jurnal Pendidikan Sains. Vol 1, No 2 (hal187-193).

Ratnawati, E., & Fajaroh, F. 2016. Pengaruh Learning Cycle 5E Berkonteks SSI Terhadap Pemahaman Hakikat Sains Pada Materi Larutan Penyangga dan Hidrolisis Garam Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains. Vol 4, No 1 (25-35).

Sadia, I W. 2014. Model-Model Pembelajaran Sains Konstruktivistik.Yogyakarta:Graha Ilmu

Senduperdana, A. 2007. Analisis Hasil Belajar Mata Kuliah Umum: Survei di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Krisnadwipajayana. Jakarta: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. No. 064. Tahun ke-13

Shofiah, S., Lukito, A., & Siswono, E. 2018. Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbasis Pengajuan Masalah untukMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Topik Trigonometri. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. Vol 9, No 1 (hal 54-62).

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Suardana, I., Redhana, I.W., Sudiatmika, A. A. I. A. R., Selamet, I. N. 2018. Student Critical Thinking Skills in Chemistry Learning Using Local Culture-Based 7E Learning Cycle Model. International Journal of Instruction.Vol 11, No 2 (hal 399-412).

Widodo, Widayanti, L. 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based LearningPada Siswa Kelas VII A MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo. Jurnal Fisika Indonesia. Vol 4, No 17 (hal 32-35).

Yuliyanti, Amiruddin, H., Darmadi, I. W., 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5EBerbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako. Vol 6, No 4 (hal 43-47)

Downloads

Published

2020-04-29