PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA POKOK BAHASAN GETARAN DAN GELOMBANG

Authors

  • I Gusti Ayu Agung Mas Purohita Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Suardana Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kompyang Selamet Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v3i1.24618

Keywords:

perangkat pembelajaran, discovery learning, getaran dan gelombang

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan mendeskripsikan perangkat pembelajaran discovery learning pada pokok bahasan getaran dan gelombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) menurut Borg dan Gall. Penelitian ini dilaksanakan sampai tahap validasi ahli dan praktisi serta uji keterbacaan. Data hasil penelitian ini meliputi karakteristik perangkat pembelajaran, data hasil validitas perangkat pembelajaran dan tingkat keterbacaan. Data hasil penelitian yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Karakteristik perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah sebagai berikut. (1) Pembelajaran dimulai dengan memberikan stimulasi atau memberikan rangsangan kepada siswa dalam kegiatan pembelajaran melalui pengamatan pada fenomena yang disajikan dan siswa diminta untuk menguraikan fenomena tersebut, (2) merumuskan masalah terkait informasi awal atau fenomena yang telah disajikan, (3) mengumpulkan informasi untuk menjawab rumusan masalah, (4) melakukan kegiatan mengolah data atau analisis data, (5) menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan hasil yang didapatkan. Perangkat pembelajaran yang kembangkan ditinjau dari aspek kevalidan termasuk kategori sangat valid dapat dilihat dari nilai rata-rata angket validasi ahli dan validasi praktisi pada setiap komponen perangkat yang dikembangkan yaitu pada silabus dan RPP didapatkan rata-rata dengan skor 3,93 sedangkan untuk LKS mendapat skor rata-rata 3,95 dan instrumen penilaian mendapatkan skor rata-rata 3,96. Tingkat keterbacaan perangkat pembelajaran discovery learning tergolong dalam kategori sangat baik, dapat dilihat dari nilai rata-rata keterbacaan yaitu, 75% siswa menyatakan bahwa lembar kerja siswa (LKS) yang dikembangkan sangat baik dan 25% baik sedangkan pada instrumen penilaian siswa menyatakan 72% sangat baik dan 28% baik. Dengan demikian perangkat pembelajaran discovery learning yang telah dikembangkan sudah valid dan dapat digunakan.

References

Borg, W.R. dan Gall, M.D. 1989. Educational Research: An Introduction, Fifthy Edition. New York: Logman

Fransiska, L., Subagia, I W., Sarini, P. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Negeri 3 Sukasada. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia. ISSN: 2623-0852. 1(1):13-24. (diakses pada 15 Juni 2019)

Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara

Juniantari, Made. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Pendidikan Karakter dengan Model Treffinger Bagi Siswa Kelas X. Singaraja: Undiksha

Pemerintah R.I. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 103 tahun 2014 tentang Pembelajaram pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Rambe, J.A., Bornok, S., & Yusnadi. 2018. The Development of Learning Devices Based on Discovery Learning to Improve Mathematical Creative Thinking Ability of Students Class V at SD Negeri 060827 Medan Amplas. Journal of Education and Practice. 9(9): 72-79. (diakses pada tanggal 15 November 2018)

Sihombing, H., Bornok, S., & Mukhtar. 2017. The Effect Of Discovery Learning Model To Students’Mathematical Concept Mastery. IOSR Journal of Research & Method in Education. 7(5): 18-23. (diakses pada 10 November 2018)

Suastra, I W. 2009. Pembelajaran Sains Terkini. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sumiantari, N. L. E., Suardana, I. N., Selamet, K. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Siswa

Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia. ISSN: 2623-0852. 1(1):63-73. (diakses pada 15 Juni 2019)

Welni Julitra Damanik, Edi Syahputra. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Menigkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta didik Menggunakan Model Discovery Learning. Jurnal Insfiratif. 4(2): 27- 38. (diakses pada tanggal 1 November 2018)

Yuliani, Siti, Makrina Tindangen,Vandalita Rambitan. 2017. Analisis Permasalahan Guru Terkait Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran IPA dan

Pemecahannya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 2(4): 535-

(diakses pada tanggal 10 November 2018)

Downloads

Published

2020-04-29