MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KECAMATAN SAWAN TERHADAP MATA PELAJARAN IPA TAHUN AJARAN 2019/2020

Authors

  • Komang Sriponi Ganesha University of Education
  • I Nyoman Suardana Ganesha University of Education
  • Putu Prima Juniartina Ganesha University of Education

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.33190

Keywords:

minat belajar, faktor intermal, faktor eksternal, mata pelajaran IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan profil minat belajar dan faktor-faktor yang memengaruhi minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Sawan terhadap mata pelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kombinasi atau disebut dengan mix methods. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII dan guru IPA se-Kecamatan Sawan. Objek dalam penelitian ini adalah minat belajar siswa dan faktor-faktor yang memengaruhi minat belajar siswa kelas VIII se-Kecamatan Sawan terhadap mata pelajaran IPA. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) profil minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Sawan terhadap mata pelajaran IPA yaitu 88,2% siswa memiliki minat belajar kategori tinggi, 11,4% siswa memiliki minat belajar kategori sedang, dan 0,4% siswa memiliki minat belajar kategori rendah; (2) faktor-faktor yang memengaruhi minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Sawan terhadap mata pelajaran IPA terdiri atas faktor internal yaitu kesehatan/jasmani, motivasi, intelegensi dan faktor ekternal yaitu keluarga, guru, teman, fasilitas belajar, dan internet.

Author Biographies

Komang Sriponi, Ganesha University of Education

Science Education Department

I Nyoman Suardana, Ganesha University of Education

Science Education Department

Putu Prima Juniartina, Ganesha University of Education

Science Education Department

References

Ahmadi, A. dan Uhbiyati, N. 2007. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Anggraeni, E. 2017. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Seni Tari Di SD Negeri Dukuhwaru 4 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Arikunto, S. 2006. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Arisanti, D., dan Subhan, M. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Internet Terhadap Minat Belajar Siswa Muslim di SMP Kota Pekanbaru. Jurnal Al-Thariqah. Vilume 3. Nomor 2 (hlm. 61-73).

Arlitasari, O., Pujayanto, dan Budharti, R. 2013. Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Berbasis Salingtemas dengan Tema Biomassa Sumber Energi Alternatif Terbarukan. Jurnal Pendidikan Fisika. Volume 1. Nomor 1 (hlm. 81-89).

Creswell, J. W. 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Dierks, P. O., Hoffler, T. N., Blankenburg, J. S., Peters, H., dan Parchmann, I. 2016. Interest in science: a RIASEC-based analysis of students’ interests. International Journal of Science Education. Volume 38. Nomor 2 (hlm. 238-258).

Diniaty, A. 2017. Dukungan Orangtua terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Al-Taujih. Volume 3. Nomor 1 (hlm. 90-100).

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., dan Azhar, S. 2017. Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD. Volume 4. Nomor 2 (hlm. 47-53).

Friantini, R. N., dan Winata, R. 2019. Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. Volume 4. Nomor 1 (hlm. 6-11).

Gunawan, I. 2015. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hakim, L. N. 2013. Ulasan Metodologi Kualitatif: Wawancara terhadap Elit. Jurnal Aspirasi. Volume 4. Nomor 2 (hlm. 165-172).

Hasbullah. 2012. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan¬. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hidayat, S. Dan Asroi. 2013. Manajemen Pendidikan Substansi dan Implementasi dalam Praktik Pendidikan di Indonesia. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Inggriyani, F., Hamdani, A.R., dan Dahlan, T. 2019. Minat Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Blended Learning melalui Google Classroom pada Pembelajaran Konsep Dasar Bahasa Indonesia SD. Pembelajar:Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran. Volume 3. Nomor 1 (hlm. 28-35).

Irianto, D. P. 2004. Bugar dan Sehat dengan Berolahraga. Yogyakarta: Andi Offset Yogyakarta.

Jensen, E. 2008. Brain-Based Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jirana, Nur, S., dan Nurmiati. 2015. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan dan Minat Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. Jurnal Saintifik. Volume 1. Nomor 2 (hlm. 87-94).

Karina, R. M., Syafrina, A., dan Habibah. 2017. Hubungan Antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA pada Kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 2. Nomor 1 (hlm. 61-77).

Khotimah, H. 2019. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 2. Nomor 2 (hlm. 116-123).

Lutan, R. 2002. Menuju Sehat dan Bugar. Jakarta: Depdiknas.

Marleni, L. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Bangkinang. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 1. Nomor 1 (149-159).

Marlina, L., Habisukan, U. H., dan Arfika, D. 2017. Pengaruh Penerapan Model TPS (Think Pair Share) terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Biologi di MTs Negeri 1 Palembang. Jurnal Bioilmi. Volume 3. Nomor 1 (hlm. 25-37).

Moleong, L. J. 2013. Metodologi Penelitan Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Murdani, V. A., dan Rahmanawati, F. Y. 2015. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Belajar Siswa terhadap Mata Pelajaran IPA Di SMPK Maria Fatima Jember. Jurnal Insight. Volume 11. Nomor 1 (hlm. 92-98).

Nesi, M., dan Akobiarek, M. 2018. Pengaruh Minat dan Penggunaan Metode terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Jayapura. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains. Volume 1, Nomor 1 (hlm. 80-94).

Nur, J. 2015. Pengaruh Sarana Belajar terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tenggarong. Jurnal Cemerlang. Volume 3. Nomor 1 (hlm. 1-8).

Nurhasan. 2005. Aktivitas Kebugaran. Jakarta: Depdiknas.

Nurhasanah, S., dan A. Sobandi. 2016. Minat Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Volume 1, Nomor 1 (hlm. 135-142).

Passler, K., Beinicke, A., dan Hell, B. 2015. Interests and intelligence: A meta-analysis. Intelligence. Volume 50. (hlm. 30-51).

Prasetyowati, R. 2014. Pembelajaran IPA SMP Menurut Kurikulum 2013. Makalah. Jurusan Pendidikan Fisika. Universitas Negeri Yogyakarta.

Putri, W.A. 2017. Minat Belajar Siswa SMA Negeri 1 Suksasada Terhadap Mata Pelajaran Kimia. Skripsi. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Rahayu, S. 2019. Problematika dalam Pembelajaran IPA. Tanggerang: Indocamp.

Rahmawati, N. S., Bungsu, T. K., Islamiah, I. D., dan Setiawan, W. 2019. Analisis Minat Belajar Siswa MA Al-Mubarok Melalui Pendekatan Saintifik Berbantuan Aplikasi Geogebra pada Materi Satistika Dasar. Journal On Education. Volume 1. Nomor 3 (hlm. 386-395).

Ricardo dan Meilani, R. I. 2017. Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Volume 2. Nomor 2 (hlm. 188-201).

Rozikin, S., Amir, H., dan Rohiat, S. 2018. Hubungan Minat Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia Di SMA Negeri 1 Tebat Karai dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kepahiang. Jurnal Pendidikan Ilmu Kimia. Volume 2. Nomor 1 (hlm. 78-81).

Safari. 2003. Indikator Minat Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sandiar, L., Narsih, D., dan Rosita, W. 2019. Peran Fasilitas Belajar terhadap Minat Belajar serta Pengaruhnya pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. Volume 1. Nomor 2 (hlm. 161-179).

Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sholehah, S. H., Handayani, D. E., dan Prasetyo, S. A. 2018. Minat Belajar Siswa Pada Mata pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri Karangroto 04 Semarang. Jurnal Mimbaar Ilmu. Volume 23. Nomor 3 (hlm. 237-244).

Siagian, F. 2012. Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif. Volume 2. Nomor 2 (hlm. 122-131).

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. 1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata, N.S. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryabrata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Taufan, Ade. 2019. Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X SMK N 3 Sungai Penuh Kecamatan Kumun Debai Kota Sungai Penuh. Jurnal Tunas Pendidikan. Volume 1. Nomor 2 (hlm. 58-64).

Thoha, Chabib. 2003. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Trianto. 2012. Pengantar Penelitian Pendididkan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana.

Wasa, M. E., Sulistyo, dan Afian, A. 2019. Pengaruh Penggunaan Gadget dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi (JRPE). Volume 4. Nomor 2 (hlm. 1-7).

Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.

Downloads

Published

2021-04-30