Analisis Pengelolaan Laboratorium IPA di SMP Negeri 8 Singaraja
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsi.v7i2.86086Keywords:
pengelolaan laboratorium IPA, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan , evaluasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengelolaan laboratorium IPA di SMP Negeri 8 Singaraja yang meliputi (1) perencanaan, (2) pengorganisasian, (3) pelaksanaan, (4) pengawasan dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik yang digunakan dalam penentuan pelaku adalah teknik purposive sampling, didasarkan pada responden yang paling mengetahui masalah yang akan diteliti. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, angket yang diberikan kepada siswa VII.1, VIII.7, VIII.8 yang seluruhnya berjumlah 106 orang siswa, serta wawancara yang dilakukan dengan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana, Ketua Laboratorium, Laboran, dan Guru IPA sebanyak dua orang. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data Model Miles and Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) perencanaan yang meliputi perencanaan SOP (Standar Operasional Prosedur) dan perencanaan program kerja laboratorium IPA telah dilaksanakan cukup baik namun perlu ditingkatkan lagi; (2) pengorganisasian yang telah dilaksanakan sudah cukup baik namun perlu ditingkatkan kembali seperti pengelola laboratorium belum memiliki sertifikat, tidak adanya deskripsi tugas pengelola, dan beberapa administrasi belum dibuatkan; (3) pelaksanaan program kerja laboratorium IPA masih belum berjalan dengan baik seperti tidak terlaksananya praktikum didalam laboratorium karena pengalihan fungsi ruang laboratorium sebagai ruang kelas dan ruang guru, serta keterbatasan alat dan bahan; (4) pengawasan dan evaluasi belum berjalan dengan baik seperti pengawasan dan evaluasi yang dilakukan secara intern oleh sekolah, tidak adanya laporan program kerja setiap tahun atau semester, dan belum adanya pengawasan dari pemerintah terkait laboratorium.
References
Arian, S., Kustiawan, A. and Maladona, A. 2022 ‘PENGELOLAAN LABORATORIUM IPA DI SMPN 1 DAN SMPN 2 TASIKMALAYA’, J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 3(2), pp. 379–384. Available at: https://doi.org/10.25157/j-kip.v3i2.6284.
Irjus, I. et al. 2020 ‘Manajemen Laboratorium Pendidikan’.
Kartikasari, P., Ilmiyati, N. and Maladona, A. 2021 ‘Analisis Pengelolaan Laboratorium IPA Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Banjar’, J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(3), pp. 251–258. Available at: https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6300.
Meita, N.M. 2017 ‘Studi Kelayakan Pengelola Laboratorium IPA SMPN 4 Sumenep Berdasarkan Permendagri 26/2008’, LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(1). Available at: https://doi.org/10.24929/lensa.v7i1.19.
Menteri Pendidikan Nasional 2007 ‘Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana Dan Prasarana Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA)’.
Moleong, L.J. 2006 Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Cetakan kedua puluh dua. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Munandar, K. 2016 Pengenalan Laboratorium IPA-Biologi Sekolah. Bandung: PT Refika Aditama.
Musdalifa and Faridah 2022 ‘Pengelolaan Laboratorium di SMP Negeri 7 Enrekang’. Available at: http://eprints.unm.ac.id/23450/
Najemah 2020 ‘Pengelolaan Laboratorium IPA SMP Negeri 2 Muara Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara Tahun 2020’, SILAMPARI JURNAL PENDIDIKAN ILMU FISIKA, 2(1), pp. 1–14. Available at: https://doi.org/10.31540/sjpif.v2i1.924.
Pertiwi, F.N. 2019 ‘Sistem Pengelolaan (Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi) Laboratorium IPA SMP Negeri di Ponorogo’, Kodifikasia, 13(1), p. 65. Available at: https://doi.org/10.21154/kodifikasia.v13i1.1704.
Pujani, N.M., Selamet, K., and Nahdiyaturrahmah 2020 ‘Pengelolaan laboratorium ilmu pengetahuan alam (IPA) smp negeri 2 Singaraja’, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), pp. 118–129.
Sani, R.A. 2021 Pengelolaan laboratorium ipa sekolah. Bumi Aksara.
Setiawati, E., Sopyan, T. and Maladona, A. 2021 ‘Analisis Pengelolaan Laboratorium IPA dan Alternatif Praktikum IPA Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Ciamis’, J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(3), pp. 229–236. Available at: https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6290.
Susanti, R., Herlina, L. and Sasi, F.A. 2021 Teknik Pengelolaan Laboratorium. Penerbit Andi.
Trisianawati, E., Ita, I. and Fitria, K. 2020 ‘Analisis Kelengkapan Alat dan Bahan Laboratorium IPA Sekolah Di Kota Pontianak’, Jurnal Pendidikan Sains Dan Aplikasinya, 3(2), pp. 66–72. Available at: https://doi.org/10.31571/jpsa.v3i2.2245.
Wahyuni, W. 2018 ‘Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas VII SMP Negeri 4 Terbanggi Besar’, Justek : Jurnal Sains dan Teknologi, 1(1), pp. 19–26. Available at: https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.401.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 I Gusti Ayu Putu Wicitradari, Anak Agung Istri Agung Rai Sudiatmika, Luh Mitha Priyanka
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.