Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri Se-Kota Makassar dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum

Penulis

  • Muh Tawil Universitas Negeri Makassar
  • Arie Arma Arsyad Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Akram Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v7i2.77879

Kata Kunci:

Literasi numerasi, asesmen, kompetensi minimum

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan tingkat kemampuan literasi numerasi siswa kelas VIII SMPN se-Kota Makassar pada tahun ajaran 2022/2023, khususnya dalam aspek kompetensi numerasi. Penelitian ini melibatkan populasi siswa kelas VIII SMPN di Kota Makassar, dengan sampel sebanyak 422 siswa yang dipilih menggunakan teknik stratified random sampling. Instrumen penelitian terdiri dari 20 soal pilihan ganda yang digunakan untuk mengukur kemampuan numerasi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes langsung di sekolah, dan analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan literasi numerasi siswa berada dalam kategori sangat rendah, dengan persentase 32,95% dan rata-rata skor 6,59.

Referensi

Ali, N. N. & Ni’mah, K. 2023. Analisis Kemampuan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Geometri pada Asesmen Kompetensi Minimum- Numerasi. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4 (2), 267-274.

Andiani, D., Hajizah, M. N. & Dahlan, J. A. 2020. Analisis Rancangan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi Program Merdeka Belajar. Majamath: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (80-90), 82.

Cahyanovianty, A. D. & Wahidin. 2021. Analisis Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1439-1448.

Han, W. 2017. Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hartatik, S. & Nafiah, N. 2020. Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Education and Human Development Journal, 5(1), 33.

Kemendikbud. 2017. Gerakan Literasi Nasional Materi Pendukung. Jakarta: Tim Gerakan Literasi Nasional.

Kemendikbud. 2020. Desain Pengembangan Soal AKM. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran.

Marchelaristi, A., Wicaksono, A. G. & Prihastari, E. B. 2023. Analisis Kemampuan Literasi Numerasi melalui Penyelesaian Soal Cerita Matematika pada Peserta Didik Kelas IV SDN Tugu Jebres No. 120 Surakarta Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2).

Mullis, I. V. 2017. TIMSS 2019 Assessment Framework. CHesnut Hill: International Association for the Evaluation of Educational Achievement (IEA).

Noviandri, E. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry dan Scaffolding terhadap Kemampuan Literasi Matematis dan Representasi Matematis Peserta Didik.

OECD. 2017. PISA 2015 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.

OECD. 2018. PISA 2022 Mathematics Framework (Draft). Paris: OECD Publishing.

Pranata, D. P., Frima, A. & Egolk, A. S. 2021. Pengembangan LKS Matematika Berbasis Problem Based Learning pada Materi Bangun Datar Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2284–2301.

Sari, R. H. 2015. Literasi Matematika : Apa, Mengapa dan Bagaimana? Yogyakarta: UNY.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung.

Tawil, M., Tampa, A., Said, M. A., & Suryaningsih, K. 2022. Exploration the skills of teachers: Implementation technological. Cypriot Journal of Educational Science, 17(12).

Tiro, M. A. 2004. Dasar-dasar Statistika. Makassar: Andira Publisher.

Wirawan, N., Yuhana, Y., & Fatah, A. 2023. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Bentuk Literasi Numerasi AKM pada Konten Bilangan Ditinjau dari Disposisi Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2715-2728. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2623

Yeni, F., Zen, Z., & Daemansyah. 2018. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Diterbitkan

2024-10-30