Pengaruh Metode Flipped Classroom Berbantuan Lembar Kerja Mahasiswa dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kimia Dasar

Penulis

  • Ni Putu Merry Yunithasari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v7i2.85800

Kata Kunci:

hasil belajar, metode flipped classroom, lembar kerja mahasiswa

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode flipped classroom berbantuan lembar kerja mahasiswa semester 2 Prodi S1 Pendidikan IPA pada mata kuliah Kimia Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian control group pretest-posttest design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 2 Prodi S1 Pendidikan IPA dengan sampel penelitian terdiri dari kelas IIA dan IIB dengan melalui teknik purposive sampling. Kelas IIA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 16 mahasiswa dan kelas IIB sebagai kelas kontrol dengan jumlah 14 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mendapatkan adanya pengaruh metode flipped classroom adalah tes hasil belajar. Teknik analisis data untuk tes hasil belajar dilakukan dengan independent sample t-test. Hasil penelitian memperlihatkan nilai thitung (4,023) > ttabel (2,048) dan signifikansi kurang dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan pada hasil belajar mahasiswa mata kuliah Kimia Dasar Prodi S1 Pendidikan IPA antara yang dibelajarkan dengan menggunakan metode flipped classroom berbantuan LKM dan yang dibelajarkan dengan metode konvensional.

Referensi

Akbar et al. 2023. Model dan Metode Pembelajaran Inovatif (Teori dan Panduan Praktis). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Ananda, S., A., & Ratri, D., P. 2024. Analyzing the Use of Flipped Classroom through Students ’ Learning Environment : A Perspective from EFL Learners. Journal of English Language and Education , 9 (1), 9–18

Andriani, R. Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Program Studi Biologi Mata Kuliah Kimia. Jurnal Jendela Pendidikan. 3(1), 74-82. doi: https://doi.org/10.57008/jjp.v3i01.413

Ates, H. 2023. Designing a self-regulated flipped learning approach to promote students “science learning performance Designing a self-regulated flipped learning approach to promote students” science learning performance. Educational Technology & Society , 27 (1), 1–20. doi : https://doi.org/10.30191/ETS.

Bergmann, J & Sams, A. 2012. Flip Your Classroom: Reach Every Student in Every Class Every Day. Washington, DC: International Society for Technology in Education.

Campbell, D. T. 1957. Factor relevant to the validity of experiments in social settings. Psychological Bulletin. 34(4), 297-312.

Coll, R. K. 2008. Chemistry learners’ preferred mental models for chemical bonding. Journal of Turkish Science Education (TUSED), 5(1). Retrieved from http://www.tused.org/index.php/tused/home

Damayanti, H. N. dan Sutama. 2016. Efektivitas Flipped Classroom Terhadap Sikap dan Keterampilan Belajar Matematika di SMK. Jurnal Management Pendidikan, 11(2), 2-8. doi: https://doi.org/10.23917/jmp.v11i1.1799

Ekaputra, F., & Sanova, A. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom-PJBL Dalam Mengurangi Potensi Learning Loss dan Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Unsika. 11(1), 33-43.doi: https://doi.org/10.35706/judika.v11i1.8312

Flynn, A.B. 2014. Structure And Evaluation Of Flipped Chemistry Course: Organic Dan Spectroscopy, Large And Small, First To Third Year, English And French, Journal of Chemistry Education Research and Practice.

Guruh, P., Sajidan, Prayitno, B., A. 2018. Problem Based Learning Module of Environmental Changes to Enhance Students Creative Thinking Skill. 10(2), 313-319. doi: https://doi.org/10.15294/biosaintifika.v10i2.12598

Hasanudin, C. & Fitrianingsih, A. 2019. Analisis Gaya belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Flipped Classroom. Jurnal Pendidikan Edutama. 6(1), 31-36. doi: https://doi.org/10.30734/jpe.v6i1.364

Jansoon, N., Coll, R. K., & Somsook, E. 2009. Understanding mental models of dilution in Thai students. International Journal of Environmental and Science Education. 4(2), 147–168.

Kristira, G., Septiati, E., Isroqmi, A., Studi, P., & Matematika, P. 2024. Penerapan Flipped Classroom Berbantuan Google Sites pada Pembelajaran Matematika di SMP PGRI 1 Palembang. Jurnal Pendidikan Tambusai. 8(2), 4610-4616.

Kuswidi, I. 2015. Brain-Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa. AlJabar: Jurnal Pendidikan Matematika. 6(2),195–202.

Marfali, D. 2019. Pengembangan lembar kerja berbasis Predict-Observe-Explain untuk pemodelan reaksi SN2 pada Alkil Halida menggunakan NwChem. Diploma thesis. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.

Permendikbudristek. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 Tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.

Puspaningsih, A., R. 2020. Penerapan Biologi Interactive Notebook Dalam Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Indonesia Journal of Educational Development. 1(3), 401-409 doi : https://doi.org/10.5281/zenodo.4284509

Rumengan, S., M., Akbar, J., S., Sambeka, Y., Paat, V. 2023. Penerapan Flipped Classroom dalam Peningkatan Hasil Belajar Ikatan Kimia pada Kuliah Kimia Dasar. Journal Of Chemistry Education. 5(2), 139-143. doi: https://doi.org/10.37033/ojce.v5i2.617

Sappaile, B., I., Sinaga, N., T., Dewanto, Santosa, T., A., Yastanti, U. 2024. Effect Size Flipped Classroom Learning in Mathematics Learning. Journal of social Science Research. 4(2), 645-656.

Sawab, B. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Ilmu Sosial Di MI Mathla’ul Anwar Sindang Sari Lampung Selatan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Shiddiq, A. 2020. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar [Universitas Muhammadiyah Pontianak]. In Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1). doi: https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46. 2019

Sukmawati, A., Mozamb, G., Z., A., Zulfa, I., D. 2023. Perkembangan Pendidikan dan Pembelajaran Era Society 5.0. Jurnal Manajemen Kependidikan dan Keislaman. 12(1), 92 – 100. doi: https://doi.org/10.30821/hijri.v12i1.16858

Utami et al. 2024. A Systematic Literature Review Of Flipped Classroom : Is It Effective On Student Learning In Elementary School ? Pegem. Journal of Education and Instruction , 14 (1), 244–251.doi: https://doi.org/10.47750/pegegog.14.01.27

Diterbitkan

2024-10-30