Persepsi Pelajar dan Cara Penanggulangan Fenomena Seks Bebas Dikalangan Pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Singaraja

NARENDRA PERMANA I NENGAH ., Dr. Luh Putu Sendratari, M.Hum. ., Dr. I Ketut Margi, M.Si .

Abstract


Seks bebas di kalangan pelajar merupakan fenomena yang harus segera mendapatkan perhatian, termasuk juga yang terjadi pada pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Singaraja. Meluasnya perilaku yang semula dianggap hanya terjadi pada pelajar di berbagai kota besar, dan kini telah merembes sampai ke pelosok, hal ini menunjukkan adanya persebaran pengaruh buruk yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Mendeskripsikan persepsi pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) terhadap perilaku seks bebas, (2) Mengidentifikasi cara penanggulangan fenomena seks bebas menurut pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA), (3) Menjelaskan aspek-aspek dari fenomena seks bebas yang bisa dijadikan sumber belajar sosiologi untuk Sekolah Menengah Atas (SMA). Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini menggunakan metode campuran: pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis naratif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pelajar di Sekolah Menengah Atas (SMA) di SMA Negeri 1 Singaraja dan SMA Lab Undiksha, sedangkan untuk sampelnya sendiri adalah pelajar yang berada di kelas XI dengan jumlah total 146 responden, ditambah enam orang pelajar sebagai informan dan dua orang guru sebagai infoman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Persepsi pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) terhadap perilaku seks bebas beragam mulai dari sangat setuju, setuju, dan ragu-ragu, (2) Cara penanggulangan fenomena seks bebas menurut pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA), dapat dibagi menjadi dua faktor, yaitu; faktor dalam diri (internal) dan faktor luar diri (external), (3) Aspek-aspek dari fenomena seks bebas yang bisa dijadikan sumber belajar sosiologi untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berkaitan tentang cara penanggulangan itu sendiri.
Kata Kunci : Seks Bebas, Pelajar, Persepsi, Cara Penanggulangan, Sumber Belajar

Free sex among students is a phenomenon that should immediately get attention, including what also happens to high school students in the city of Singaraja. Widespread behavior that was originally thought to only occur in students in various large cities, and now has seeped to remote areas, this shows the spread of bad influences that occur. This research aims to; (1) Describe the perceptions of high school students (SMA) on free sex behavior, (2) Identify ways of overcoming free sex phenomena according to high school students (high school), (3) Explain aspects of free sex phenomena that can be used as a source studying sociology for High Schools (SMA). The research method used in this thesis uses a mixed method: qualitative and quantitative approaches with descriptive narrative types. The population in this study were all students in high schools (SMA) in SMA Negeri 1 Singaraja and SMA Lab Undiksha, while for the sample itself were students in class XI with a total number of 146 respondents, plus six students as informants and two people teacher as an informant. The results of this study indicate that; (1) The perception of high school students (SMA) on free sex behavior varies from strongly agreeing, agreeing, and hesitating, (2) How to deal with the phenomenon of free sex according to high school students (high school), can be divided into two factors , that is; internal factors (internal) and external factors (external), (3) aspects of the phenomenon of free sex that can be used as a source of sociology learning for high schools (SMA) related to how to overcome it themselves.
keyword : Free Sex, Student, Perception, How to Handle, Learning Resources.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha indexed by:

Crossref



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.