POLA PEMBELAJARAN DAN KENDALANYA PADA PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET B DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) LESTARI GEROKGAK, BULELENG, BALI

Aris Wibowo ., Dr. Luh Putu Sendratari, M.Hum. ., I Gusti Made Arya Suta Wirawan, S.Hum., .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Faktor warga belajar yang putus sekolah menempuh jenjang pendidikan program kesetaraan paket B di PKBM Lestari Gerokgak, Buleleng, Bali, (2) Pola pembelajaran program kesetaraan paket B di PKBM Lestari Gerokgak, Buleleng, Bali, (3) Kendala yang dihadapi pada pembelajaran kesetaraan paket B di PKBM Lestari Gerokgak, Buleleng, Bali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan lokasi penelitian di kantor PKBM Lestari Gerokgak, Buleleng, Bali. Teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Tiga faktor warga belajar yang putus sekolah menempuh jenjang pendidikan pada program kesetaraan paket B di PKBM Lestari yaitu disebabkan oleh faktor kesadaran dan keinginan peserta didik menempuh jenjang pendidikan kesetaraan paket B di PKBM Lestari, kesadaran dan keinginan orang tua untuk anaknya, dan adanya sosialisasi dan peranan PKBM Lestari, (2) Dua pola pembelajaran pada program kesetaraan paket B di PKBM Lestari menggunakan Pola Pembelajaran di dalam kelas dan pembelajaran di luar kelas. Pola Pembelajaran di dalam kelas dilakukan dengan memanfaatkan guru dan media sebagai fasilitator untuk menunjang keberhasilan kegiatan pebelajaran mata pelajaran IPS, serta Pola pembelajaran di luar kelas dilakukan dengan memanfaatkan guru dan media sebagai fasilitator untuk melatih keterampilan warga belajar dalam pembuatan kerupuk dari rumput laut dengan tujuan melatih keterampilan peserta didik dalam tuntutan dunia kerja, (3) Tujuh kendala yang dihadapi pada pembelajaran kesetaraan paket B di PKBM Lestari seperti usia yang berbeda, aktifitas di luar kelas yang berbeda, manajemen waktu, tenaga pendidik atau tutor terbatas, motivasi belajar peserta didik rendah, hambatan dalam belajar komputer, tidak memiliki tempat belajar yang otonom.
Kata Kunci : PKBM, Kesetaraan Paket B, Pola Pembelajaran, Kendala Pembelajaran.

The purpose of this study was to fine out (1) the learning factors of dropping out of school taking the education level of the package B Equivalence Education Programme at PKBM Lestari Gerokgak, Buleleng, Bali, (2) the learning pattern of package B Equivalence Education Programme at PKBM Lestari Gerokgak, Buleleng, Bali, (3 ) obstacles faced in parcel B learning in PKBM Lestari Gerokgak, Buleleng, Bali. The method used in this study is a qualitative research method, with the research location at the PKBM Lestari Gerokgak office, Buleleng, Bali. The data collection technique uses observation, interview, and document studies. The results of the study show that, (1) Three factors of learning residents who drop out of school take education level on the package B equivalency program in PKBM Lestari which is caused by the factor of awareness and desire of students to take the education level of package B equality in PKBM Lestari, awareness and desire of parents for their children, and the existence of socialization and the role of PKBM Lestari, (2) Two learning patterns in the package B equality program in PKBM Lestari using the Learning Pattern in the classroom and learning outside the classroom. Learning patterns in the classroom are carried out by utilizing teachers and media as facilitators to support the success of social studies subject learning activities, and learning patterns outside the classroom are done by utilizing teachers and media as facilitators to train citizens learning skills in making crackers from seaweed with the aim of training students 'skills in the demands of the world of work, (3) Seven obstacles faced in learning the equality of package B in PKBM Lestari such as different ages, different activities outside the classroom, time management, limited teaching or teaching staff, students learning motivation is low, obstacles in learning computers, do not have an autonomous learning place.
keyword : PKBM, Equality of Package B, Learning Patterns, Learning Constraints.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha indexed by:

Crossref



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.