Lentera Merah: Model Perpustakaan Jalanan Sebagai Bentuk Gerakan Sosial Dalam Membangun Budaya Literasi Masyarakat di Taman Kota Singaraja Bali

TAUFIKUR RAHMAN ., Dr. I Ketut Margi, M.Si ., I Gusti Made Arya Suta Wirawan, S.Hum., .

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan latar belakang mahasiswa melakukan gerakan sosial dalam membangun budaya literasi masyarakat melalui Perpustakaan Jalanan Lentera Merah di Taman Kota Singaraja. 2) Mendeskripsikan model gerakan sosial yang ditawarakan Perpustakaan Jalanan Lentera Merah dalam membangun budaya literasi masyarakat di Taman Kota Singaraja. 3) Mendeskripsikan kendala yang dihadapkan Perpustakaan Jalanan Lentera Merah 4) Mendeksripkan tingkat kepuasan dan manfaat Perpustakaan Jalanan Lentera Merah dalam gerakan sosial membangun budaya literasi masyarakat di Taman Kota Singaraja. Konsep yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah tersebut yaitu Perpustakaan Jalanan Lentera Merah sebagai gerakan sosial, model gerakan, kendala,solusi, serta tingkat kepuasaan dan manfaat. Penelitian ini dilaksanakan di Perpustakaan Jalanan Lentera Merah di Taman Kota Singaraja pada tahun 2019, menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif melalui langkah-langkah : penentuan informan yang terdiri dari penggagas, pengelola, pengunjung, pengelola perpustakaan daerah. Pengumulan data melalui observasi, wawancara, studi dokumen, dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan langkah reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1) latar belakang gerakan ini adalah kurangnya fasilitas ataupun kegiatan literasi di Kota Singaraja yang dikenal dengan Kota Pendidikan. 2) model gerakan yang ditawarkan sangat beragam mulai mepalak baca buku gratis, menulis, diskusi (bedah buku), musikalisasi puisi, serta menggambar dan mendongeng. 3) kendala dan solusi dari segi teknis dan non-teknis. 4.) penelitian tingkat kepuasan dan manfaat pengunjung Perpustakaan Jalanan Lentera Merah dengan pengukuran skala likert didapatkan hasil bervariatif.
Kata Kunci : Membangun budaya literasi, model gerakan sosial, Perpustakaan Jalanan Lentera Merah

The purpose of this study is 1) Describe the background of students doing social movements in building a community literacy culture through the Red Lantern Street Library in Singaraja City Park. 2) Describe the model of social movements offered by the Lentera Merah Street Library in building a culture of community literacy in Singaraja City Park. 3) Describe the obstacles faced by the Red Lantern Street Library 4) Describe the level of satisfaction and benefits of the Red Lantern Street Library in social movements to build a culture of community literacy in Singaraja City Park. The concept used to answer the problem formulation is the Red Lantern Street Library as a social movement, movement models, constraints, solutions, as well as the level of satisfaction and benefits. This research was conducted at the Red Lantern Street Library in Singaraja City Park in 2019, using qualitative and quantitative methods with a descriptive approach through the steps: determining the informants consisting of initiators, managers, visitors, regional library managers. Data collection through observation, interviews, document studies, and questionnaires. Data analysis was carried out with the steps of reduction, presentation of data, and conclusions. The results showed 1) the background of this movement was the lack of facilities or literacy activities in Singaraja City, known as the City of Education. 2) the movement models offered are very diverse, starting from the mepalak reading free books, writing, discussions (book review), musical poetry, as well as drawing and storytelling. 3) technical and non-technical constraints and solutions. 4.) research on the level of satisfaction and benefits of visitors to the Red Lantern Street Library with Likert scale measurements obtained varied results.
keyword : a culture of literacy, a model of social movements, the Red Lantern Street Library

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha indexed by:

Crossref



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.