Bias Gender dalam Pendidikan (studi kasus dalam pembelajaran sosiologi kelas XI dan potensinya sebagai sumber belajar sosiologi kelas XI di MAN 1 Buleleng)

Gita Juliana ., Dr. Luh Putu Sendratari, M.Hum. ., Dr. Tuty Maryati,M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bentuk-bentuk bias gender dalam pembelajaran sosiologi kelas XI, (2) faktor penyebab bias gender dalam pembelajaran sosiologi kelas XI, (3) persepsi guru sosiologi dan peserta didik mengenai bias gender dalam pembelajaran sosiologi kelas XI, dan (4) strategi yang dilakukan untuk dimanfaatkannya isu bias gender sebagai sumber belajar sosiologi kelas XI. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di MAN 1 Buleleng. Landasan teori yang digunakan yaitu konsep bias gender, konsep faktor penyebab bias gender, konsep persepsi dan konsep strategi pembelajaran. Teknik penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukan (1) bentuk bias gender dalam pembelajaran sosiologi ditemukan adanya penempatan perempuan sebagai subordinasi yang terlihat dalam pengembangan RPP, proses belajar mengajar dan bahan ajar. Adanya pelabelan atau stereotip yang terlihat dalam proses belajar mengajar dan bahan ajar; (2) faktor penyebab bias gender dalam pembelajaran sosiologi ialah faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu ketidakpahaman guru tentang bias gender. Faktor eksternal yaitu partisipasi, akses, dan proses pembelajaran. (3) persepsi guru dan peserta didik terhadap bias gender dalam pembelajaran sosiologi. Persepsi guru yaitu tidak paham bias gender, pembelajaran sosiologi bebas dari bias gender. Persepsi peserta didik yaitu tidak paham bias gender, perlakuan yang berbeda, belum bebas dari bias gender. (4) strategi yang dilakukan untuk dimanfaatkannya isu bias gender sebagai sumber belajar sosiologi ialah strategi pembelajaran inkuiri yang dikombinasikan dengan strategi afektif
Kata Kunci : bias gender, pembelajaran sosiologi, sumber belajar sosiologi.

This study aimed at finding out (1) the forms of gender bias in sociology learning at elevent grade; (2) the causal factor of gender bias in sociology learning at elevent grade; (3) the perception of sociology teacher and student regarding gender bias in sociology learning at elevent grade; (4) the strategy used utilize gender bias issue a sociology learning source at elevent grade. The design of study used descriptive qualitative. The setting of study was located at MAN 1 Buleleng. The theoretical basis used the concept of gender bias, factors causing gender bias, perception and learning strategies. Purposive sampling technique was applied to determine informant. Data were obtained through observation, interview and document study. The result of study showed (1) the form of gender bias in sociology learning found the role of women as subordination as seen in lesson plan development, teaching and learning process and teaching materials. There was a label or stereotype in the teaching and learning process and teaching materials (2) causal factor of gender bias in sociology learning were internal and external factor. Internal factors were the lack of teacher understanding about gender bias. External factors were participation, access, and learning process (3) teacher and students perceptions toward gender bias in sociology learning. Teacher perception were lack understanding of gender bias, sociology learning didn’t include gender bias. Students perception were lack understanding of gender bias, different treatment, not yet free of gender bias (4) the strategies undertaken to utilize gender bias issue as a sociology learning source were inquiry learning strategies combined with affective strategies.
keyword : gender bias, learning sociology, sociology learning sources.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha indexed by:

Crossref



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.