Interaksi Sosial Pedagang Kaki Lima Di Tengah Masyarakat Multikultur dan Potensinya Sebagai Media Pembelajaran Sosiologi di SMA

HETWIN FANTIYA ., Dr. Luh Putu Sendratari, M.Hum. ., Dr. I Ketut Margi, M.Si .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Interaksi sosial PKL (Pedagang Kaki Lima) etnis Bali dengan etnis non-Bali; (2) Interaksi sosial PKL non-Bali dengan masyarakat sekitar; (3) Interaksi sosial PKL non-Bali dengan keluarga dikampung halaman; dan (4) Aspek-aspek yang dijadikan sebagai media pembelajaran Sosiologi pada Bab Individu, Kelompok dan Hubungan Sosial. Konsep yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah tersebut yakni interaksi sosial, sektor informal, dan PKL. Pendekatan yang digunakan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian etnografi, dengan langkah: penentuan informan yang terdiri dari PKL, pembeli, tukang parkir, Ketua dagang, Ketua Lingkungan Kelurahan Banjar Tegal dan Desa Pakraman Banyuasri. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan langkah reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Interaksi sosial PKL etnis Bali dengan etnis non-Bali atas dasar kekeluargaan, kepedulian, dan persaudaraan, (2) Interaksi sosial PKL non-Bali dengan masyarakat sekitar berupa interaksi langsung dengan tujuan jual beli dan interaksi tidak langsung dalam wujud saling menjaga keamanan lingkungan, (3) Interaksi sosial PKL non-Bali dengan keluarga dikampung halaman lebih banyak dilakukan secara tidak langsung melalui Handphone karena akses tempat asal dan tempat rantauan jauh, interaksi secara langsung hanya dilakukan pada saat Hari Raya Idul Fitri dan saat ada musibah, dan (4) Aspek-aspek yang dapat dijadikan media pembelajaran Sosiologi pada kasus PKL antara lain: aktivitas berdagang, interaksi sosial, dan aktivitas sosial. Aspek ini dapat dikaitkan dengan materi pembelajaran Sosiologi SMA pada topik Individu, Kelompok dan Hubungan Sosial.
Kata Kunci : PKL, Interaksi Sosial, Media Pembelajaran

This study aimed at finding out (1) Social interaction of Balinese hawkers (street vendors) with non-Balinese ethnic groups; (2) Social interaction of non-Balinese hawkers with surrounding community; (3) Social interaction of non-Balinese hawkers with their family in the courtyard; and (4) Aspects that are used as a Sociology learning media on Individuals, Groups and Social Relations Chapter. The concept of social interaction, informal sector, and hawker were used to answer the statement problems. A qualitative descriptive approach in ethnographic research design was used in this study with several steps, namely: determining informants by including the hawker, buyers, parker, head of trade, head of neighborhood of Banjar Tegal and Banyuasri village. Data were collected through observation, interviews, and document studies. Data analysis were done through several steps, namely: reduction, display, and conclusion. The results showed (1) Social interaction of Balinese hawkers (street vendors) with non-Balinese ethnic groups on the basis of family, caring, and brotherhood; (2) Social interaction of non-Balinese hawkers with surrounding community in the form of a direct interaction could be seen from buying and selling goals and an indirect interaction could be seen from environmental security; (3) Social interaction of non-Balinese hawkers with their family in the courtyard was done indirectly through Mobile phone because of a far distance from hometown and removed area, a direct interaction was only done during Eid Al-Fitr and when a disaster occurred; and (4) Aspects that could be used as Sociology learning media in hawker cases included: trading activities, social interactions, and social activities. These aspect were related to Sociology learning material on Individuals, Groups and Social Relations topic in senior high school.
keyword : Hawkers, Social Interaction, Learning Media

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha indexed by:

Crossref



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.