PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) AMARTHA YOGA DI DESA GEROKGAK, BULELENG, BALI. (Latar Belakang, Pola Pembelajaran, Manfaat dan Kendala Pada Program Paket B)

ZAINAL ABIDIN ., Dr. Luh Putu Sendratari, M.Hum. ., Dr. Tuty Maryati,M.Pd .

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui latar belakang pembelajar memilih PKBM Amartha Yoga sebagai tempat kegiatan kejar Paket B yang setara dengan jenjang SMP. 2) Untuk memahami Pola Pembelajaran yang diterapkan pada Paket B di PKBM Amartha Yoga. 3) Untuk mengetahui manfaat dan kendala yang terdapat di PKBM Amartha Yoga dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui langkah-langkah: penentuan informan yang terdiri dari Ketua PKBM Amartha Yoga, Tutor Paket B, dan Pembelajar Paket B. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan langkah reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1) Latar belakang pembelajar memilih PKBM Amartha Yoga sebagai kegiatan kejar Paket B adalah untuk menambah pengetahuan, meningkatkan kualitas keterampilan, dan PKBM Amartha Yoga dianggap dapat menyelesaikan problematika pendidikan yang dialami oleh pembelajar. 2) Pola pembelajaran yang diterapkan di PKBM Amartha Yoga mengacu pada bentuk model atau metode pembelajaran yang diberlakukan, yaitu metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. 3) Manfaat pembelajar mengikuti pembelajaran di PKBM Amartha Yoga yaitu bertambahnya wawasan, pengetahuan, dan keterampilan. Sedangkan kendala yang dialami dalam proses pembelajaran di PKBM Amartha Yoga yaitu kendala dari personal pembelajar dan kendala dari lembaga PKBM Amartha Yoga.
Kata Kunci : Pembelajar, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Amartha Yoga, Pola Pembelajaran

Abstract
The purpose of this study is 1) To find out the background of learners choosing the PKBM Amartha Yoga as a place to pursue activities that are equivalent to the level of junior high school. 2) To understand the Learning Pattern applied to Package B at Amartha Yoga PKBM. 3) To find out the benefits and constraints found in Amartha Yoga PKBM in the learning process. This study uses a qualitative descriptive approach through the steps: the determination of the informants consisting of PKBM Chair Amartha Yoga, Package B Tutors, and Package B. Learners Data collection is done through observation, interviews, and document studies. Data analysis was performed by the steps of reduction, presentation, and conclusion. The results of the study show that 1) The background of students choosing PKBM Amartha Yoga as a pursuit of Package B is to increase knowledge, improve the quality of skills, and PKBM Amartha Yoga is considered to be able to solve the educational problems experienced by learners. 2) The learning patterns applied in the Amartha Yoga PKBM refer to the form of the model or learning method that is applied, namely the lecture, discussion and question and answer method. 3) The benefits of learners participating in learning at Amartha Yoga PKBM are increasing insight, knowledge and skills. While the obstacles experienced in the learning process at PKBM Amartha Yoga are constraints from personal learners and constraints from PKBM Amartha Yoga institutions.
keyword : Learners, Community Learning Activity Centers Amartha Yoga, Learning Patter

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha indexed by:

Crossref



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.