Pembentukan Nilai-Nilai Karakter pada Anak-Anak Panti Asuhan Narayan Seva, Kerobokan, Buleleng, Bali dalam Membangun Integrasi Sosial Di kalangan Penghuni Panti Asuhan

Ni Luh Suarmini ., Dr. Luh Putu Sendratari, M.Hum. ., Dr. Tuty Maryati,M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakter anak-anak yang tinggal di Panti Asuhan Narayan Seva, (2) mengetahui nilai-nilai karakter yang diterapkan Panti Asuhan Narayan Seva dalam membangun integrasi sosial, (3) mengetahui bentuk atau pola pendidikan karakter yang diberikan kepada anak-anak panti asuhan sebagai upaya membangun integrasi sosial. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data Deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) anak-anak yang tinggal di panti asuhan Narayan Seva memiliki dua tipe yaitu anak-anak yang baru awal tinggal di panti asuhan yang masih memiliki karakter aslinya saat masih bersama orang tuanya dan anak-anak yang sudah lama tinggal di panti asuhan yang karakternya sudah dibentuk (2) panti asuhan Narayan Seva menanamkan 9 nilai-nilai karakter yang ditananmkan untuk membentuk karakter anak-anak yang baru awal tinggal di panti asuhan Narayan Seva yaitu sikap religius, sikap jujur, sikap toleransi, sikap disiplin, sikap kerja keras dan bertanggungjawab, sikap mandiri, sikap peduli lingkungan dan sikap peduli sosial. 3) panti asuhan menggunakan beberapa bentuk atau pola yang digunakan untuk menanamkan nilai-nilai karakter dalam membangun integrasi sosial anak-anaknya yaitu: menanamkan kegiatan rapat bersama, belajar bersama, liburan bersama, yoga bersama dan berkebun bersama.
Kata Kunci : Nilai-Nilai Karakter , Panti Asuhan , Integrasi Sosial.

This study aims to: (1) find out the character of children living in Narayan Seva Orphanage, (2) to know the character values applied by the Narayan Seva Orphanage in building social integration, (3) to know the form or pattern of character education given to orphanage children as an effort to build social integration. Data collection methods used are the method of observation, interviews and document studies. Analysis of the data used is descriptive qualitative data analysis techniques. The results of the study are as follows: (1) children living in the Narayan Seva orphanage have two types, namely children who have just lived in an orphanage who still have their original character while still with their parents and old children. living in an orphanage whose character has been formed (2) the Narayan Seva orphanage instills 9 character values that are established to shape the character of children who are just beginning to live in the Narayan Seva orphanage namely religious attitudes, honesty, tolerance, discipline , attitude of hard work and responsibility, independence, environmental care and social caring attitude. 3) orphanages use several forms or patterns that are used to instill character values in building their children's social integration, namely: instilling joint meetings, joint learning, joint vacations, yoga together and joint gardening.
keyword : Character Values, Orphanages, Social Integration.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha indexed by:

Crossref



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.