KEHIDUPAN SOSIAL SEORANG ANAK YANG BERPROFESI SEBAGAI PENAMBAL BAN DI SINGARAJA BALI DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA

SRI CAHAYA PURNAMA S ., Dr. I Ketut Margi, M.Si ., I Gusti Made Arya Suta Wirawan, S.Hum., .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Latar belakang anak memilih pekerjaan sebagai penambal ban; (2) Pola kerja anak; (3) Kehidupan sosial anak; dan (4) Aspek-aspek apa saja yang terdapat dalam penelitian anak yang berprofesi sebagai penambal ban yang memiliki potensi sebagai sumber belajar sosiologi di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak di bawah umur yang bekerja sebagai penambal ban. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, teknik observasi langsung, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Latar belakang anak memilih pekerjaan sebagai penambal ban dipengaruhi oleh dua faktor yaitu, faktor keluarga dan faktor ekonomi; (2) Anak bekerja dari pukul 11.00 wita sampai pukul 01.00 wita, sedangkan pada hari libur anak bekerja dari pukul 07.00 wita sampai pukul 02.00 wita. Selama bekerja ada beberapa tahap yang dilakukan yaitu, mempersiapkan alat-alat untuk bekerja, membuka tempat tambal ban, serta menutup dan membereskan alat-alat kerja; (3) Kehidupan sosial anak yang berprofesi sebagai penambal ban yaitu, (a) Kehidupan sosial di Sekolah, anak sering melanggar tata tertib sekolah dan tidak memiliki hubungan baik dengan guru; (b) Kehidupan sosial di Tempat tinggal, kurangnya interaksi anak dalam mengikuti kegiatan kompleks seperti pengajian dan gotong-royong; (c) Kehidupan sosial di Keluarga, anak yang berprofesi sebagai penambal ban termasuk anak yang penurut dan peduli dengan keluarga; dan (d) Kehidupan sosial di Tempat kerja, anak yang berprofesi sebagai penambal ban tidak pilih kasih dalam berteman; (4) Aspek-aspek anak yang berprofesi sebagai penambal ban yang berpotensi sebagai sumber belajar sosiologi di SMA terdapat dalam tiga aspek yaitu ranah afektif, ranah kognitif, dan ranah psikomotor.
Kata Kunci : Anak, Pola kerja, Kehidupan sosial, dan Potensi sumber belajar

This study aimed to determine (1) the background of the children choosing a job as a tire patcher; (2) Children’s work pattern; (3) social life of children; and (4) What aspects are found in the research of tire patcher children who have the potential as sociology learning resources in high school. The method used in this study was a qualitative method. The subjects of this study were minors who worked as tire patcher. Data collection techniques used were direct observation techniques, interviews, and document studies. The results showed that (1) the background of the children choosing a job as a tire patcher is influenced by two factors, namely, family factors and economic factors; (2) The children work from 11:00 a.m. until 01:00 p.m., while on the day off the children work from 7:00 a.m. to 2:00 p.m. During the work there are several stages that were carried out, namely, preparing tools for work, opening tire patches, and closing and cleaning work tools; (3) Tire patchers children’s social life, namely, (a) Social life in schools, children often break school rules and do not have good relations with teachers; (b) Social life in the place of residence, lack of interaction between children in following complex activities such as recitation and mutual cooperation; (c) Social life in the family, tire patcher children belong to obedient and caring children; and (d) social life at the workplace, tire patcher children are not favoritism in making friends; (4) Aspects of tire patcher childrean that had the potential as a source of learning sociology in high school are three, namely the affective domain, cognitive domain, and psychomotor domain.
keyword : Children, Work patterns, Social life, and Potential learning resources

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha indexed by:

Crossref



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.