STUDI KEBERTAHANAN IDENTITAS ETNIK BUGIS DALAM MASYARAKAT MULTIKULTURAL DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA (Di Kelurahan Kampung Bugis, Kabupaten Buleleng, Bali)

VINA AZURA ., Dr. I Wayan Mudana,M.Si. ., Dr. I Ketut Margi, M.Si .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Identitas etnik Bugis yang masih bertahan dalam kehidupan masyarakat multikultural di Kelurahan Kampung Bugis, Kabupaten Buleleng, Bali; (2) Alasan-alasan identitas etnik Bugis dipertahankan dalam kehidupan masyarakat multikultural di Kelurahan Kampung Bugis, Kabupaten Buleleng, Bali; (3) Sistem sosialisasi yang digunakan untuk mempertahankan identitas etnik Bugis dalam kehidupan masyarakat multikultural di Kelurahan Kampung Bugis, Kabupaten Buleleng, Bali; dan (4) Aspek-aspek kebertahanan identitas etnik Bugis dalam kehidupan masyarakat multikultural yang memiliki potensi sebagai sumber belajar sosiologi di SMA. Konsep yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah tersebut yakni identitas etnik, teori struktural fungsional, sistem sosialisasi dan masyarakat multikultural. Pendekatan yang digunakan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan langkah: penentuan informan yang terdiri dari orang Bugis ataupun keturunannya, kepala kelurahan Kampung Bugis, ketua organisasi Kerukunan Keluarga Sulawesi (KKS). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan langkah pengorganisasian data, reduksi, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Identitas etnik Bugis telah banyak mengalami perubahan atas dasar modernisasi, (2) Identitas etnik Bugis dipertahankan dengan tujuan terciptanya keharmonisan sosial dengan menjaga budaya dan adat istiadat yang telah diwariskan secara turun temurun, (3) Sistem sosialisasi lebih banyak dilakukan dengan cara mandiri dengan kesiapan mental setiap individu dalam masyarakat, dan (4) Aspek-aspek yang dapat dijadikan suplemen pembelajaran Sosiologi pada kasus kebertahanan identitas etnik Bugis dalam kehidupan masyarakat multikultural antara lain: masyarakat multikultural, toleransi, dan aktivitas sosial. Aspek ini dapat dikaitkan dengan materi pembelajaran Sosiologi SMA pada topik Perbedaan, Kesetaraan dan Harmoni Sosial.
Kata Kunci : Identitas Etnik, Masyarakat Multikultural, Suplemen Pembelajaran

This study aimed to find out (1) Bugis ethnic identity which still survives in the lives of multicultural communities in Kampung Bugis Village, Buleleng Regency, Bali; (2) The reasons for Bugis ethnic identity are maintained in the lives of multicultural communities in Kampung Bugis Village, Buleleng Regency, Bali; (3) The socialization system used to maintain Bugis ethnic identity in the lives of multicultural communities in Kampung Bugis Village, Buleleng Regency, Bali; and (4) The aspects of the survival of Bugis ethnic identity in the life of a multicultural society which has the potential as a source of sociology learning in high school. The concept used to answer the problems of study named ethnic identity, functional structural theory, socialization system and multicultural society. The approach used was a qualitative descriptive approach which following several steps as follows: determining informants consisting of Bugis people or their descendants, head of the Bugis Village, chairman of the Sulawesi Family Harmony Organization. Data collection was done through observation, interviews, and document studies. Data analysis was done by following steps as follows: organizing data, reduction, and conclusions. The results showed (1) Bugis ethnic identity has undergone many changes on the basis of modernization; (2) Bugis ethnic identity is maintained with the aim of creating social harmony by maintaining the culture and customs which have been passed down from generation to generation; (3) There are more socialization systems independently by the mental readiness of each individual in the community; and (4) The aspects that can be used as a supplement for Sociology learning in the case of Bugis ethnic identity in the lives of multicultural communities as follows: multicultural society, tolerance and social activities. This aspect can be related to SMA Sociology learning material on the topic of Differences, Equality and Social Harmony.
keyword : ethnic identity, multicultural communities, supplement learning

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha indexed by:

Crossref



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.