POLA INTERAKSI SANTRI PONDOK PESANTREN HIDAYAHTULLAH DI PERUMAHAN JALAK PUTIH SINGARAJA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI

WATTINI ., Dr. I Wayan Mudana,M.Si. ., Dr. I Ketut Margi, M.Si .

Abstract


Tujuan Penelitian ini (1.) Untuk mengetahui pola interaksi antar santri, santri dengan Kyai/ustadz Pondok Pesantren Hidayahtullah di Perumahan Jalak Putih Kota Singaraja Buleleng Bali, (2.) Untuk mengetahui pola interaksi santri dengan masyarakat sekitar Pondok Pesantren Hidayahtullah di Perumahan Jalak Putih Kota Singaraja Buleleng Bali, (3.) Untuk mengetahui aspek-aspek apa saja dari pola interaksi sosial santri Pondok Pesantren Hidayahtullah di Perumahan Jalak Putih Kota Singaraja Buleleng Bali yang dapat di jadikan media pembelajaran sosiologi di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan jenis penelitian etnografi dan mengumpulkan data melalui metode observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik penjaminan data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pola interaksi sosial santri Pondok Pesantren Hidayahtullah di tengah masyarakat multikultur di Perumahan Jalak Putih Singaraja Buleleng Bali adalah: Pertama. Pola interaksi asosiatif antar santri yang meliputi individu dengan individu, individu dengan kelompok. Santri dengan kyai/ustadz dan santri dengan masyarakat sekitar yang di tandai dengan adanya kerjasama untuk memenuhi kepentingan masing-masing sebagai mahluk sosial. Kedua. Pola interaksi sosial dissosiatif antar kelompok yang ditandai dengan perasaan tidak suka yang disembunyikan, biasa di sebut dengan kontravensi yang bisa berakhir dengan konflik. Ketiga. Aspek-aspek yang di gunakan sebagai media pembelajaran adalah aspek pola interaksi sosial (asosiatif dan dissosiatif) dan aspek pola interaksi santri Pondok Pesantren Hidayahtulllah untuk menghasilkan media pembelajaran berupa video yang sesuai dengan pengembangan Kopentensi Dasar (KD) mata pelajaran sosiologi kelas X bab individu, kelompok dan hubungan sosial.
Kata Kunci : Interaksi Sosial, Pondok Pesantren, Multikultur

The purpose of this study (1.) To determine the pattern of interaction between students, students with Kyai / Ustadz of the Hidayahtullah Islamic Boarding School in the Jalak Putih Housing City of Singaraja, Buleleng Bali, (2.) To find out the patterns of interaction between students and the community around the Hidayahtullah Islamic Boarding School in the Jalak Putih Housing Singaraja City Buleleng Bali, (3.) To find out any aspects of the pattern of social interaction of the Hidayahtullah Islamic Boarding School students at the Jalak Putih Housing in Singaraja Buleleng, Bali which can be used as learning media for sociology in high school. This study uses a qualitative descriptive approach, with types of ethnographic research and collecting data through methods of observation, interviews, and documents. Data assurance techniques through data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. While to check the validity of the data using technical triangulation and source triangulation. The results of this study indicate that the pattern of social interaction of the Islamic boarding school students of Hidayahtullah Islamic boarding school in the middle of a multicultural society in the Jalak Putih Housing in Singaraja Buleleng Bali are: First. Associative interaction patterns between santri which include individuals with individuals, individuals with groups. Santri with kyai / ustadz and santri with the surrounding community which is marked by the existence of cooperation to fulfill their respective interests as social beings. Second. The pattern of dissociative social interaction between groups which is characterized by a feeling of dislike that is hidden, is usually called contravention which can end in conflict. Third. The aspects that are used as learning media are aspects of social interaction patterns (associative and dissociative) and aspects of the interaction patterns of Hidayahtullah Islamic boarding school students to produce video learning media in accordance with the development of Sociology Basic Classes (KD) individual chapter, groups and social relations.
keyword : Social Interaction, Islamic Boarding School, Multicultural

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha indexed by:

Crossref



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.