PERANAN SANKSI MAYAH DOSA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA ORGANISASI SEKAA TERUNA GANGGA TEMAJA BANJAR DEN-YEH, DESA PEGUYANGAN KAJA, KECAMATAN DENPASAR UTARA DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 8 DENPASAR

I GUSTI AGUNG ANGGA ., Dr. Tuty Maryati,M.Pd ., I Gusti Made Arya Suta Wirawan, S.Hum., .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Mengapa diperlukan sanksi Mayah dosa, (2) Bagaiamana pengelolaan sistem sanksi Mayah dosa dalam meningkatkan partisipasi anggota Sekaa teruna, (3) Dampak dari penerapan sanksi Mayah dosa yang diterapkan untuk meningkatkan partisipasi anggota ST.Gangga Temaja Banjar Den-Yeh, (4) Aspek-aspek yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar Sosiologi di SMA N 8 Denpasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Diperlukannya sanksi Mayah dosa untuk memberikan efek jera bagi apara anggota, memberikan rasa malu bagi para anggota, (2) Pengelolaan sistem sanksi Mayah dosa, baik dalam pengenaan pungutan uang dan penggunaan hasil dari pungutan uang yakni digunakan dalam rangka hari raya Nyepi, PORDES dan HUT- ST. Gangga Temaja, (3) Dampak dari penerapan sanksi Mayah dosa yang diterapkan ST. Gangga Temaja Banjar Den-Yeh yakni ada dampak positif dan dampak negatif, (4) Potensi sebagai sumber belajar terlihat dari empat analisis aspek yang meliputi: kurikulum 2013, silabus sosiologi SMA N 8 Denpasar dan alternatif RPP yang bisa digunakan di SMA N 8 Denpasar
Kata Kunci : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Mengapa diperlukan sanksi Mayah dosa, (2) Bagaiamana pengelolaan sistem sanksi Mayah dosa dalam meningkatkan partisipasi anggota Sekaa teruna, (3) Dampak dari penerapan sanksi Mayah dosa yang diterapkan untuk meningkatkan partisipasi anggota ST.Gangga Temaja Banjar Den-Yeh, (4) Aspek-aspek yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar Sosiologi di SMA N 8 Denpasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Diperlukannya sanksi Mayah dosa untuk memberikan efek jera bagi apara anggota, memberikan rasa malu bagi para anggota, (2) Pengelolaan sistem sanksi Mayah dosa, baik dalam pengenaan pungutan uang dan penggunaan hasil dari pungutan uang yakni digunakan dalam rangka hari raya Nyepi, PORDES dan HUT- ST. Gangga Temaja, (3) Dampak dari penerapan sanksi Mayah dosa yang diterapkan ST. Gangga Temaja Banjar Den-Yeh yakni ada dampak positif dan dampak negatif, (4) Potensi sebagai sumber belajar terlihat dari empat analisis aspek yang meliputi: kurikulum 2013, silabus sosiologi SMA N 8 Denpasar dan alternatif RPP yang bisa digunakan di SMA N 8 Denpasar

This study was aimed to reveal (1) Why the punishment of Mayah dosa is necessary, (2) How to manage punishment system of Mayah dosa in increasing number of participation in Sekaa teruna organization, (3) The impact of applying Mayah dosa punishment to increase the number of participation in ST. Gangga Temaja Banjar Den-Yeh, (4) Aspects that can be used as a resource of learning Sociology at SMA N 8 Denpasar. The method used in this study was a qualitative research method. The results showed that, (1) Punishment of Mayah dosa is necessary due to deterrent effect to members of the organization, giving shame to those members (2) In managing punishment system of Mayah dosa, both in imposition of money collection and the use of the collected money, is based on the important events such as Nyepi, PORDES and HUT-ST. Gangga Temaja, (3) The impact of the application of Mayah dosa punishment applied by ST. Gangga Temaja Banjar Den-Yeh resulted positive and negative impacts, (4) Potential as a learning resource can be seen from four aspects of analysis which include: 2013 curriculum, sociology syllabus of SMA N 8 Denpasar and alternative lesson plan that can be used in SMA N 8 Denpasar.
keyword : Mayah dosa, Punishment, Sekaa teruna, Sociology Learning Resource

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha indexed by:

Crossref



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.