POLA INTERAKSI SOSIAL GURU DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS XI PADA SEKOLAH LUAR BIASA C NEGERI 2 BULELENG,BALI

Ni Putu Erna Sri Darmadi ., Dr. I Ketut Margi, M.Si ., Dr. Tuty Maryati,M.Pd .

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui pola interaksi sosial guru dengan anak berkebutuhan khusus, (2) Mengetahui kendala pada pola interaksi sosial guru dengan anak berkebutuhan khusus, (3) Mengetahui solusi dalam mengatasi kendala pada pola interaksi sosial guru dengan anak berkebutuhan khusus di kelas XI pada Sekolah Luar Biasa C Negeri 2 Buleleng, Bali. Dalam penelitian ini, menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumen. Subyek penelitian ini adalah guru yang tidak memiliki kualifikasi penanganan anak berkebutuhan khusus dan peserta didik di kelas XI pada SMA LB C Negeri 2 Buleleng.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) pola interaksi sosial yang diterapkan oleh guru di Sekolah Luar Biasa C Negeri 2 Buleleng ialah sebagian besar menggunakan interaksi satu arah, dengan pelayanan yang berbeda-beda tergantung kebutuhan khusus yang disandang oleh peserta didik. (2) kendala yang dihadapi oleh guru ialah pola interaksi sosial dengan anak berkebutuhan khusus beagam yang terdapat pada kelas XI dengan guru yang tidak memiliki kualifikasi penanganan anak berkebutuhan khusus, (3) solusi yang dilakukan oleh guru ialah dengan mengikuti pelatihan mengajar anak berkebutuhan khusus yang diselenggarakan oleh pemerintah dan mengajar tidak sesuai dengan tuntutan kurikulum yang ada. Dengan demikian dapat disumpulkan bahwa pola interaksi sosial yang diterapkan ialah pola individu dengan individu atau pola interaksi satu arah, dengan pelayanan yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan khusus yang disandangnya

Kata Kunci : Kata kunci: interaksi,guru non-kualifikasi, anak berkebutuhan khusus

The purpose of this study is to (1) Know the pattern of teacher social interaction with children with special needs, (2) Knowing the constraints on the pattern of teacher social interaction with children with special needs, (3) Knowing solutions to overcome obstacles in the pattern of teacher social interaction with children with special needs in class XI at the Buleleng Special School C Negeri 2, Bali. In this study, using descriptive qualitative methods with data collection methods using observation, interviews and document studies. The subjects of this study were teachers who did not have the qualifications to handle children with special needs and students in class XI at Buleleng LB C Negeri 2 High School.
The results of the study show: (1) the pattern of social interaction applied by teachers in Buleleng Special School C Negeri 2 is that most use one-way interaction, with different services depending on the specific needs carried by the students. (2) the obstacle faced by teachers is the pattern of social interaction with children with special needs in the variety found in class XI with teachers who do not have the qualifications to handle children with special needs, (3) the solution taken by the teacher is by teaching training for children with special needs organized by the government and teaching is not in accordance with the demands of the existing curriculum. Thus it can be concluded that the patterns of social interaction applied are individual patterns with individuals or one-way interaction patterns, with different services according to the specific needs they carry.

keyword : Kaywords: Interaction, non-qualified teachers, children with special needs

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha indexed by:

Crossref



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.