Bias Gender dalam Pendidikan (Studi Kasus Pembelajaran Sosiologi Kelas XI dan Potensinya sebagai Sumber Belajar Sosiologi di MAN 1 Buleleng)

Authors

  • Gita Juliana Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Sendratari Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Sosiologi
  • Tuty Maryati Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpsu.v1i1.26663

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bentuk-bentuk bias gender dalam pembelajaran sosiologi
kelas XI, (2) faktor penyebab bias gender dalam pembelajaran sosiologi kelas XI, (3) persepsi guru
sosiologi dan peserta didik mengenai bias gender dalam pembelajaran sosiologi kelas XI, dan (4) strategi
yang dilakukan untuk dimanfaatkannya isu bias gender sebagai sumber belajar sosiologi kelas XI. Jenis
penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di MAN 1 Buleleng. Landasan teori
yang digunakan yaitu konsep bias gender, konsep faktor penyebab bias gender, konsep persepsi dan
konsep strategi pembelajaran. Teknik penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling.
Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian
menunjukan (1) bentuk bias gender dalam pembelajaran sosiologi ditemukan adanya penempatan
perempuan sebagai subordinasi yang terlihat dalam pengembangan RPP, proses belajar mengajar dan
bahan ajar. Adanya pelabelan atau stereotip yang terlihat dalam proses belajar mengajar dan bahan ajar;
(2) faktor penyebab bias gender dalam pembelajaran sosiologi ialah faktor internal dan eksternal. Faktor
internal yaitu ketidakpahaman guru tentang bias gender. Faktor eksternal yaitu partisipasi, akses, dan
proses pembelajaran. (3) persepsi guru dan peserta didik terhadap bias gender dalam pembelajaran
sosiologi. Persepsi guru yaitu tidak paham bias gender, pembelajaran sosiologi bebas dari bias gender.
Persepsi peserta didik yaitu tidak paham bias gender, perlakuan yang berbeda, belum bebas dari bias
gender. (4) strategi yang dilakukan untuk dimanfaatkannya isu bias gender sebagai sumber belajar
sosiologi ialah strategi pembelajaran inkuiri yang dikombinasikan dengan strategi afektif.
Kata kunci: bias gender, pembelajaran sosiologi, sumber belajar sosiologi.

Downloads

Published

2020-08-04