POLA PEMBELAJARAN DAN KENDALANYA PADA PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET B DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) LESTARI GEROKGAK, BULELENG, BALI

Authors

  • Aris Wibowo Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Sendratari Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Made Arya Sutha Wirawan Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpsu.v1i1.26665

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Faktor warga belajar yang putus sekolah menempuh
jenjang pendidikan program kesetaraan paket B di PKBM Lestari Gerokgak, Buleleng, Bali, (2) Pola
pembelajaran program kesetaraan paket B di PKBM Lestari Gerokgak, Buleleng, Bali, (3) Kendala yang
dihadapi pada pembelajaran kesetaraan paket B di PKBM Lestari Gerokgak, Buleleng, Bali. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan lokasi penelitian di kantor
PKBM Lestari Gerokgak, Buleleng, Bali. Teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi,
wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Tiga faktor warga belajar
yang putus sekolah menempuh jenjang pendidikan pada program kesetaraan paket B di PKBM Lestari
yaitu disebabkan oleh faktor kesadaran dan keinginan peserta didikmenempuh jenjang
pendidikankesetaraan paket B di PKBM Lestari, kesadaran dan keinginan orang tua untuk anaknya, dan
adanya sosialisasi dan peranan PKBM Lestari, (2) Dua pola pembelajaran pada program kesetaraan
paket B di PKBM Lestari menggunakan Pola Pembelajaran di dalamkelas dan pembelajaran di luar
kelas. Pola Pembelajaran di dalam kelas dilakukandengan memanfaatkan guru dan media sebagai
fasilitator untuk menunjang keberhasilan kegiatan pebelajaran mata pelajaran IPS,serta Pola
pembelajaran di luar kelasdilakukan dengan memanfaatkan guru dan media sebagai fasilitator untuk
melatih keterampilan warga belajar dalam pembuatan kerupuk dari rumput laut dengan tujuan melatih
keterampilan peserta didik dalam tuntutan dunia kerja, (3) Tujuh kendala yang dihadapi pada
pembelajaran kesetaraan paket B di PKBM Lestari seperti usia yang berbeda, aktifitas di luar kelas yang
berbeda, manajemen waktu, tenaga pendidik atau tutor terbatas, motivasi belajar peserta didik rendah,
hambatan dalam belajar komputer, tidak memilikitempat belajar yang otonom.
Kata kunci: PKBM, Kesetaraan Paket B, Pola Pembelajaran, Kendala Pembelajaran.

Downloads

Published

2020-08-04