NYUNGSUNG DEWA JELEME PADA PURA KONCO DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA JURUSAN IPS (STUDI KASUS DI DESA ADAT KAYUPUTIH, BANJAR, BULELENG, BALI)

Authors

  • Kadek Gita Cahyani Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nengah Bawa Atmadja Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Mudana Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpsu.v1i1.26667

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui : (1) latar belakang masyarakat Desa Adat
Kayuputih mendirikan pura yang memuja Dewa Jeleme yang berbentuk Konco, (2)
sistem ritual dalam konteks pemujaan Dewa Jeleme di Pura Konco, (3) nilai karakter
yang terdapat dalam pemujaan Dewa Jeleme pada Pura Konco yang bisa diaplikasikan
dalam pembelajaran Sosiologi di SMA. Metode penelitian menggunakan pendekatan
kualitatif: (1) penentuan lokasi penelitian; (2) penentuan informan; (3) pengumpulan data
mengunakan observasi, wawancara dan studi dokumen; (4) penjaminan keabsahan data;
(5) analisis data. Hasil penelitian menunjukan: latar belakang berdirinya Pura Konco ada
enam faktor : kepercayaan akan penyakit, menetralisir perasaan berdosa, memperkuat
solidaritas keluarga, memiliki fungsi ekonomis, estetika dan etika, Pura Konco berdiri
pada tahun 1939 di Desa Adat Kayuputih. Ritual di Pura Konco dilakukan pada satu hari
sebelum Tilem atau dua hari sebelum Tahun Baru Imlek, dan satu hari sebelum Purnama
atau Cap Go Meh. Sarana persembahyangan di Pura Konco berupa masakan, buah,
jajan, minuman, banten dan dupa. Upacara persembahayangan di pimpin oleh
Pemangku yang berasal dari keluarga yang membunuh. Nilai karakter di Pura Konco
yang diaplikasikan kedalam pembelajaran Sosiologi di SMA : Nilai Religius, Jujur,
Toleransi, Kreatif, Komunikatif, Cinta Damai, Peduli Sosial, dan Tanggung Jawab.
Kata Kunci: Dewa Jeleme, Pura Konco, Latar Belakang, Sistem Ritual, Nilai-Nilai
Karakter

References

Ibrahim. 2015. Metodeologi penelitian

kualitatif (panduan penelitian

beserta contoh dan proposal

kualitatif). Indonesia:

Pontianak.

Kuniawan, Syamsul. 2016. Pendidikan

Karakter, Konsepsi Dan

Implementasinya Secara

Terpadu Di Lingkungan

Keluarga, Sekolah, Perguruan

Tinggi, Dan Masyarakat.

Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Pratiwi, Anita Eka. 2014. Pengembangan

Buku Suplemen Kimia

Berorientasi SAINS Teknologi

Masyarakat (STM) Pada Materi

Koloid. Jakarta : Universitas

Islam Negeri Syarif

Hidayatuliah. (Diakses Pada

Tanggal 11 Januari 2018)

Suartana, I Ketut. 2014. Identifikasi Situa

Siwa Budha di Pura

Pengulingan Desa Pakraman

Manukaya Tampaksiring,

Gianyar, sebagai sumber belajar sejarah di SMA. (tidak

diterbitkan). Singaraja :

Universitas Pendidikan

Ganesha.

Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian

Pendidikan (Kompetensi Dan

Praktiknya). Jakarta : PT Bumi

Aksara.

Published

2020-08-04