INTERAKSI SOSIAL PEDAGANG KAKI LIMA DI TENGAH MASYARAKAT MULTIKULTUR DAN POTENSINYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA

Authors

  • Hetwin Fantiya Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Sendratari Program Studi Pendidikan Ganesha, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Margi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpsu.v1i1.26671

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Interaksi sosial PKL (Pedagang Kaki Lima) etnis
Bali dengan etnis non-Bali; (2) Interaksi sosial PKL non-Bali dengan masyarakat sekitar; (3)
Interaksi sosial PKL non-Bali dengan keluarga dikampung halaman; dan (4) Aspek-aspek yang
dijadikan sebagai media pembelajaran Sosiologi pada Bab Individu, Kelompok dan Hubungan
Sosial. Konsep yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah tersebut yakni interaksi
sosial, sektor informal, dan PKL. Pendekatan yang digunakan menggunakan pendekatan
deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian etnografi, dengan langkah: penentuan informan yang
terdiri dari PKL, pembeli, tukang parkir, Ketua dagang, Ketua Lingkungan Kelurahan Banjar
Tegal dan Desa Pakraman Banyuasri. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi,
wawancara, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan langkah reduksi, penyajian,
dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Interaksi sosial PKL etnis Bali dengan etnis
non-Bali atas dasar kekeluargaan, kepedulian, dan persaudaraan, (2) Interaksi sosial PKL non-
Bali dengan masyarakat sekitar berupa interaksi langsung dengan tujuan jual beli dan interaksi
tidak langsung dalam wujud saling menjaga keamanan lingkungan, (3) Interaksi sosial PKL
non-Bali dengan keluarga dikampung halaman lebih banyak dilakukan secara tidak langsung
melalui Handphone karena akses tempat asal dan tempat rantauan jauh, interaksi secara
langsung hanya dilakukan pada saat Hari Raya Idul Fitri dan saat ada musibah, dan (4) Aspekaspek
yang dapat dijadikan media pembelajaran Sosiologi pada kasus PKL antara lain:
aktivitas berdagang, interaksi sosial, dan aktivitas sosial. Aspek ini dapat dikaitkan dengan
materi pembelajaran Sosiologi SMA pada topik Individu, Kelompok dan Hubungan Sosial.
Kata Kunci: PKL, Interaksi Sosial, Media Pembelajaran

References

Arsyad, Azhar. 2011. Media

Pembelajaran. Jakarta: Rajawali

Pers.

Ginting, Salmina W. 2004. Pengaruh Kaki

Lima Terhadap Jumlah

Pengunjung Taman Kota di

Medan. Jurnal Teknik Simetrika.

Vo. 3 No.3, Th. 2004 (hlm. 204)

(diakses pada tanggal 18 Juni

.

Irhandayaningsih, Ana. 2012. Kajian

Filosofis Terhadap

Multikulturalisme Indonesia.

Terletak di

https://ejournal.undip.ac.id/index.p

hp/humanika/article/view/3988/366

(diakses pada tanggal 27

Februari 2018).

Ismanidar, dkk. 2016. Persepsi

Masyarakat Terhadap Pedagang

Kaki Lima Di Kota Banda Aceh.

Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Pendidikan Kewarganegaraan

Unsyiah. Vol. 1 Nomor 1:147-157,

Th. 2016 (hlm. 151) (diakses pada

tanggal 3 Maret 2018).

Mudana, Wayan. 2015. Sosiologi

Antropologi Pembangunan.

Yogyakarta: Graha Ilmu.

Simanjuntak, Payaman J. 2001.

Pengantar Ekonomi Sumber Daya

Manusia. LPFE UI, Jakarta.

Soekanto, Soerjono dan Budi Sulistyowati.

Sosiologi Suatu Pengantar.

Jakarta: PT. Raja Grafindo

Persada.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian

Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sutopo.H.B. 2006. Metodelogi Penelitian

Kualitatif Dasar Teori dan

Terapannya dalam Penelitian.

Surakarta: Universitas Sebelas

Maret.

Downloads

Published

2020-08-04