PERANAN LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT (LSM) YAYASAN CITRA USADHA INDONESIA (YCUI) DALAM PENDAMPINGAN PENGIDAP HIV/AIDS DI BULELENG, BALI (POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA N 2 BANJAR)

Authors

  • Husnul Khuluq Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendiidkan Ganesha
  • Tuty Maryati Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Made Arya Sutha Wirawan Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpsu.v1i1.26672

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Latar belakang Yayasan Citra Usadha
Indonesia (YCUI) melakukan upaya pendampingan pengidap HIV/AIDS, (2) Model
pendampingan pengidap HIV/AIDS di Buleleng oleh YCUI Buleleng, (3) Potensi YCUI Buleleng
sebagai sumber belajar sosiologi di SMA N 2 Banjar. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan lokasi penelitian di kantor YCUI Buleleng Desa
Kaliasem, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng. Teknik pengambilan data menggunakan
teknik observasi, wawancara, studi dokumen dan validasi data. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa, (1) Upaya pendampingan dilakukan karena terdapat peningkatan pengidap dan
tingginya resiko penularan HIV/AIDS di Buleleng pada pemuda pekerja pariwisata dikarenakan
penanganan hanya dilakukan secara medis (2) Model pendampingan pengidap HIV/AIDS yang
dilakukan adalah pemdampingan individu, kelompok dan Desa asal ODHA, (3) Aspek yang
dijadikan sebagai sumber belajar sosiologi di SMA N 2 Banjar adalah Lembaga Sosial dan
terdapat pada kelas X IIS seperti yang sudah dimuat dalam SK dan KD pada kurikulum 2013.
Kata kunci: Penanganan HIV/AIDS, Peranan YCUI Buleleng, Potensi YCUI Buleleng Sebagai
Sumber Belajar Sosiologi

References

Sumber Buku:

Nurhadi dkk. 2004. Pembelajaran

Kontekstual dan Penerapan dalam

KBK. Malang: Universitas Negeri

Malang (UM Prees).

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan

Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta:

Kenacana Prenada Media Group.

Sudaryono. 2012. Dasar-dasar Evaluasi

Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sutopo, H.B. 2006. Metodologi Penelitian

Kualitatif: Dasar Teori dan Terapanya

Dalam Penelitian. Edisi 2. Surakarta:

Universitas Sebelas Maret.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian

Pendidikan Kompetensi dan Praktinya.

Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sumber Jurnal:

Haerana, Titi dan Muslimah. (2015).

“Hubungan Pengetahuan, Sikap,

Motivasi dan Peran Petugas LSM

terhadap Perilaku Pencegahan

HIV/AIDS pada Komunitas GWL

Jambi”. Jurnal Kesehatan

Masyarakat, Vol.1, No.2 Agustus

Sumber Skripsi:

Pramanda, Arief Sigit. 2011. “Peran Dinas

Kesehatan, LSM Mitra Alam, dan Kds

Solo Plus dalam Memberi Perawatan

Terhadap ODHA (Orang Dengan

HIV/AIDS) Akibat Penggunaan

Narkoba Jenis Putaw di Kota

Surakarta”. Skripsi. Surakarta:

Universitas Sebelas Maret.

Roidatunisa. (2015). “Peranan World Health

Organization (Who) Melalui HIV/AIDS

Di Indonesia (2001-2006)”. Skripsi.

Bandung: Unikom.

Sumber Resmi:

Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah

Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA).

Jakarta: Kementrian Pendidikan dan

Kebudayaan.

Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Sekolah

Menengah Atas/Madrasah Aliyah.

Kementrian Pendidikan dan

Kebudayaan 2013

Undang-undang Republik Indonesia Nomor

Tahun 2003.

https://kemenag.go.id/file/dokumen/U

U2003.pdf. Diakses 16 Desember

Sumber Internet:

Dika, Ngurah. Pengertian Usada Dan

Balian. https://ngurahdhika.

blogspot.com/2012/01/pengertia

n-usada-dan-balian.html. Diakses

Jumat 19 Juli 2019 pukul 23.24 WITA

Kamus Bahasa Indonesia Daring.

https://kbbi.kemdikbud.go.id/, Diakses

Jumat 19 Juli 2019 pukul 23.20 WITA

--------. 2016. “Sampai Bulan November

, 2.706 Kasus HIV/AIDS di

Buleleng”.

https://kliksingaraja.com/2016/12/sam

pai-bulan-november-2016-2-706-

kasus-hivaids-di-buleleng/. Diakses

Desember 2017.

-------. “Yayasan Citra Usadha

Indonesia”.https://AIDSbuleleng.wordpress.com/jejaring-kpa/lsm/ycui/.

Diakses 16 Desember 2017.

Downloads

Published

2020-08-04