POLA INTERAKSI SANTRI PONDOK PESANTREN HIDAYAHTULLAH DI PERUMAHAN JALAK PUTIH SINGARAJA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI

Authors

  • Wattini Wattini Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Mudana Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Margi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpsu.v1i2.26686

Abstract

Tujuan Penelitian ini (1.) Untuk mengetahui pola interaksiantar santri, santri dengan Kyai/ustadz Pondok Pesantren Hidayahtullah di Perumahan Jalak Putih Kota Singaraja Buleleng Bali, (2.) Untuk mengetahui pola interaksi santri dengan masyarakat sekitar Pondok Pesantren Hidayahtullah di Perumahan Jalak Putih Kota Singaraja Buleleng Bali, (3.) Untuk mengetahui aspek-aspek apa saja dari pola interaksi sosial santri Pondok Pesantren Hidayahtullah di Perumahan Jalak Putih Kota Singaraja Buleleng Bali yang dapat di jadikan media pembelajaran sosiologi di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan jenis penelitian etnografi dan mengumpulkan data melalui metode observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik penjaminan data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pola interaksi sosial santri Pondok Pesantren Hidayahtullah di tengah masyarakat multikultur di Perumahan Jalak Putih Singaraja Buleleng Bali adalah: Pertama. Pola interaksi asosiatif antar santri yang meliputi individu dengan individu, individu dengan kelompok. Santri dengan kyai/ustadz dan santri dengan masyarakat sekitar yang di tandai dengan adanya kerjasama untuk memenuhi kepentingan masing-masing sebagai mahluk sosial. Kedua. Pola interaksi sosial dissosiatif antarkelompok yang ditandai dengan perasaan tidak suka yang disembunyikan, biasa di sebut dengan kontravensi yang bisa berakhir dengan konflik. Ketiga. Aspek-aspek yang di gunakan sebagai media pembelajaran adalah aspek pola interaksi sosial (asosiatif dan dissosiatif) dan aspek pola interaksi santri Pondok Pesantren Hidayahtulllah untuk menghasilkan media pembelajaran berupa video yang sesuai dengan pengembangan Kopentensi Dasar (KD) mata pelajaran sosiologi kelas X bab individu, kelompok dan hubungan sosial.

Kata Kunci: Interaksi Sosial, Pondok Pesantren, Multikultur

References

Diana, Nina. (2016). Islam Masuk ke Bali dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Islam di Bali.Jurnal TAMADDUN. Vol. 4 Edisi 2, Juli-Desember 2016. (Hal 49). (diakses pada tanggal 12 Desember 2017).

Hartono, Rudi. (2016). Pola Komunikasi Di Pesantren : Studi Tentang Model Komunikasi Antara Kyai, Ustadz, dan Santri Di Pondok Pesantren TMI Al-Amien Prenduan. Jurnal Dakwah dan Komunikasi Al-Balaqah . Vol. 1, No. 1, Januari-Juni 2016. (hlm 70 dan 82). (diakses pada tanggal 08 Mei 2018).Handoyo, Eko. 2015. Study Masyarakat Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Imam, Sujarwanto. (2012). Interaksi Sosial Antar Umat Beragama (Studi Kasus Pada Masyarakat Karangmalang Kedungbanteng Kabupaten Tegal). Jurnal Studi

Sosial Pendidikan. Vol 1 No 2, November 2012. (Hal 61). (diakses pada tanggal 17 April 2018).

Joko, Sujana dan Rustono Farady Marta. (2017). Etnografi Komunikasi Pada Tiga Generasi Anggota Perkumpulan Marga Ang Di Bagansiapi-Api. Jurnal Komunikatif Vol.6 Nomor 1, Thn. 2017 (hlm 53). (diakses pada tanggal 20 Juli 2018).Muhakamurrohman, Ahmad. (2014). Pesantren : Santri, Kyai dan Tradisi. Jurnal Kebudayaan Islam. Vol. 12 No. 2, Juli-Desember 2014. (Hal 111 dan 112). (diakses pada tanggal 15 April 2018).

Minan, Jeni. (2017). Kekuasaan dan Masyarakat Multikultur di Indonesia. Jurnal (KAPenda) Kajian Administrasi Pemerintah Daerah. Vol. 10 No. 6, Maret 2017. (Hal 3). (diakses pada tanggal 15 April 2018).

Purwono, Joni dkk. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 2 No.2 April2014. (Hal 127). (diakses pada tanggal 16 April 2018).

Syarbaini, Syahrial dkk. 2013. Dasar- Dasar Sosiologi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Soekanto, Soerjono dan Budi sulistyowati. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada

Sugiyono. 2010. MetodePenelitian Kuantitatif Kualiatatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) Mata Pelajaran Sosiologi,2016. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Downloads

Published

2020-08-04