Penggunaan Internet Sebagai Sumber Belajar Sosiologi Siswa IPS di SMAN 1 Singaraja

Authors

  • Andela Safitri Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nengah Bawa Atmadja Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Mudana Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpsu.v1i3.26844

Abstract

Internet dikatakan lebih dinamik. Kebanyakan informasi dalam internet ialah informasi paling baru jika dibandingkan dengan informasi dalam bahan atau media cetak. Pada jenjang pendidikan menengah, penggunaan internet sebagai sumber belajar secara langsung dapat saja digunakan. Pertimbangannya, taraf kemampuan berpikir siswa sudah semakin berkembang dibandingkan jenjang pendidikan dasar. Hanya saja skita harus memastikan jika siswa telah memiliki kemampuan dalam mengidentifikasi, mengolah, dan menganalisis serta mengonstruksi informasi yang diingikan dengan berbekal kemampuan ini. Penggunaan internet dapat meningkatkan hasil belajar siswa, tetapi internet tidak dapat mengganti peran guru secara keseluruhandalam pembelajaran. Hasil penelitian dalam pembelajaran sosiologi telah ditemukanadanya penggunaan sumber belajar selain dari guru maupun buku yaitu dengan menggunakan internet dalam sumberdan juga dapat menyimpan fitur-fitur yang tersedia didalamnya.Hal ini membuat mereka kecanduan bahkan dapat dikatakan sudah ketergantungan dengan handphone karena saat ini handphone bukan lagi sebagai untuk memanggil maupun menerima panggilan seseorang yang jaraknya berjauhan. Namun juga bisa mengetahui dan melihat apa saja yang terjadi pada jarak yang tidak bisa kita lihat dan fenomena apa saja yang terjadi pada suatu tempat tersebut.

Kata kunci: internet, pembelajaran sosiologi

References

Ekayana. 2015. “Pemanfaatan Internet sebagai Salah Satu Sumber Belajar Siswa dan Guru di Jurusan Teknik Elektronika”. Jurnal Undiksha, Volume 12, Nomor 2.

Hariningsih, SP. 2005. Teknologi Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Hellara, Septya Savintha. 2014. Penggunaan Internet Pada Siswa Kelas X dan XI SMAN 1 Pengasih. Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Pendidikan Teknik Boga, Universitas Negeri Yogyakarta.

Kusmayadi, Eka. 2015. Teknologi Komunikasi dan Informasi. Tangerang Selatan: Universitas TerbukaKusuma, Ningrat. 2005. Jurnalistik Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kusuma, Yuriadi. 2010. Creative Problem Solving. Jakarta: Jelajah Nusa

Lantip dan Riyanto. 2011. Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Nasution,S. 2004. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Ostrofi, L. 2013. Memahami Cara Anak-Anak Belajar. Jakarta: PT Indeks Pawi dan Yusup. 2013. Ilmu Informasi Komunikasi dan Kepustakaan. Jakarta: Bumi Aksara

Salmaniah, Nina Siti. 2013. “Persepsi Orang Tua terhadap Pentingnya Pendidikan bagi Anak”. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosail Politik, Volume 1, Nomor 1 (hlm 11-27)Sugiyono. 2001. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Downloads

Published

2020-08-04