PERAN ORGANISASI KEMAHASISWAAN DALAM MENUMBUHKAN NILAI SOLIDARITAS SOSIAL ANTAR MAHASISWA DI LINGKUNGAN FAKULTAS HUKUM DAN ILMU SOSIAL, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Authors

  • Zainullah Zainullah Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Mudana Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Tuty Maryati Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpsu.v2i1.28047

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. (1). Progam kerja apakah yang ada di lembaga organisasi sosial di FHIS yang menumbuhkan nilai solidaritas (2). Apa sajakah hambatan bagi Himpunan Mahasiswa Jurusan dalam menumbuhkan sikap solidaritas antar mahasiswa. (3). Aspek-aspek apa sajakah dari organisasi sosial yang ada di lingkungan FHIS Undiksha yang memiliki potensi sebagai suplemen belajar di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Metode analisis deskriptif dipilih dengan tujuan menggambarkan fenomena yang terjadi sesuai dengan fakta dan apa adanya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah 1). Progam kerja yang dapat menumbuhkan nilai solidaritas di HMJ adalah: Clio fun day, bakti sosial, clio ajang sana, clio club, suka duka mahasiswa, mks (malam keakraban sejarah), pemeliharaan taman sejarah sedangkan untuk Perpustakaan meliputi, lomba mendongen, ulang tahun jurusan dan menggalang dana serta menyalurkan bantuan kemanusiaan.2). Hambatan bagi HMJ adalah masalah ekonomi, sumberdaya manusia, kurangnya partisipasi mahasiswa, egois, dan kurangnya rasa disiplin 3). Adapun potesinya yang dapat dijadikan suplemen pembelajaran yaitu nilai toleransi, nilai gotong royong dan rasa tanggung jawa
Kata kunci: Organisasi Kemahasiswaan, Solidaritas, Mahasiswa FHIS

References

DAFTAR RUJUKAN

Abdul, Syani. (1994). Sosiologi Sistematika, Teori, Dan Terapan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Damsar. (2010). Pengantar Sosiologi Politik. Jakarta: Kencana Prenada Suplemen Group

Emzir. 2015. Metodelogi penelitian pendidikan: kuantitatif dan kualitatif. Jakarta: Rajawali

Muhammad, Armi. (2007). Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT. Bumi AksaraM,Jazuli. (2014). Sosiologi Seni (Pengantar Dan Model Studi Seni Edisi 2). Yokyakarta: Graha Ilmu

Soekanto, Soerjono.2010. Pengantar Sosiologi Kelompok. Bandung: Remadja

Karya.Sugiyono. 2010. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta

S. Nasution, M.A. (2008). Metode Research Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara

Suharismi Arikunto. (1993). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka

Rahmat, Pupu Saeful. 2012. Penelitian kualitatif. Jurnal Equilibrium. Vol.5. No.9 (diakses pada tanggal 16 maret 2018)http://fhis.undiksha.ac.id (diakses pada 09 Juli 2018)

http://fhis.undiksha.ac.id/profil/d3-perpustakaan/ (di akses pada 09 Juli 2018)

https://rumahinspirasi.com/18-nilai-dalam-pendidikan-karakter-bangsa/ (di akses pada 03 November)

Downloads

Published

2020-09-23