POLA INTERAKSI SOSIAL PENGEMUDI TRANSPORTASI ONLINE GRAB DI KOTA SINGARAJA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA

Authors

  • Delfin Reza Pahlefi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Sosiologi
  • I Wayan Mudana Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Sila Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpsu.v2i2.28053

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini memiliki rumusan masalah (1) faktor apakah yang memengaruhi munculnya penggunaan fake gps dikalangan pengemudi Grab Singaraja? (2) bagaimana pola interaksi antara pengemudi Grab yang menggunakan aplikasi fake gps dengan yang tidak menggunakan aplikasi fake gps? (3) aspek-aspek apa sajakah dari interaksi sosial diantara pengemudi Grab Singaraja yang dapat dijadikan sumber belajar sosiologi kelas X di SMA?. Dengan tujuan untuk (1) mendeskripsikan faktor pengemudi Grab menggunakan aplikasi fake gps dan yang tidak menggunakan aplikasi fake gps, (2) mendeskripsikan pola interaksi antara pengemudi yang menggunakan aplikasi fake gps dan yang tidak menggunakan aplikasi fake gps, (3) mendeskripsikan bahwa kelompok dalam masyarakat bisa dijadikan sumber belajar sosiologi kelas X di SMA. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penentuan informan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik purposive sampling (1) observasi, (2) wawancara in-dept interview, (3) studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) faktor munculnya penggunaan aplikasi fake gps di Kota Singaraja adalah untuk mempermudah dalam mendapat pelanggan akan kebutuhan pencapaian syarat insentif Grab, (2) pola interaksi pengemudi Grab yang menggunakan fake gps dan yang tidak mengunakan fake gps terbagi menjadi dua bentuk yaitu interaksi yang asosiatif dan disosiatif, (3) terdapat aspek-aspek sosiologis yang dapat dijadikan sumber belajar sosiologi di SMA yakni bentuk pola interaksi pengemudi transportasi online Grab yang asosiatif dan disosiatif. Penelitian ini berimplikasi kepada pengemudi transportasi online, terbentuknya pola interaksi dan pendidik mata pelajaran sosiologi.

Kata kunci: Grab, fake gps, Pola Interaksi, penyimpangan, sumber belajar

References

DAFTAR PUSTAKA

Buku:

Indrawan dan Poppy. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, pembangunan, dan Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama

Jurnal:

Andjarwati, T. 2015. Motivasi dari Sudut Pandang Teori Hirarki Kebutuhan Maslow, Teori Dua Faktor Herberg, Teori X Y Mc Gregor, dan Teori Motivasi Mc Clelland. (Diterbitkan). Dosen Fakultas Ekonomi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Astiawan I, dkk. 2018. Pola Interaksi Sosial Anggota Subak Hindu dan NonHindu di Subak Pemaket Awen Selatan Desa Pengambengan,Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana.Jurnal (Diterbitkan) Fakultas Pertanian, Universitas Udayana.

Muslim, A. 2013. Interaksi Sosial dalam Masyarakat Multietnis. Jurnal (Diterbitkan). Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, UIN Alauddin Makasar

Permatasary, N. 2019. Interaksi Sosial Penari Bujangganong pada Sale Creative Community di Desa Sale Kabupaten Rembang. Jurnal (Diterbitkan). Jurusan Sendratasik, Universitas Negeri Semarang.

Romli, K. 2015. Akulturasi dan Asimilasi dalam Konteks Interaksi Antar Etnik. Jurnal (Diterbitkan). DosenFakultas Dakwah, IAIN Raden Intan Lampung.

Tola, F. 2016. Begal Motor Sebagai Perilaku Menyimpang Muslim Mappa. Jurnal (Diterbitkan). Universitas Muhammadiyah Makasar.

Artikel:

Ellpas. 2017. Apa itu Grab, ini penjelasan mudahnya. Diakses dari: https://www.elppas.com/2017/11/apa-itu-grab-ini-penjelasan mudahnya.html (01 Desember 2019)

Grab. 2019. Kode Etik Grab. Diakses dari : https://www.grab.com/id/kodeetik/ (02 Desember 2019)

Guru Pendidikan. 2020. Penyimpangan Sosial: Pengertian, Contoh, Bentuk, Teori, Ciri, dan Solusi.Diakses dari: https://www.gurupendidikan.co.id/penyimpangan-sosial/ (15 Juni 2020)

Hadari. 2019. Interaksi Sosial dalam Bentuk Kerja Sama dan Persaingan Santriawan Etnik Madura dan Melayu Darul Khairat. Progam Studi Pendidikan Sosiologi, FKIP Untan Pontianak.

Wahyusetyawati. 2017. Dilema Pengaturan Transportasi Online. Artikel (Diterbitkan). Media Pembelajaran Hukum Nasional

Statiskian. 2017. Teknik sampling dalam penelitian. Diakses darihttps://www.statistikian.com/2017/06/teknik-sampling-dalam-penelitian.html. (28 juli 2020)

Sumber Resmi:

Statistik Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Buleleng. 2018: Buleleng: Badan Pusat Statistik Kabupaten Buleleng

Tugas Akhir:

Formaninsi, R. 2014. Stigma Masyarakat Terhadap Keluarga Pelaku Pembunuhan ( Studi Kasus Pada Keluarga Pelaku Pembunuhan di Kecamatan Padang Guci Hulu Kabupatenn Kaur ProvinsiBengkulu ). Skripsi. Universitas Bengkulu tidak diterbitkan.

Santoso, Y. 2018. Penggunaan Aplikasi Fake gps pada Pengemudi PT. Oke Jack Indonesia. Skripsi. Universitas Islam Sunan Ampel Surabaya tidak diterbitkan

Sofiyana, R. 2013. Pola Interaksi Masyarakat dengan Waria di Pondok Pesantren Khusus Al-Fatah Senin Kamis. Skripsi. Fakultas Pendidikan, Universitas Negeri Semarang tidak diterbitkan.

Downloads

Published

2020-09-23