HUBUNGAN PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DENGAN PERSEPSI DAN SIKAP KEMULTIKULTURAN SISWA (Studi Kasus: SMA Laboratorium Undiksha Singaraja, Bali)

Authors

  • Wayan Pina Nangraini Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Margi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Sarmita Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpsu.v2i2.28056

Abstract

Abstrak
Indonesia memiliki masyarakat yang sangat multikultur, sehingga peluang terjadinya konflik sangat besar. Salah satu upaya pemeritah untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan memperbaiki kurikulum yang didalamnya terdapat pengintegrasian pendidikan multikultural.Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Menganalisis hubungan pengintegrasian pendidikan multikultural dengan persepsi siswa, 2) Menganalisis hubungan pengintegrasian pendidikan multikultural dengan sikap kemultikulturan siswa dan 3) Menganalisis bentuk nyata pengintegrasian pendidikan multikultural di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode mix dan jenis data yang digunakan data primer dan data skunder. Hasil penelitian menunjukan : 1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara pengintegrasian pendidikan multikultural pada mata pelajaran sosiologi dengan persepsi siswa, 2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara pengintegrasian pendidikan multikultural pada mata pelajaran sosiologi dengan sikap kemultikulturan siswa, 3) Bentuk nyata pengintegrasian pendidikan multikultural di sekolah dilakukandengan pengintegrasian pendidikan multikultural di kelas dan di luar kelas.
Kata kunci: Pendidikan Multikultural, Persepsi, Sikap Multikultural.

References

DAFTAR PUSTAKA

Afifah, Nurul. 2017. “Implementasi Pembelajaran Berbasis Multikultur dan Budaya di SD/MI”. Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 1 Nomor 01 (hal.24-44).

Bank, A James. 2002. “An Introduction to Multicultural Education”. Boston: A Pearson Education Company.

Butet, S., Djoko, Saryono., & Taufik Dermawan. 2018. “Konstruksi Pengetahuan Multikultural dalam Buku Tematik Terpadu untuk SD/MI kelas IV”. Jurnal Pendidikan. Volume 3, Nomor 3 (hal. 334-339).Faiqoh, A. 2016. “Implementasi Pendidikan Multikultural Pada Mata Pelajaran PPKn Tema Ekosistem Kelas VA di MI Negeri Sumurrejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang”. Skripsi Universitas Islam Negeri Walisongo tidak diterbitkan.

Gerungan, W.A. 2004. “Psikologi Sosial”. Bandung : PT. Rafika Aditama

Hadi, D. W., dkk. 2017. “Analisis Sikap Toleransi di Indonesia dan Faktor-Faktornya”. Diterbitkan oleh PDSPK Kemdikbud RI.

Hanum, Farida. 2009.”Pendidikan Multikutural sebagai Sarana Pembangun Karakter Bangsa (dalam Persektif Sosiologi Pendidikan). Seminar Regional Universitas Negeri Yogjakarta.

Kharisma, T. 2017. “Konflik SARA pada Pilkada DKI Jakarta di Grup Whatsapp dengan Anggota Multikultural. Jurnal Penelitian Komunikasi. Vol. 20 No. 2 (hal.107-120).

Listya, R., Hartono Yudi. 2015. “Persepsi dan Sikap Masyarakat Terhadap Penanggalan Jawa dalam Penentuan Waktu Pernikahan (Studi Kasus Desa Jonggrang Kecamatan Barat Kabupaten Magetan Tahun 2013). Jurnal Agastya. Vol 5 No 1 (hal.118-137).

Mahmudi, Ali. 2006.”Pembelajaran Kolaboratif”. Jurnal Seminar Nasional MIPA.

Ningsih, S. 2018. “Peran Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Multikultural Peserta Didik SMA N 1 SidomulyoTahun Pelajaran 2017/2018”. Sripsi Universitas Lampung tidak diterbitkan.

Pakpahan, D. R. 2017. “Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Terhadap Perilaku Masyarakat pada Bank Syariah di Wilayah Kelurahan Sei Sikambing D”. jurnal diterbitkan oleh At-Tawassuth. Volume 3, Nomor.3 (hal. 345 – 367).

Pandansari, R.2007. ”Efektivitas Bimbingan Kelompok dalam Upaya Mengembangkan Sikap Prososial pada Siswa Kelas X SMA Teuku Umar Semarang Tahun Ajaran 2006/2007”. Skripsi UNNES tidak diterbitkan

Harsanto, R. 2007.”Pengelolaan Kelas yang Dinamis”. Yoyakarta: Konisius.

Rahim, Rahmawaty. 2012. “Signifikansi Pendidikan Multikultural Terhadap Kelompok Minoritas”. Jurnal Analisis. Volume 12, Nomor 1 (hal.161-182).

Rosyada, Dede.2014.” Pendidikan Multikultural Di IndonesiaSebuah Pandangan Konsepsional”. Jurnal Sosio Didaktika. Vol. 1, No (hal.2-12).

Ramzani, E. 2015. “Hubungan Pengalaman Praktik KerjaIndustri dengan Minat Siswa dalam Berwirausaha di SMK Muhammadiyah Prambanan. Skripsi Universitas Yogyakarta tidak diterbitkan.

Sarmita, I Made. Potensi Konflik di Daerah Tujuan Transmigrasi (Kasus Sampit dan Mesuji). Jurnal Media Komunikasi Geografi. Vol. 15 Nomor 1 (hal.45-59).

Sarwono, Sarlito W. 2014. “Pengantar Psikologi Umum”. Jakarta: Rajawaki Press.

Sugiyono. 2013. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfa

Haryadi, M. 2017. “Benih-benih Intoleransi di Sekolah: Siswa Tolak Ketua OSIS yang Beda Agama”. Tribunnews.com. http://www.tribunnews.com/nasional/2017/05/03/benih-benih-intoleransi-di-sekolah siswa-tolak-ketua-osis-yang-beda-agama. (diakses tanggal 5 Mei 2019).

Downloads

Published

2020-09-23