PENERAPAN FULL DAY SCHOOL DI SMA NEGERI 1 SINGARAJA (LATAR BELAKANG PENERAPAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI DI KELAS XI IIS)

Authors

  • Ema Maulidya Bawazir Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Mudana Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Sendratari Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpsu.v2i1.28058

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan Full Day School di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Singaraja, (2) Pengaruh Full Day School terhadap prestasi belajar sosiologi kelas XII IIS. Konsep yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah yaitu Penerapan dan Pengaruh Full Day School, prestasi belajar. dengan langkah penentuan informan yang terdiri dari siswa kelas XI IIS yang menerapkan Full Day School, Kepala Sekolah, Guru sosiologi SMA Negeri 1 Singaraja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, teknik observasi langsung, wawancara, dan studi dokumen, angket atau kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan Full Day School di SMA Negeri 1 Singaraja telah berjalan dengan baik, dengan segala penunjang yang ada di SMA Negeri 1 Singaraja dan dari hasil data penyebaran kuesioner ke siswa 70% siswa memberikan respon positif terhadap penerapan ini dengan menyetujui penerapan lima hari sekolah ini. Penerapan lima hari sekolah ini juga berpengaruh terhadap prestasi belajar anak dan pengaruh nya cukup signifikan. Jika dilihat dari hasil pengamatan dan nilai raport siswa kelas XI IIS, Namun prestasi belajar siswa tidak hanya dilihat dari faktor dari dalam diri individu saja melainkan faktor dari luar individu, yaitu terdiri dari faktor lingkungan dan faktor instrumental. Dan Full Day School termasuk ke dalam faktor dari luar karena berupa kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah.
Kata Kunci: Lima Hari Sekolah, Kebijakan Pemerintah, Prestasi, Belajar, Sosiologi.

References

Daftar Pustaka

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Arsyadana, Addin. 2010. Penerapan Sistem Full Day School Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di MI Al-Qamar Nganjuk. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ikromi, Moch. 2005. Pengembangan Manajemen Sistem Pendidikan, Tesis Universitas Islam Negeri (UIN) Malang, hal. 54Islami, Arizka Min Nur. 2016. Implementasi Program Pendidikan Full Day School Di MI Muhammadiyah Karanglo Kecamatan CilongokKabupaten Banyumas.Skripsi S1. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

Jumraeni. 2018. Dampak Sosial Implementasi Full Day School. Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Makassar Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu

Salim, Peter. 1988. Advanced English-Indonesia Dictonary. Jakarta: Modern English Press, hal.340

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung : Alfabeta hlm. 397Supardi, US. 2013. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian, Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta. Change Publication

Sulistyaningsih, Wiwik. 2008. Full Day School & Optimalisasi Perkembangan Anak, Yogyakarta: Paradigma Indonesia, hal. 61

Downloads

Published

2020-09-23