STRATEGI ADAPTASI MAHASISWA UNDIKSHA ASAL JAKARTA DALAM KEHIDUPAN SOSIAL DI KOTA SINGARAJA

Authors

  • Alfrida Nola Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Alfrida Nola Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Sendratari Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Made Arya Suta Wirawan Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpsu.v2i3.28955

Abstract

Ogberg mendefinisikan Culture Shock sebagai kegelisahan yang muncul akibat kehilangan semua yang familiar dalam hubungan sosial yang diendapkan menjadi suatu kecemasan yang kehilangan tanda sosial yang dikenal (Irwin:2007). Untuk mengatasi culture shock ini mahasiswa rantau Undiksha asal Jakarta mengatasinya dengan cara melakukan adaptasi sehingga dapat bertahan di lingkungan yang berbeda. Tujuan utama penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui alasan mahasiswa Jakarta perlu melakukan adaptasi, (2) Untuk mengidentifikasi strategi adaptasi yang perlu dilakukan oleh mahasiswa rantau Jakarta, (3) Untuk mengetahui bagaimana proses adaptasi yang dilakukan mahasiswa sehingga dapat dijadikan sebagai sumber belajar sosiologi di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualititatif dengan tahap-tahap pengumumpulan data menggunakan teknik observasi dan teknik wawancara dan ditambah dengan dokumentasi dan catatan lapangan yang ditemui. Hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) alasan mahasiswa melakukan adaptasi ditentukan oleh faktor tujuan, motivasi, lingkungan fisik, makanan dan komunikasi, (2) Strategi adaptasi yang dilakukan yaitu menggunakan bahasa Indonesia, Belajar mendengar dan menggunakan bahasa Bali sepatah dua patah kata, punya komunitas/organisasi yang sehat, belajar untuk mencapai tujuan yang dimiliki. (3) Aspek dari strategi adaptasi yang bisa dijadikan sumber belajar sosiologi yaitu pengertian perubahan sosial, aspek yang mempengaruhi perubahan sosial dan bentuk-bentuk perubahan sosial.
Kata kunci: Culture shock, strategi adaptasi, kehidupan sosial

References

Sumber Buku:

Amiruddin. 2016. Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Dua Satria Offset

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada MediaSumber Jurnal:

Ariwibowo, Gregorius Andika. 2015. Pendidikan Selera: Perkembangan Budaya Makan dalam Rumah Tangga Urban Jakarta pada Periode 1950-an. Patanjala: 7(2): 312-313

Choirudin, M. 2016. Penyesuaian Diri Sebagai Upaya Mencapai Kesejahteraan Jiwa. Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam. 121(07):2

Diana, Mesra. 2017. Strategi Adaptasi Mahasiswa Kristen di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. 4(2): 8

Irwin, Rachel. 2007. Culture Shock: Negotiating Feelings in The Field. Anthropology Matters Journal. 9(1):Suwena, I Wayan. 2018. Dinamika Kebudayaan Bali: Suatu Kajian Kebudayaan Sebagai Proses. Sunari Penjor. 2(2): 96-99

Utami, Lusia Savitri Setyo. 2015. Teori-Teori Adaptasi Antar Budaya. Jurnal Komunikasi. 7(2): 181-183

Wibowo, Agus. 2016. Hubungan Lingkungan Kampus, Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Humanika. 16(1): 38-39

Sumber Tesis atau Skripsi:

Costa, Lili Yati Da. 2015. Hubungan Adaptasi Culture Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Nusa Tenggara Timur (NTT) Di STIKES Patria Husada Blitar. Blitar: STIKESFarihin, Miftahul. 2014. Pengaruh Kondisi Mahasiswa dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Fitriyani. 2016. Strategi Adaptasi Siswa Sekolah Formal di Lingkungan Pesantren Studi Kasus di MAN Babakan Ciwaringin Cirebon. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Hajriadi. 2017. Culture Shock dalam Komunikasi Antar Budaya Studi Deskriptif Kualitatif pada Ikatan pelajar Mahasiswa Musi Banyusin Sumatera Selatan di Yogkyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri SunanKalijaga

Larassati, Martvie Anggi. 2018. Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Penyesuaian Diri Mahasiswa Rantau Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang

Lumaksono, Galih. 2013. Strategi Adaptasi Masyarakat dalam Menghadapi Kekurangan Air Bersih Studi Kasus di Kampung Jomblang Perbalan Kelurahan Candi Kecamatan Candisari Kota Semarang. Skripsi.Semarang: Universitas Negeri SemarangRahmawati, Ela. 2018. Adaptasi Sosial Budaya Suku Sunda di Desa Polo Lereng Kecamatan Pangale Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat. Skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makassar

Sriyadi. 2013. Pengaruh Metode Mengajar dan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Mengelola Dana Kas Kecil Siswa Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Widya Praja Ungaran Tahun 2011/2012. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Downloads

Published

2020-09-29