FENOMENA KELUARGA TUNGGAL AKIBAT PERCERAIAN DI KOTA SINGARAJA (STUDI TENTANG LATAR BELAKANG DAN POLA PENGASUHAN ANAK SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpsu.v2i3.28958Abstract
Pada hakekatnya pertumbuhan anak tidak bisa dipisahkan dari peran orangtuanya. Keluarga adalah tempat sosialisasi pertama yang diberikan pada anak sejak lahir kedunia. Didalam keluarga anak akan mulai diajarkan untuk mengenal kehidupannya serta nantinya akan mengenalkan pada lingkungannya. Tetapi dalam kenyataanya dalam keluarga yang tidak utuh masih bisa menjalankan peran keluarga secara optimal walaupun tidak terdiri dari struktur keluarga yang utuh (Maryam dalam Singgih, 2004:151). Tujuan utama penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan latar belakang fenomena keluarga tunggal muncul di kota Singaraja, (2) Mendeskripsikan sistem pola pengasuhan anak yuang di terapkan keluarga tunggal di kota Singaraja, (3) mendeskripsikan pemanfaatan isu keluarga tunggal di dalam pembelajaran sosiologi di SMA. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dnegan tahap-tahap (1) purposive sampling, (2) observasi non-pasrtisipan, (3) studi dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) lata belakang perceraian di kota Singaraja terjadi dikarenakan latar belakang perselingkuhan, pengaruh dari pihak lain, perilaku buruk dari salah satu pasangan, masalah ekonomi dan finansial. (2) terdapat tiga pola pengasuhan anak yang diterapkan dalam keluarga tungga yaitu, pola pengasuhan otoriter, permisif, dan demokratis. (3) fenomena keluarga tunggal dapoat digunakan sebagai sumber belajar sosiologi di SMA dalam materi konflik sosial.
Kata kunci: keluarga tunggal akibat perceraian, pola pengasuhan anak, sumber belajar
References
Jurnal:
Dariyo, Agoes. 2004. Memahami Psikologi Persceraian Dalam Kehidupan keluarga. Jurnal Psikologi. Vol (2) 2
Febrianita, Cintya Fitri dan Dinie Ratri Desiningrum. 2017. Relasi Anak dan Ibu pada Keluarga yang Bercerai (Studi Kualitatif Fenomologis). Jurnal Empati. Vol (6)1
Hafid, Abd. 2011. Sumber dan Media Pembelajaran. Jurnal Sulesana. Vol 6 (2)
Jailani, Syahran. 2016. Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Karakter Peserta Didik (Ikhtriar Optimalisasi Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)). Vol 10 (2)
Matondang, Armansyah. 2014. Faktor-Faktor Yang Mengakibatkan Perceraian Dalam Perkawinan. Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik. 2 (2)
Ramadhani, Putri Erika dan Heti Krisnani. 2019. Analisi Dampak Perceraian Orang Tua Terhadap Anak Remaja. Jurnal Pekerjaan Sosial. Vol 2(1)
Rakhmawati, Istina. 2015. Peran Keluarga Dalam Pengasuhan Anak. Jurnal Bimbingan Konseling Islam. Vol 6(1)Santoso. 2016. Hakekat Perkawinan Menurut Undang-Undang Perkawinan, Hukum Islam dan Hukum Adat. Jurnal Pemikiran dan Penelitian SosialKeagamaan, Volume 7, Nomor 2 (hlm.413)
Supratman, Lucy Pujasari. 2015. Konsep Diri Remaja Dari Keluarga Bercerai. Jurnal Penelitian Komunikasi. Vol. 18(2)
Srinahyanti. 2018. Pengaruh Perceraian pada Anak Usia Dini. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera. Vol 16(32)
Oktarina, Linda Pradipthi dan dkk. 2015. Pemaknaan Perkawinan: Studi Kasus Pada Perempuan Lajang Yang Bekerja Di Kecamatan Bulukerjo Kabupaten Wonogiri. Jurnal Analisa Sosilogi, Volume 4(1)
Pandu, Maria dan dkk. 2014. Orang Tua Ideal Masa Kini(Studi Keharmonisan Orang Tua-Anak pada Empat Etnik di Makasar). Jurnal Socius, Volume XV, (hlm.50-51)
Makalah:
Nana, Djumhana. 2008. Implementasi Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. MakalaSkripsi:
Mahmudah, Triastuti. 2015. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Bantul. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa Dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta
Prayoga, Agus. 2016. Pola Pengasuhan Anak Pada Keluarga Orang TuaTunggal (Studi pada 4 orang tua tunggal di Bandar Lampung). Sosiologi, Fakultas Ilmu sosialdan Politik, Universitas Lampung.
Zakiyah, Tri Yani. 2005. Latar Belakang dan Dampak Perceraian (Studi Kasus di Pengadilan Agama Wonosobo). Ilmu Hukum, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang
Buku:
Gunarsa, Singgih dan Gunarsa, Singgih Yulia. 2004. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Gunung Mulia
Ihromi, T.O. 2004. Bunga Rampai Sosiologi Keluarga. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia Anggota IKAPI
Lestari Sri. 2012. Psikologi Keluarga Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik Dalam Keluarga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: AlfabetaWeb Resmi:
Bulelengkab.go.id. kondisi fisik kabupaten buleleng. diakses 8 Juni 2020, dari https://bulelengkab.go.id/profile/kondisi-fisik-kab-buleleng-95
Buelelengkab.bps.go.id. (10 September 2019). Penduduk Kabupaten Buleleng menurut kelompok umur 2010-2020. Diakses 8 Juni 2020, dari https://bulelengkab.bps.go.id/statictable/2015/03/18/63/penduduk-kabupaten-buleleng-menurut-kelompok-umur-2010-2020-000-jiwa-.html
https://bulelengkab.bps.go.id/statictable/2015/03/30/4001/produksi-perkebunan-ton-menurut-komoditas-dan-kecamatan-di-kabupaten-buleleng-tahun-2013.htmlBulelengkab.bps.go.id. (10 September 2019). Proyeksi penduduk kabupaten buleleng menurut jenis kelamin 2010-2020. Diakses 8 Juni 2019, dari https://bulelengkab.bps.go.id/statictable/2015/03/30/11/proyeksi-penduduk-kabupaten-buleleng-menurut-jenis-kelamin-dan-kecamatan-2010-2020.html
Disukcapil.bulelengkab.go.id. (17 Juli 2017). Akta yang diterbitkan tahun 2017. Diakses 26 Juni 2020, dari https://bulelengkab.go.id/assets/instansikab/76/bankdata/laporan-pencatatan-perceraian-semester-i-tahun-2017-37.pdf