STRATEGI SURVIVAL MASYARAKAT NELAYAN DUSUN YEHIBIYU, DESA PATAS, BALI (SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA)

Authors

  • Fani Haryadi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Fani Haryadi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Mudana Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Sendratari Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpsu.v1i3.28995

Abstract

Kemiskinan masyarakat nelayan merupakan suatu permasalahan sosial yang harus mendapatkan perhatian, termasuk juga yang terjadi pada masyarakat nelayan di Dusun Yehbiyu, Desa Patas. Strategi survival dilakukan untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari pada musim paceklik datang melanda. Salah satu yang membuat nelayan melakukan hal tersebut karena nelayan berada pada kondisi kemiskinan yaitu dari segi perekonomian yang menyebabkan sangat susahnya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Pada kondisi tersebut masyarakat nelayan akan melakukan strategi survival untuk mendapatkan pemasukan yang cukup bagi kehidupan keluarganya.Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengidentifikasi kondisi kemiskinan masyarakat nelayan di Dusun Yehbiyu, Desa Patas. 2) Mengetahui strategi survival masyarakat nelayan di Dusun Yehbiyu, Desa Patas. 3) Mengetahui aspek-aspek strategi survival masyarakat nelayan di Dusun Yehbiyu, Desa Patas yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar mata pelajaran sosiologi, di SMA. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini menggunakan metode kualitatif yaitu dengan pendekatan jenis deskriptif. Sampel dalam penelitian ini yaitu tiga orang masyarakat nelayan di Dusun Yehbiyu, Desa Patas, Kadus, satu pelajar dan satu guru pengajar sosiologi sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Masyarakat nelayan di Dusun Yehbiyu, Desa Patas berada pada kondisi kemiskinan disaat hasil penangkapan ikan sangat berkurang karena adanya musim paceklik. 2) Masyarakat nelayan di Dusun Yehbiyu, Desa Patas melakukan strategi survival untuk dapat bertahan hidup bersama keluarganya. Strategi yang dilakukan antara lain strategi aktif, strategi pasif/mengurangi, dan strategi jaringan. 3) Aspek-aspek strategi survival masyarakat nelayan yang bisa di jadikan sebagai sumber belajar mata pelajaran sosiologi di Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berkaitan dengan strategi survival itu sendiri.
Kata kunci: Kemiskinan, strategi survival, sumber belajar

References

Abdul, Ramli. 2012. Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Volume 12, Nomor 2, Tahun 2012.

Belda, Febroza dan Christanto, Joko. 2012. Strategi Penghidupan Nelayan Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat Di Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Dan Sungai Beremas. Jurnal Bumi Indonesia Volume 1, Nomor 1, Tahun 2012.

Kusnadi. 2000. Nelayan: Strategi Adaptasi dan Jaringan Sosial. Bandung: Humaniora Utama Press.

Kusnadi. 2002. Konflik Sosial Nelayan Kemiskinan Dan Perebutan Sumber Daya Perikanan. Yogyakarta: LkiSMulyana, Dedy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu. Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mubyarto. 1995. Strategi Pembangunan Ekonomi Yang Berkeadilan dalam Awan Setya Dewanta, Kemiskinan dan Kesenjangan di Indonesia. Yogyakarta: Aditya Media.

Maryati, Kun dan Suryawati, Juju. 2016. Sosiologi (Kelompok Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk SMA/MA Kelas XI. PT. Gelora Aksara Pratama: Erlangga.Nadia Watung DKK. 2001. “Karakteristik Sosial Ekonomi Masyarakat Nelayan Di Desa Lopana Kecamatan Amurang Timur Provensi Sulawesi Utara”. Jurnal ILMIAHPS. AGRO BISNIS PERIKANAN Unsrat,Manado,Volume 1, Nomor 2, Tahun 2001, Hlm. 9.

Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA): Mata Pelajaran Sosiologi. 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sudiyono. 2015. Strategi Bertahan Hidup Nelayan P. Rimau Balak Dikabupaten Lampung Selatan. Jurnal Bina Praja Volume 7, Nomor 3, Tahun 2015.

Syaifudin, A Febyani. 2007. Integrasi Sosial Golongan Miskin di Perkotaan: Pendekatan Kualitatif Mengenai Kemiskinan. Kertas Kerja dalam Workshop GPRI.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&Q. Bandung: Alfabeta

Siregar, Edi Iwan. 2009. Strategi Adaptasi Petani Rakyat dalam Mensiasati Fluktuasi Harga Kelapa Sawit (Studi kasus Petani KelapaSawit Rakyat di Desa Tanjung Medan Kec. Kampung Rakyat Kab. Labuhan Batu selatan. Sumatera Utara. Departemen Antropologi. Universitas Sumatera Utara.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berbasis Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Supriadi. 2015. Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Lantanida Volume 3, Nomor, 2. Hlm. 133.

Widyosiswoyo, Hariwijaya Soewandi (1991). Ilmu Alamiah Dasar. Ghalia Indonesia, Jakarta Timur.Rheiny Aldila Putri dan M. Baiquni. 2016. Strategi Survival Nelayan Dikawasan Pesisir Kelurahan Labuan Bajo Kabupaten DonggalaSulawes Tengah. Jurnal Bumi Indonesia Volume 5, Nomor 3, Tahun 2016.

Widjajanti isdijoso, DKK. 2016. Penetapan Kriteria dan Valiabel Pendataan penduduk miskin yang komprehensif dalam rangka perlindungan penduduk miskin di kabupaten/kota. Kertas Kerja SMERU Research Institute.

Downloads

Published

2020-10-25