STEREOTIPE GENDER PADA JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DAN OTOMOTIF DI SMK NEGERI BALI MANDARA: IMPLIKASINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DAN SISWI

Authors

  • Eky Pratiwi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Sendratari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Made Arya Suta Wirawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpsu.v3i1.34218

Abstract

Stereotipe atau pelabelan salah satu bias gender yang terdapat didalam aspek pekerjaan maupun Pendidikan. Sains dan teknologi merupakan bidang yang dikenal sebagai “dunia laki-laki”, terutama dalam bidang industri laki-laki sangat diutamakan. Sedangkan perempuan hanya bekerja diranah domestik, yang jurusannya hanya tata boga, tata busana, akutansi. Semakin berkembangnya zaman, akhirnya perempuanpun ikut serta dalam bidang sains dan teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menjelaskan latarbelakang perempuan masuk jurusan otomotif, (2) untuk menjelaskan stereotip yang muncul di jurusan Otomotif SMK Negeri Bali Mandara, (3) Untuk mengetahui implikasi terhadap prestasi belajar jurusan Otomotif SMK Negeri Bali Mandara. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan langkah-langkah pengumpulan data seperti wawancara, observasi dan studi dokumen. Peneliti melakukan wawancara kepada 4 peserta didik dan 2 guru Jurusan Teknik Kendaraan Ringan dan Otomotif. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa: (1) Pilihan perempuan masuk jurusan otomotif di SMK Negeri Bali Mandara karena faktor mendapat beasiswa penuh, keinginan sendiri serta dukungan orang tua dan juga karena hasil tes dan bakat, (2) Stereotip yang muncul di jurusan otomotif ini seperti gambar dibrosur lebih dominan laki-laki yang bekerja dibagian teknisi, sedangkan perempuan bagian komputer. Adanya pembatasan kuota bagi perempuan dan laki-laki dikelas maupun saat PKL atau magang. Dan stereotip lainnya adalah laki-laki dianggap lebih unggul bagian keterampilan, sedangkan perempuan pada teori, (3) implikasi terhadap prestasi belajar, untuk aspek keterampilan dan pengetahuan kelas X laki-laki memiliki selisih 0.5  dan perempuan selisih 1.4. Kelas XI laki-laki memiliki selisih 1.3 dan perempuan 13. Kelas XII laki-laki memiliki selisih 1.4 dan perempuan 18.7.

Kata kunci: Sains dan teknolgi, Stereotipe gender,  Implikasi prestasi belajar.

References

Ahmad, Risdawati dan Reni Dwi Yunita. 2019. “Ketidakadilan Gender pada Perempuan dalam Industri Pariwisata Taman Nasional Komodo”. Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis, Volume 4 Nomor 2

Amin, Saidul. 2013. “Pasang Surut Gerakan Feminisme”. Jurnal UIN Suska Riau. marwah Vol. XII No. 2 Desember Th. 2013

Arivi, Gadis, dkk. 2016. “Status Perempuan dalam STEM (Sains, Teknologi, Engineering, Matematika”. Jurnal Perempuan: untuk pencerahan dan kesetaraan. Vol. 21 No. 4, November 2016. p-ISSN 1410-153X, e-ISSN 2541-2191

Fakih, Mansour. 1996. “Analisis Gender dan Transformasi Sosial”.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Hidayat, Rakhmat. 2011. “Bias Gender Dalam Prestasi Akademik Siswa: Studi tentang Perbandingan Prestasi Akademik Siswa Laki-laki dan Perempuan di SMA 12 Bekasi”. Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 17, Nomor 4, Juli 2011

Ismiati. 2018. “Pengaruh Stereotype Gender TerhadapKonsep Diri Perempuan”. Jurnal Studi Gender dan Islam serta Perlindungan Anak. Volume 7 Nomor 1 Januari-Juni 2018

Lengkong, Oktoverano, dkk. 2018. “Media Informasi Brosur Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat menggunakan Augmented Reality Dalam Bentuk Video”. Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat, Manado. Jurnal Techno.COM, Vol. 17, No. 2, Mei 2018 : 122-133

Sa’dan, Masthuriyah. 2019. “Perempuan dan Sains: Seksisme dalam Pendidikan Sains di Sekolah Islam Yogyakarta”. ICRS Yogyakarta. INDONESIAN JOURNAL of Islamic Literature and Muslim Society. Vol. 4, no. 1, January-June 2019, ISSN: 2528-1194 (p); 2528-1224

Saguni, Fatimah. 2014. “Pemberian Stereotype Gender”. MUSAWA, Vol. 6 No. 2 Desember 2014 : 195-224.

Saraswati, Enggar. 2015. “Perbedaan Hasil Belajar Siswa Laki-laki dan Perempuan dalam Mata Pelajaran Matematika Kelas III Semester 2 Materi Sudut dan Pecahan di SD Negeri Se-Desa Caturharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman”. Skripsi Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar, Universitas Negeri Yogyakarta

Shofiyah, Dian Islamiyah Nanda Hadiyatus. 2019. “Perlawanan Perempuan Dalam Novel Cantik itu Luka Karya Eka Kurniawan: Tinjauan Feminisme Sosialis”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Malang. Volume 3 Nomor 2 Tahun 2019 E-ISSN 2599-0519.

Thaib, Eva Nauli. 2013. “Hubungan antara Prestasi Belajar dengan Kecerdasan Emosional”. Dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Ranity Banda Aceh. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Februari 2013. Vol. XIII, NO. 2, 384-399

Downloads

Published

2021-05-02