“HABITUS” BARU DALAM PROSES PEMBELAJARAN SOSIOLOGI SMA AKIBAT PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI SMAN 2 SINGARAJA, BULELENG-BALI)

Authors

  • Kadek Putri Meita Damayani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Sendratari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Margi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpsu.v3i2.39076

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan strategi guru sosiologi dan siswa di SMAN 2 Singaraja dalam menghadapi perubahan proses pembelajaran akibat pandemi covid-19, (2) Mendeskripsikan bentuk-bentuk habitus baru dalam proses pembelajaran sosiologi yang dibentuk oleh guru sosiologi dan siswa di SMAN 2 Singaraja pada masa pandemi covid-19, (3) Mendeskripsikan implikasi yang ditimbulkan dari adanya pembentukan habitus baru dalam pembelajaran sosiologi di SMAN 2 Singaraja akibat pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan tahap-tahap pengumpulan data diantaranya purposive sampling dsn snowball sampling, observasi non-partisipatif, wawancara mendalam (in-depht-interviewing), dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan (1) Strategi guru sosiologi dan siswa di SMAN 2 Singaraja dalam menghadapi perubahan proses pembelajaran akibat pandemi covid-19 sangatlah beragam, mulai dari adaptasi metode pembelajaran, adaptasi model pembelajaran atau pendekatan pembelajaran, dan adaptasi evaluasi pembelajaran, (2) Bentuk-bentuk habitus baru dalam proses pembelajaran sosiologi yang dibentuk oleh guru sosiologi dan siswa di SMAN 2 Singaraja juga sangat beragam mulai dari habitus metode pembelajaran, habitus model pembelajaran atau pendekatan pembelajaran, habitus evaluasi pembelajaran, dan habitus protokol kesehatan, (3) Implikasi dari adanya pembentukan habitus baru dalam pembelajaran sosiologi di SMAN 2 Singaraja akibat pandemi covid-19 bagi guru sosiologi, siswa, dan orang tua siswa juga sangat beragam yaitu mulai dari implikasi habitus metode pembelajaran, implikasi habitus model pembelajaran atau pendekatan pembelajaran, implikasi habitus evaluasi pembelajaran, dan implikasi habitus protokol kesehatan

References

Afikah, A. A. (2019). Hubungan antara culture shock dengan penyesuaian diri santriwati kelas VII MTS NU Putri 3 Buntet Pesantren Cirebon (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Bungin,Burhan. 2009. Penelitian Kualitatif (Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial Lainnya). Jakarta: Kencana

Bali Post. 2020. Sejak Tatanan Era Baru Diberlakukan Kasus Covid-19 Di Buleleng Melonjak. (diunduh pada tanggal 29 Agustus 2020). https://www.balipost.com/news/2020/08/29/144432/Sejak-Tatanan-Era-Baru-Diberlakukan,...html

Chaeruman, Uwes Anis. 2017. PEDATI Model Desain Pembelajaran Blended. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembelajaran Kementerian Riset dan Pendidikan

Dewi, Wahyu. Aji. Fatma. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Diana, M., & Risdayati, R. (2017). Strategi Adaptasi Mahasiswa Kristen di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (Doctoral dissertation, Riau University).

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi belajar mahasiswa pada pembelajaran daring selama pandemik covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 165-175.

Gunawan, Imam. 2015. Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik.Jakarta:PT Bumi Aksara

Ihsanuddin. 2020. Ini Pengumuman Lengkap Jokowi Soal 2 WNI Positif Corona. Kompas.com, 2 Maret 2020 (diunduh pada tanggal 29 Agustus 2020) https://amp.kompas.com/nasional/read/2020/03/02/12002701/ini-pengumuman-lengkap-jokowi-soal-2-wni-positif-corona

Junaid, S., & Pertiwi, I. (2017). Culture shock experienced by main character in Lauren Kate’s novel “Torment” by using the psychology of culture shock by Collen Ward. English and Literature Journal, 2(1), 108-125.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (diakses pada 27 Desember 2020). https://kbbi.web.id/hambatan

Munir. 2010. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Maulana, H. A., & Hamidi, M. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah praktik di pendidikan vokasi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2), 224-231.

Mahnun, N. (2019). Optimalisasi Pengelolaan dan Pembelajaran Berbasis Online Pada Lembaga Pendidikan Islam dalam Mewujudkan World Class University. Indonesian Journal Of Islamic Educational Management, 1(1), 29-36.

Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19). (diunduh pada tanggal 4 September 2020)

Nurdin, Ismail., Sri Hartati. 2019. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Napsawati, N. (2020). Analisis Situasi Pembelajaran Ipa Fisika Dengan Metode Daring Di Tengah Wabah Covid-19. Karst: jurnal pendidikan fisika dan terapannya, 3(1), 6-12.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.

Petunjuk Teknis Guru Pembelajar Moda Dalam Jejaring (Daring). 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan

Pengelola Website Resmi Pemerintah Kabupaten Buleleng (2020). SE Bupati Buleleng Nomor: 2540/SE/Pem/IX/2020 Tentang Penguatan Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.(diunduh pada tanggal 4 September 2020). http://infocovid19.bulelengkab.go.id/uploads/artikel/CamScanner_09-19-2020_18_04_41.pdf

Pengelola Website Resmi Pemerintah Kabupaten Buleleng (2020).Update Perkembangan Kasus Penyebaran COVID-19 di Kabupaten Buleleng. (diunduh pada tanggal 5 September 2020).

http://infocovid19.bulelengkab.go.id

Pengelola Website Resmi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (2020). Standar Alat Pelindung Diri (APD) untuk Penanganan COVID-19 di Indonesia. (diunduh pada tanggal 16 September 2020). https://covid19.go.id/storage/app/media/Materi%20Edukasi/standar-apd-revisi-3.pdf

Rosyidi, A. M. (2017). Model dan Strategi Pembelajaran Diklat. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 5(1), 100-111.

Sutopo. 2006. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214-224.

Simanjuntak, Diana & Fitriana, Rina. 2020. Gegar Budaya, Adaptasi, dan Konsep Diri Sumber Daya Manusia Pariwisata dalam Menyongsong Era New Normal. Society: Program Studi Perhotelan, STIE Pariwisata YAPARI Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Uno, Hamzah B. 2012. MODEL PEMBELAJARAN Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2021-08-31